Dropship Shopee Adalah – Keuntungan & Caranya Step by Step

Dropship Shopee – Shopee adalah salah satu pasar terbaik untuk mendirikan toko online, alasannya karena Shopee merupakan situs belanja yang paling banyak digunakan saat ini. Selain itu, membuat toko pada aplikasi Shopee juga mudah.

Shopee menyediakan program lain yang disebut dropship. Cara dropship Shopee juga mudah dan tidak membutuhkan modal, karena Anda hanya perlu mencari pemasok. Namun Anda wajib memahami semua hal yang berkaitan dengan Dropship Shopee agar toko ramai pembeli.

Dalam hal ini, Anda harus memahami dengan jelas apa itu dropship, bagaimana cara menjadi dropshipper dengan omset maksimal, cara berjualan produk, serta tips dan trik agar semakin sukses dalam menjalankan bisnis dropship tersebut.

Kelebihan Metode Dropship di Shopee

cara dropship di shopee
credit: Mutual Dropshipping

Di bawah ini kelebihan dari metode dropship di Shopee yang perlu Kamu tahu:

1. Minim Modal dan tidak perlu Toko Fisik

Dropship merupakan cara menjual produk yang tidak membutuhkan modal. Sistem ini juga bisa jadi alternatif jualan barang tanpa harus buka toko.

Jadi, cukup dengan mencari pemasok yang menyediakan barang untuk Anda jual. Dengan demikian, Anda akan membantu toko online untuk menemukan pembeli. 

2. Banyak Fitur Menguntungkan

Shopee sendiri membuka peluang bagi siapa saja yang ingin menjadi dropshipper dengan fitur-fitur yang sangat menguntungkan. Anda bisa mendapatkan komisi dari jumlah item yang berhasil terjual. Pasalnya, transaksi belanja di Shopee tidak pernah sepi pengunjung.

3. Mudah Dijangkau

Dropship di Shopee memang bisa menjangkau pelanggan dengan cepat asalkan Anda melakukan strategi pemasaran bisnis yang tepat, belum lagi dengan ada fitur gratis ongkos kirim yang disukai pembeli. 

Dengan adanya beberapa kelebihan diatas, tentu akan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Dropship di Shopee

dropship model yang bisa kamu coba
credit: Affde

Sebelum memulai dropshipping di Shopee, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut terlebih dahulu.

1. Selektif dalam Memilih Produk untuk Dijual

Ini menjadi hal penting dan mendasar sebelum Anda memulai dropship di Shopee. Banyak sekali produk yang dijual di Shopee, dengan demikian Anda  bisa leluasa memilih produk yang sesuai dengan minat atau preferensi Anda.

2. Mencari Supplier Produk

Setelah berhasil menemukan produk, selanjutnya Anda bisa mencari supplier atau pemasok yang bekerjasama dengan sistem dropship. Pastikan produk yang akan dijual berasal dari pemasok yang terpercaya akan kualitas produk dan pelayanan. 

3. Penyiapan Modal

Metode dropship Shopee membutuhkan modal sebanyak produk yang bisa Anda jual ke pembeli. Sistem pembayaran yang ditahan Shopee membuat Anda harus membayar tagihan pembeli.

Sebenarnya modal ini akan dikembalikan oleh pihak Shopee setelah pembeli mengkonfirmasi bahwa barang yang dibelinya telah diterima.

4. Bekerja Sama dengan Satu Toko Online

Sebaiknya Anda menjual produk dari satu toko online agar pembeli nantinya tidak perlu menanggung biaya pengiriman yang berlipat ganda jika membeli beberapa produk yang Anda tawarkan.

Hal ini juga akan memudahkan Anda untuk mengatur pesanan ke toko online yang bersangkutan.

Cara Dropship di Shopee

cara dropship shopee
credit; Alfan potret

Cara memulai bisnis ini terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Memiliki Akun Shopee

Pastikan Anda telah mengunduh dan mendaftarkan email atau nomor ponsel untuk akun Shopee Anda. Prosesnya cukup cepat dan mudah.

2. Temukan Pembeli

Anda bisa menemukan pembeli dengan menawarkan berbagai macam produk yang dijual oleh pemasok atau produsen. 

Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari membagikannya di semua media sosial hingga menawarkan secara langsung kepada calon pembeli.

3. Pesan Produk

Anda bisa memesan produk sesuai yang diinginkan pembeli kepada pemasok. Tapi sebelumnya, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah stoknya masih ada.

4. Checkout 

Setelah itu Anda dapat checkout dengan mencentang produk sesuai dengan jenis pesanan untuk pembeli.

5. Isi Alamat Pembeli

Akun Shopee pribadi biasanya berisi alamat Anda sendiri. Dalam sistem dropship ini, Anda perlu memasukkan alamat pembeli secara manual setelah proses checkout dengan menambahkan alamat baru.

6. Centang “kirim sebagai Dropshipper”

Setelah itu Anda perlu mencentang bagian “send as dropshipper” yang biasanya muncul di bawah isian alamat baru.

Cara Jualan dengan Sistem Dropship di Shopee

cara jadi reseller di shopee
credit: Gawaiso

Penjelasan sebelumnya merupakan cara dropship di Shopee menggunakan akun pembeli. Ternyata Shopee juga bisa jadi dropshipper dengan menjadi seller. Namun, produk yang Anda jual masih berasal dari toko lain.

Catatan yang perlu diingat adalah harus memastikan bahwa Anda telah berkomunikasi terlebih dahulu kepada toko atau pemasok jika ingin menjadi dropshipper, ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Sehingga Anda akan aman ketika memajang foto produk yang akan dijual, karena isu plagiarisme foto produk sangat sensitif.

Berikut ini adalah metode dropship Shopee dengan menjadi penjual.

1. Buat akun Shopee

Membuat akun Shopee sudah menjadi langkah wajib yang harus Anda ikuti. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda tidak perlu membuat akun baru.

2. Aktifkan pengiriman gratis

Pembeli senang dengan fitur pengiriman gratis yang disediakan oleh Shopee. Anda dapat mengaktifkannya di booth penjualan Shopee Anda. Selama program ini masih ada, jangan sampai melewatkannya.

3. Masukkan rekening bank

Anda perlu memasukkan data rekening bank aktif untuk keperluan pencairan uang dropship. Ada banyak pilihan Bank yang bisa disesuaikan dengan rekening Bank yang Anda miliki.

4. Isi Alamat Penyedia Barang atau Supplier

Untuk akun penjual, Anda akan diminta memasukkan alamat penjual. Namun untuk produk berasal dari pemasok lain, Anda perlu memasukkan alamat pemasok untuk proses pengiriman. Hal ini juga akan mempengaruhi biaya pengiriman yang berlaku kepada pembeli.

5. Unggah foto produk

Unggah atau upload foto produk yang sudah disediakan oleh pemasok atau supplier. Dengan cara ini, calon pembeli Anda mengetahui detail produk yang dijual.

Tips dan Trik Cara Dropship di Shopee

cara dropship dari supplier di shopee
credit: Infoperbankan com

Dropshipping di Shopee akan mudah Anda lakukan jika mengikuti tips dan trik di bawah ini.

1. Riset Pasar

Coba perhatikan produk apa yang banyak diminati oleh masyarakat. Kemudian Anda bisa mencari pemasok yang menyediakan produk tersebut.

Bisa juga dengan memilih produk yang Anda sukai karena bisa lebih mengenal produk tersebut. Dengan menjual produk yang sedang menjadi trend di pasar, sangat membantu untuk menaikkan jumlah orderan atau pembeli.

2. Pilih pemasok yang Terpercaya

Sebelum memutuskan untuk memilih pemasok, teliti dulu rekam jejaknya. Apakah bisa dipercaya atau tidak. Jangan sampai ada produk yang tidak sesuai dengan deskripsi dan permintaan pembeli. Atau yang lebih parahnya lagi, pemasok tidak mengirimkan barang kepada pembeli. 

3. Manfaatkan fitur promosi

Di Shopee ada banyak sekali promo yang ditawarkan. Anda bisa mengklaim semua promo yang ada untuk memikat lebih banyak pembeli.

Mengenal lebih jauh tentang Dropship

keuntungan dropship shopee
credit: seputarandroids

Dropship adalah langkah para penjual toko online untuk berjualan produk tanpa perlu menyimpan stok di toko. Penjual membeli barang melalui pemasok pihak ketiga, seperti grosir dan produsen. 

Selama persediaan barang ada, maka akan langsung dikirim ke pelanggan oleh pihak ketiga kepada pembeli. Penjual yang menggunakan sistem dropship ini tidak harus langsung menangani pembelian dan pengemasan produk. 

Ada perbedaan antara dropship dan penjual biasa, yaitu dropshipper tidak memiliki persediaan barang dan hanya mencari barang dari pihak ketiga sesuai dengan permintaan atau pesanan konsumen. Sedangkan penjual biasa perlu menyetok barang sebelum menjualnya.

Melalui aplikasi Shopee, fitur Dropship memberikan kemudahan untuk menjual kembali produk atas namanya. Selain itu, label pengirim dan detail pesanan menampilkan informasi Dropshipper tanpa logo Shopee.

Cara Jual Produk Shopee Tanpa Stok Barang

  1. Kunjungi toko online Shopee sesuai keinginan.
  2. Pilih barang yang dipesan, lalu klik Pesanan Saya.
  3. Pada bagian pesanan, tertulis Send As Dropshipper dan pesanan normal. Ini berguna bagi penjual yang melihat detail pesanan sebagai dropshippers atau pembeli biasa.
  4. Untuk dropshippers, silahkan klik Send As Dropshipper, lalu isi nama pengirim dan nomor telepon sebelum memilih.
  5. Checkout pada bagian bawah.

Dropshipping menjadi solusi mudah bagi Anda yang ingin memulai bisnis jual beli barang tanpa modal untuk stok barang. Sistem penjualannya sangat cocok bagi pebisnis pemula dalam penjualan online. Sistem jual beli ini sebagai langkah awal bagi Anda yang ingin memulai bisnis. 

Meski demikian, Anda tetap harus mempelajari dan memahami strategi pemasaran dalam sistem dropshipp. Strategi pemasaran akan membantu bisnis Anda lebih cepat dalam menguasai pasar, Anda akan memahami kebutuhan pasar yang sedang trend, dan cara menjalin kerjasama baik dengan penjualan maupun pembeli.

Keuntungan Dropshipping atau Jualan Tanpa Stok Barang

dropship dengan menggunakan shopee
credit: Paper ID

Berikut Keuntungan Jualan Tanpa Stok barang:

1. Mudah untuk mulai menjual

Dengan menggunakan sistem dropshipp, Anda akan lebih mudah untuk berbisnis online tanpa harus mengkhawatirkan modal untuk menyediakan stok barang.

Sebagai penjual cukup mengamati stok barang dari pihak ketiga, yaitu toko supplier barang dagangan. Cek stok barang terkait jumlah pesanan dan pengiriman produk dari e-commerce. Penjual tidak perlu khawatir tentang:

  1. Pemesanan produk dan pengelolaan stok persediaan barang.
  2. Penanganan retur jika terjadi kerusakan barang.
  3. Proses packing dan pengiriman pesanan ke pembeli.

2. Modal relatif kecil

Salah satu keuntungan berjualan tanpa stok barang adalah penyediaan modal yang relatif sedikit, jika dibandingkan dengan menjual barang dengan menyediakan stok sendiri.

Kecuali, sebagai dropshipper Anda melakukan kesalahan, seperti pembeli telah membayar barang tetapi tidak cocok. Dalam hal ini, anda harus mengganti kerugian.

3. Alat atau sarana berjualan relatif sederhana

Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak perlu khawatir untuk mengelola ketersediaan stok barang, mengelola gudang, dan inventaris.

Sebagai penjual dengan sistem ini, Anda dapat melakukan penjualan di rumah, membutuhkan sedikit modal dan hanya menggunakan laptop atau ponsel saja.

4. Waktu kerja lebih fleksibel

tips dropship di shopee
credit: Sarjana Ekonomi

Penjual hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk berkomunikasi dengan pembeli dan pemasok barang melalui aplikasi Shopee. Sebagai penjual Anda hanya memerlukan kemampuan untuk melakukan perencanaan penjualan agar waktunya lebih fleksibel.

5. Dapat mengatur sendiri produk yang akan dijual

Penjual dapat dengan bebas memilih produk mana yang akan dijual dan ditawarkan kepada pembeli. Misalnya, saat ini sedang tren outfit baju berbahan broklat, maka Anda dapat memilih model baju broklat dari berbagai toko penjual dan bisa menjadi produk dropshipping Shopee.

6. Mudah untuk di uji

Sebagai pemilik bisnis dan toko ritel, Anda akan terbantu dalam meluncurkan produk baru dengan adanya sistem dropship ini. Pemilik toko bisnis dapat memperoleh informasi selera pembeli sesuai dengan kategori produk tambahan.

Pembuatan produk terbaru, dan produk yang sedang tren melalui sistem dropshipp. Manfaat dari sistem ini adalah potensi untuk menjual produk yang memiliki persediaan barang yang banyak.

7. Pengerjaan lebih mudah

Dalam bisnis ritel tradisional, ketika Anda menerima pesanan dalam jumlah besar maka perlu untuk melakukan lebih banyak pekerjaan.

Seperti pemesanan untuk stok barang, packing barang, dan cek pengiriman barang. Sistem dropshipping membantu proses pemesanan tambahan yang menjadi tanggungan supplier.

Baca Juga: Wilayah Jangkauan Shopee Express

Cara dropship di Shopee yang harus Anda lakukan adalah mencari pembeli yang tertarik untuk membeli produk tersebut, Kemudian lakukan pemesanan di toko Shopee yang bekerja sama dengan Anda.

Isi alamat sesuai dengan alamat pembeli, dan centang bagian send as dropshipper. Cukup mudah bukan? Apakan Anda tertarik? Jika iya, mulailah dari sekarang juga.

Leave a Comment