Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan – Penyebab & Cara Menanganinya

Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan – Kartu Debit atau yang biasa dikenal sebagai kartu ATM merupakan sebuah kartu elektronik terbitan Bank yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Dengan kata lain, kartu ini berfungsi sebagai alat ganti pembayaran tunai. 

Salah satu Bank yang menerbitkan kartu ATM untuk memudahkan nasabahnya yaitu BRI. Meski mudah untuk digunakan, kartu ATM tentu tidak lepas dari berbagai masalah, misalnya saja tidak bisa digunakan untuk tarik tunai, cek saldo, atau transfer.

Penyebab Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan

Penyebab-Kartu-ATM-BRI-Disable-dan-Cara-Mengatasinya
credit: ViralOrchard

Ada banyak faktor yang menyebabkan kartu ATM BRI tidak bisa digunakan, diantaranya:

1. Mesin ATM Rusak

Penyebab paling umum adalah karena mesin ATM rusak. Jika mesin ATM rusak, maka tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi. Solusinya cari lokasi ATM BRI lain. Sebaiknya cari lokasi ATM yang ramai untuk mencegah ATM skimming.

Saat bertransaksi di mesin ATM, Anda juga harus berhati-hati. Jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan PIN Anda dan jangan pernah menerima bantuan dari orang lain.

Jika ada masalah dengan kartu ATM yang Anda gunakan. Sebaiknya langsung hubungi Call Center BRI yaitu  14017/1500017.

2. Kartu ATM BRI Disable

Penyebab selanjutnya adalah Disablenya kartu ATM. Jika Anda mengalami masalah ini, layar ATM akan menampilkan notifikasi bahwa kartu ATM telah dinonaktifkan.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu pihak Bank mengetahui ada transaksi yang mencurigakan dari kartu, atau terdeteksi adanya transaksi skimming.

3. Kartu ATM BRI Rusak

Untuk mengatasi kartu ATM BRI yang rusak atau cacat cukup mudah. Anda dapat mengaktifkan kartu ATM melalui Mobile Banking, Internet Banking, atau datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Kartu ATM tersebut harus diaktifkan ulang dahulu agar dapat digunakan kembali untuk bertransaksi.

4. Kartu ATM Telah Kedaluwarsa

Kartu-ATM-BRI-kedaluwarsa
credit: banksentral

Kartu ATM tidak dapat digunakan selamanya, karena ada tanggal kadaluarsa yang bisa Anda lihat di bagian depan kartu ATM. Jika sudah habis masa berlakunya maka kartu ATM harus diganti di kantor cabang terdekat.

Penggantian kartu ATM akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis kartu ATM yang dimiliki nasabah. Biayanya tidak mahal dan bisa dilakukan di seluruh kantor cabang BRI terdekat.

5. Saldo Rekening Di Bawah Saldo Minimum

Semua rekening tabungan BRI memiliki batas saldo minimal. Jika sudah mencapai saldo minimum maka ATM BRI tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

Setiap akun juga memiliki batas saldo minimum yang berbeda. Agar dapat kembali bertransaksi, Anda harus menyetor uang tunai atau mentransfer uang ke rekening Anda.

5. Salah Memasukkan PIN ATM

Kesalahan memasukkan PIN ATM tiga kali berturut-turut akan memblokir kartu ATM BRI Anda. Jika sudah diblokir otomatis tidak bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM.

Untuk mengatasinya, Anda harus membuka blokirnya dengan datang ke kantor cabang terdekat. Jangan lupa membawa KTP, buku rekening, dan kartu ATM yang diblokir. Pembukaan blokir tidak dikenai biaya.

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable

cara mengatasi kartu atm BRI disable
credit: dicoffeean

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kartu ATM yang disable:

Cara mengatasi kartu ATM BRI Disable lewat mesin ATM:

  1. Masukkan Kartu ATM BRI ke Mesin.
  2. Isi PIN Kartu ATM BRI dengan benar.
  3. Muncul notifikasi Kartu ATM Disable atau non aktif.
  4. Klik opsi ‘Ya’.
  5. Masukkan Tanggal Lahir dengan format DDMMYYYY.
  6. Isi PIN Kartu ATM BRI lama.
  7. Masukkan PIN Kartu ATM BRI baru.
  8. Masukkan PIN Kartu ATM BRI baru kembali.
  9. Status kartu ATM BRI kembali enable.

Cara mengatasi kartu ATM BRI Disable lewat BRImo:

  1. Buka aplikasi BRImo.
  2. Isi PIN BRImo dengan benar.
  3. Pilih menu Rekening.
  4. Pilih menu Opsi.
  5. Pilih Non Aktifkan Kartu.
  6. Geser Switch untuk Enable kartu ATM BRI.
  7. Klik OK untuk aktivasi kartu ATM BRI.

Cara mengatasi kartu ATM BRI disable lewat internet banking

  1. Buka https://ib.bri.co.id pada browser.
  2. Login Internet Banking BRI.
  3. Isi USER ID dan Password dengan benar.
  4. Buka menu Layanan.
  5. Klik menu Layanan Lain.
  6. Pilih Disable/ Enable Kartu.
  7. Status kartu ATM BRI kembali enable.

Kartu ATM Magnetic Stripe sudah tidak berlaku

kartu atm magnetic stripe sudah tidak berlaku
credit: Sragen update

Biasanya kartu ATM dari pihak Bank menggunakan magnetic stripe. Sayangnya, kartu ATM bermagnet atau magnetic stripe ini sudah tidak bisa digunakan lagi. Meski begitu, Anda bisa menukarkan kartu ATM Anda dengan kartu baru sebelum diblokir dengan datang langsung ke kantor Bank. 

Salah satu Bank yang mewajibkan nasabahnya untuk mengganti jenis kartu ATM magnetis adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Nasabah BRI wajib mengganti kartu magnetic stripe karena telah melewati jadwal penonaktifan secara bertahap.

Untuk Mengetahui ATM BRI Terdekat Anda bisa Langsung Cek Tempatnya di sini: ATM BRI

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia tentang Penerapan Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Enam Digit Online Personal Identification Number Untuk Kartu ATM atau Kartu Debit.

Disana menjelaskan bahwa nasabah Bank diberi kesempatan selama 4 tahun untuk mengganti kartu debit magnetic stripe dengan kartu debit chip. Bukan tanpa alasan, kartu debit chip dinilai lebih aman dari kejahatan dunia maya.

Penggunaan teknologi magnetic stripe masih diperbolehkan untuk Kartu ATM/Debit yang diterbitkan berdasarkan rekening tabungan yang memiliki saldo maksimal Rp.5.000.000,00 berdasarkan kesepakatan antara penerbit dan nasabah.

Nasabah dapat mengganti kartu magnetic tape di Kantor BRI dengan tidak ada biaya untuk penggantian atau gratis. Adapun caranya, nasabah hanya perlu membawa KTP, kartu nasabah lama dan membawa buku tabungan.

Waspada Skimming ATM

cara menghindari skimming atm
credit: Bisnis Tempo

Wajar jika pengguna kartu ATM panik saat kartunya tidak bisa digunakan, karena ketakutan utama menggunakan kartu ATM adalah menjadi korban skimming ATM. Saat ini sudah banyak yang menjadi korban dan mengakibatkan saldo rekening hilang.

Untuk menghindari ATM skimming, Anda harus berhati-hati saat bertransaksi di mesin ATM. Pastikan untuk memilih mesin ATM yang berada di tengah keramaian. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kondisi sekitar mesin, apakah dirasa ada yang mencurigakan atau tidak.

Cara kerja ATM skimming adalah dengan menggunakan alat yang disebut skimmer untuk menggandakan kartu ATM dan menggunakan kamera tersembunyi untuk melihat PIN ATM yang dimasukkan oleh nasabah.

Baca Juga: Cara Mendapatkan KUR BRI 50 Juta

Bank BRI tidak bertanggung jawab jika ada nasabah yang menjadi korban skimming. Nasabah hanya dapat menyerahkan saldo rekening yang hilang. Untungnya, Bank BRI saat ini memiliki sistem canggih yang dapat mendeteksi jika terjadi transaksi mencurigakan.

Jika sistem mendeteksi adanya transaksi yang mencurigakan, maka otomatis kartu ATM BRI akan dinonaktifkan atau tidak dapat digunakan. 

Bagi anda pengguna layanan kartu ATM BRI yang mengalami kendala kartu tidak bisa digunakan, tentu sekarang tidak perlu panik ataupun khawatir.

Kini Anda telah mengetahui beberapa penyebab serta solusi mengatasi Kartu ATM BRI yang tidak bisa digunakan melalui mesin ATM, BRImo, dan internet banking. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment