google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

KUR BRI 50 Juta Tahun 2022 Lengkap Persyaratan & Cara Mendaftar

KUR BRI merupakan program kredit produktif dengan syarat mudah dari bank BRI untuk memenuhi kebutuhan permodalan para pengusaha khususnya UMKM. Berbeda dengan Kupedes, Kredit Usaha Rakyat BRI mendapat subsidi bunga dari pemerintah sehingga cicilan satu tahun sangat ringan.

Plafon KUR BRI sangat fleksibel tergantung dari jenis KUR yang ingin Anda ajukan, baik itu KUR Mikro, KUR Ritel, atau KUR Super Mikro tanpa jaminan.

KUR BRI 50 Juta tidak kalah bersaing dengan bank konvensional lain karena Anda juga bisa mengajukan KUR BRI secara online melalui website resminya.

Anda juga bisa menemukan tabel cicilan KUR bank BRI sebagai simulasi cicilan pinjaman terbaru 2022 dengan mudah melalui media online. 

Menurunnya daya beli masyarakat akibat dampak pandemi, ketersediaan modal menjadi salah satu kunci bagi UMKM untuk tetap bertahan dan mengembangkan usahanya. Bagi UKM, kebutuhan akan modal terkadang membawa tekanan dan harus segera dicarikan solusi. 

Untungnya, tahun ini pemerintah menaikkan dana KUR 2022 menjadi Rp.253 triliun sehingga peluang pelaku usaha mikro lebih besar untuk mengajukan pinjaman modal usaha.

Padahal masalah pinjaman modal sangat sensitif, terutama bagi para pebisnis. Namun jika dibiarkan begitu saja, bisnis tersebut bisa menurun bahkan macet di tengah jalan. 

Untuk itulah solusi terbaik mengatasi kekurangan modal kerja sebenarnya mudah, manfaatkan saja program KUR dari bank BRI dengan cicilan ringan sesuai tabel pada brosur.

Bahkan, Anda sering kesulitan menjangkau kantor BRI karena jarak yang terlalu jauh atau karena sibuk. Kini Anda bisa menggunakan teknologi ini untuk mengajukan KUR BRI online kapan saja dan dimana saja.

Syarat KUR BRI 2022

cara mengajukan KUR BRI 50 Juta 2022
credit: Money Kompas

BRI menawarkan beberapa jenis KUR yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari KUR Ritel, KUR Mikro, KUR Super Mikro hingga KUR TKI. Selain itu, setiap jenis KUR BRI memiliki syarat yang berbeda, antara lain.

KUR Super Mikro

Sebenarnya KUR Super Mikro merupakan program tambahan untuk mensukseskan percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional akibat dampak pandemi. Kredit KUR Super Mikro khusus untuk penerima Bantuan Langsung Tunai UKM dari program BPUM. 

Sedangkan limit maksimal KUR BRI Super Mikro adalah Rp.10 juta. Berikut beberapa syarat dan ketentuan KUR Super Mikro 2022 yang perlu Anda perhatikan, antara lain

1. Bisnis yang Anda Jalankan termasuk dalam Kategori Bisnis Mikro

Usia usaha calon penerima KUR BRI Super Mikro tidak dibatasi minimal enam bulan. Sedangkan lama usaha dapat kurang dari enam bulan dengan persyaratan sebagai berikut.

Yaitu mengikuti program pendampingan (formal atau informal), atau Bergabung dalam kelompok usaha, atau Memiliki anggota keluarga yang sudah memiliki usaha.

Sedangkan pegawai yang diberhentikan tidak harus memiliki usaha minimal tiga bulan dengan pelatihan tiga bulan, tetapi bisa kurang dari tiga bulan atau usaha baru dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah.

2. Belum pernah menerima pinjaman KUR sebelumnya

Ketika Anda ingin mengambil KUR Super mikro, Anda harus belum pernah mengambil KUR di waktu sebelumnya.

KUR Mikro BRI

Kredit Usaha Rakyat Mikro BRI ( KUR BRI 50 Juta ) tersedia hingga limit maksimal Rp.50 juta dengan bunga rendah 6 persen per tahun.

Anda bisa mengajukan KUR Mikro sebagai Kredit Modal Kerja dengan tenor maksimal 36 bulan atau tiga tahun, sedangkan untuk Kredit Investasi jangka waktu KUR Mikro bisa mencapai lima tahun.

Persyaratan KUR Mikro BRI

Persyaratan KUR Mikro BRI adalah sebagai berikut:

  1. Individu yang memiliki usaha yang produktif dan layak.
  2. Usaha tersebut sudah berjalan minimal enam bulan.
  3. Tidak sedang memiliki tanggungan kredit lainnya kecuali KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
  4. Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga, dan Surat Keterangan Usaha.

KUR Ritel (Kecil)

Plafon pinjaman KUR Kecil (Ritel) BRI lebih besar karena bisa mencapai Rp.500 juta dengan bunga rendah 6 persen efektif per tahun dicicil sesuai tabel angsuran. Selain itu, Anda dapat mengajukan pinjaman KUR Ritel BRI dengan tenor maksimal empat tahun sebagai modal kerja dan lima tahun sebagai kredit investasi.

Persyaratan KUR Ritel BRI

Tidak jauh berbeda dengan persyaratan KUR Mikro, berikut persyaratan pengajuan KUR Ritel BRI.

  1. Memiliki usaha yang produktif dan layak untuk dibiayai.
  2. Tidak memiliki tanggungan kredit lain kecuali KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
  3. Usaha tersebut sudah berjalan minimal enam bulan.
  4. Tidak hanya itu, pengajuan juga harus menyertakan tanda pengenal berupa KTP, Kartu Keluarga, dan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

KUR TKI

Sedangkan KUR TKI merupakan pembiayaan khusus bagi calon tenaga kerja Indonesia dengan tingkat bunga 6 persen per tahun. Jangka waktu KUR TKI maksimal tiga tahun atau sesuai kontrak karya. Berikut persyaratan pengajuan KUR TKI BRI, antara lain

  1. Calon TKI yang ingin bekerja di luar negeri.
  2. Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga, Paspor, dan Visa.
  3. Selanjutnya calon debitur wajib melengkapi dokumen kerja berupa perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan kerja, dan dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan.

Cara Mengajukan KUR BRI Online 2022

cara-pengajuan-kur-mikro-bank-bri-manfaat-syarat-dan-biaya-kur-mikro-bank-bri
credit: Tribun Lampung

Bagi Anda yang memiliki usaha di platform marketplace, cara pengajuan KUR BRI 50 Juta online 2022 lebih mudah. Apalagi pengajuannya bisa tanpa agunan dengan plafon maksimal Rp.50 juta. Berikut tata cara pengajuan KUR BRI secara online, yaitu

Kunjungi website BRI KUR

  1. Pertama-tama silahkan kunjungi website KUR BRI di www.kur.bri.co.id.
  2. Waktu yang dibutuhkan: 1 jam 21 menit.

Daftar dan Masuk Sebagai Pengguna

  1. Untuk pengguna baru, silakan mendaftar dengan mengklik ‘daftar sekarang’.
  2. Khusus bagi yang sudah mendaftar, Anda bisa langsung login ke sistem KUR dengan memasukkan alamat email dan password.
  3. Jika ingin lebih mudah, silahkan login dengan akun Google Anda.

Isi Formulir Informasi Umum

Setelah berhasil masuk fasilitas KUR dari BRI, lanjutkan proses dengan mengisi formulir umum yang tertera. Isi data dengan teliti dan lengkap, pastikan tidak ada data yang terlewat.

Isi Formulir Bisnis

Setelah mengisi formulir umum, lanjutkan dengan mengisi formulir bisnis. Isi formulir dengan baik dan benar sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

Isi Data E-Niaga

Karena KUR Mikro BRI bekerjasama dengan e-commerce di Indonesia. Pastikan Anda memasukkan data e-commerce yang diperlukan dengan benar. Pilih e-commerce yang menjadi lapak bisnis Anda selama ini, apakah itu Tokopedia atau Shopee.

Unggah Dokumen Persyaratan

Agar KUR BRI disetujui oleh bank, BRI memerlukan dokumen resmi antara lain KTP, SKU dan dokumen lainnya. Harap unggah semua dokumen yang diminta.

Isi Palfon Pinjaman dan Tenor

Sedangkan langkah terakhir adalah mengisi plafon pinjaman dan tenor KUR yang Anda inginkan. Setelah itu, lengkapi aplikasi pinjaman KUR Mikro online Anda.

Dan menunggu keputusan dari bank. Agar tidak salah dalam memilih plafon pinjaman, penting bagi calon debitur KUR untuk memahami tabel KUR BRI.

Itulah cara pengajuan KUR bank BRI online 2022, silahkan ajukan pinjaman dengan jumlah dana sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk melihat simulasi dari tabel KUR BRI 2022 untuk mengetahui berapa yang harus Anda bayarkan per bulannya.

Tabel Angsuran KUR BRI 2022

tabel angsuran KUR BRI 2022
credit: Kicau News

Setelah meilihat satu persatu persyaratan pengajuan KUR BRI di atas. Silahkan ajukan pinjamannya secara online sekarang juga. Pilih jenis dan plafon sesuai dengan kebutuhan modal Anda berdasarkan tabel KUR BRI 2022 berikut

Plafond 18 Bulan 36 Bulan
1.000.000 58.300 30.500
2.000.000 116.600 60.900
3.000.000 174.800 91.400
4.000.000 233.100 121.800
5.000.000 291.200 152.100
6.000.000 349.500 182.600
7.000.000 407.700 213.000
8.000.000 466.000 243.500
9.000.000 524.200 273.800
10.000.000 582.400 304.200

KUR BRI Tanpa Agunan

pengajuan KUR Tanpa Agunan
Credit: Semangat News

Cara mendapatkan KUR BRI tanpa agunan adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman kur.bri.co.id
  2. Pilih “Ajukan Pinjaman” 
  3. Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun. Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih ” Daftar”. 
  4. Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik “Setuju” 
  5. Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online. Di antaranya berisi tentang Profil Anda, Profil Usaha, Unggah Dokumen, dan Data Pengajuan.

Syarat Pengajuan KUR BRI tanpa Agunan

Dirangkum dari laman resmi BRI, berikut syarat pengajuan KUR BRI tanpa agunan

  1. Individu (perorangan)
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  5. Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP,  Kartu Keluarga (KK),  dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Demikian pembahasan lengkap tentang KUR BRI 50 Juta, segera ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment