google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah ( Vivo, Samsung, Xiaomi, Oppo )

Cara Mengatasi HP Lemot – Mempunyai smartphone yang lemot memang sangat menyebalkan, biasanya ponsel menjadi lemot saat ponsel sering digunakan untuk main game.

Selain itu, ponsel yang menginstall banyak aplikasi juga membuat kapasitas ruang penyimpanan menjadi penuh sehingga performanya menjadi lambat. Ketahui cara mengatasi HP lemot dengan mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya.

Setiap ponsel yang kinerjanya melambat memang dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang berbeda. Oleh karena itu, saat HP lemot jangan buru-buru ke tukang service atau membeli ponsel baru. Silahkan, Anda mengetahui beberapa penyebabnya kemudian lakukan beberapa solusi yang tepat untuk dilakukan.

Apabila Anda dapat mengatasi permasalahan ponsel yang lemot sendiri maka tak perlu mengeluarkan budget.

Penyebab HP Lemot

cara mengatasi HP Lemot
credit: Tech Pantomath

Terdapat beberapa penyebab yang mempengaruhi kinerja ponsel menjadi lemot, hal tersebut dapat dikarenakan adanya faktor eksternal dan internal. Yuk ketahui ulasan lengkapnya dalam penjelasan di bawah ini.

1. Sistem Operasi yang Terpasang Tidak Sesuai

Pertama, penyebab HP menjadi lemot yaitu saat sistem operasi yang di upgrade tidak sesuai dengan performanya. Dengan demikian maka kinerjanya menjadi tidak sesuai dengan kapasitas ponsel.

Hal tersebut tentu saja sangat berpengaruh dengan performa ponsel karena akan lelet dan lemot saat digunakan.

2. Memori Internal Penuh

Berikutnya, faktor atau penyebab ponsel menjadi lemot yaitu memori internalnya penuh sehingga HP yang Anda gunakan akan bekerja menjadi lebih lambat. Hal tersebut dikarenakan beban di dalam ponsel yang terlalu berat sehingga performa ponselnya menjadi menurun.

Oleh karena itu, Anda dapat mengatasi HP lemot dengan menggunakan memori eksternal dari luar ponsel. Dengan menggunakannya maka ponsel akan terbantu melakukan penyimpanan dan back up data di luar ponsel ke media lainnya.

Hal tersebut akan membantu ponsel memiliki kinerja yang lebih ringan sehingga tidak akan membuat beban ponsel menjadi terlalu berat.

3. Aplikasi yang Terpasang Tidak Sesuai Kapasitas Penyimpanan

Saat Anda mendownload aplikasi maka jangan memilih yang ukurannya terlalu berat karena dapat berpengaruh pada kecepatan kinerja ponselnya. Nah, sebaiknya Anda tidak menginstall aplikasi yang tidak perlu agar tidak menambahkan beban kinerjanya.

Nah, semakin sedikit aplikasi yang digunakan maka semakin ringan ponsel Anda untuk menjalankan beberapa perintah secara bersamaan.

Apabila terlalu banyak aplikasi yang digunakan atau diaktifkan maka akan memakan ruang penyimpanan internal sehingga akan membuat ponsel menjadi lemot karena kinerjanya memang menurun. Dengan demikian maka Anda memang harus memilih aplikasi yang penting untuk diinstal.

4. Performa Baterai Menurun

Saat baterai Anda sudah menurun kualitasnya maka hal tersebut juga berpotensi membuat ponsel menjadi lemot. Ketahuilah bahwa secara umum, ponsel akan mengalami penurunan performanya setelah 2-3 tahun pemakaian.

Saat performa baterainya menurun maka akan membuat ponsel cepat panas, proses charging yang lama, dan membuat hp menjadi lemot.

Ketika Anda mengetahui kondisi ponsel sudah panas karena terlalu lama digunakan maka hal yang harus dilakukan yaitu mengistirahatkan ponsel. Kemudian, Anda juga disarankan untuk mencharging ponsel saat baterainya sudah  25%.

5. Degradasi RAM & Memori Flash Storage

Jika penggunaan ponselnya sudah lama maka degradasi RAM dan  memori flash storage juga akan mengalami penurunan. Dengan begitu maka Anda tidak disarankan untuk menginstall atau menjalankan aplikasi yang berukuran berat.

Hal tersebut dikarenakan degradasi RAM memang sangat berkaitan dengan performa kecepatan ponsel.

Apabila Anda menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan maka akan memberatkan RAM sehingga HP anda akan lemot.

Cara Mengatasi HP Lemot Samsung

cara agar HP Samsung tidak lemot
credit: Business Insider

Apabila Anda sudah tahu penyebab ponsel menjadi lemot maka Anda dapat mengatasinya dengan mudah melalui cara berikut ini.

1. Factory Reset

Pertama terdapat cara untuk mengatasi hp lemot yaitu melakukan factory reset yang sudah dipastikan berhasil. Bagaimana cara melakukan factory reset? Anda dapat mengembalikan ke pengaturan default pabrik sehingga performa dan kinerja ponsel akan seperti baru lagi.

Untuk melakukannya maka Anda cukup buka menu pengaturan lalu pilih opsi factory reset kemudian pilih cadangkan, klik reset. Setelah itu, ponsel akan memulai ulang ponsel sehingga akan lebih ringan kinerjanya. Dengan demikian maka ponsel Anda tidak akan lemot.

2. Memperhatikan Kapasitas Memori

Selanjutnya, Anda dapat mengatasi HP lemot dengan selalu memperhatikan kapasitas memorinya. Pastikan, kapasitas memorinya berbanding lurus dengan RAM sehingga ponsel Anda tidak akan ngelag.

Jika Anda sudah mengetahui kapasitas RAM hampir penuh maka sebaiknya jangan menginstall aplikasi dengan ukuran yang besar karena akan sangat berpengaruh membuat HP menjadi lemot.

Apabila kapasitas ruang penyimpanannya sudah penuh maka sebaiknya kosongkan segera kemudian pindahkan datanya ke ruang yang lebih luas. Dengan demikian maka akan menghindari kemungkinan ponselmu akan lelet dan lemot.

3. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus

Untuk mengatasi permasalahan hp lelet dan lemot maka harus menggunakan satu aplikasi antivirus yang akan membantu mengingatkan banyaknya cache, sampah, aplikasi atau file yang sebaiknya dibuang agar tidak memenuhi kapasitas ruang di ponsel Anda.

Selain itu, saat Anda menggunakan aplikasi antivirus maka dapat menangkal berbagai malware yang dapat masuk ke perangkat Anda.

Tetapi, Anda tidak disarankan menggunakan aplikasi antivirus apabila ruang penyimpanan dan kapasitas ponsel Anda sudah penuh.

4. Selalu Update Software

Software di dalam aplikasi memang selalu mengalami pembaharuan sehingga Anda harus rajin mengupdatenya agar dapat menggunakan fitur terbarunya dari aplikasi tersebut. Anda dapat mengecek aplikasi yang harus di update melalui menu Setting.

Caranya yaitu buka menu setting kemudian klik About pilih  System Update, lanjutkan dengan memilih Check for Update maka akan muncul mana saja aplikasi yang mengalami pembaharuan.

5. Menghapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Selanjutnya, untuk mengatasi hp lemot yaitu menghapus aplikasi yang jarang dipakai. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa semakin banyak aplikasi yang digunakan maka akan semakin berat juga kinerja ponselmu sehingga membuatnya menjadi lelet.

Kenapa HP Lemot Padahal Memori Masih Banyak ?

cara menangani HP lemot
credit: Techthirsty

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab ponsel lemot maka permasalahannya tidak hanya disebabkan karena memori yang penuh. Tetapi, terdapat banyak faktor lainnya seperti aplikasi dan software yang digunakan tidak kompatibel dengan ponsel, penggunaan animasi, widget, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Cara Mengatasi HP Lemot Vivo

cara memperbaiki hp vivo lemot
credit: The Economic Times

Ini dia beberapa cara mengatasi HP lemot Vivo yang mudah untuk Anda lakukan, bahkan hanya dalam beberapa detik saja.

1. Melakukan Clear Cache Secara Rutin

Membersihkan cache di ponsel Anda juga dapat menjadi salah satu cara agar ponsel tidak lelet. Menghapus cache disarankan untuk dilakukan setiap satu jam sekali agar dapat meringankan daya ponsel yang lemot karena banyaknya sampah yang ditampung di dalam ponsel.

Untuk menghapus cache maka Anda dapat masuk ke menu setting kemudian klik apps lalu pilih all, silahkan Anda cara aplikasi yang cachenya akan dibersihkan lalu klik clear cache. Atau Anda juga dapat membuka menu setting kemudian klik storage lalu pilih cached data lalu klik OK.

2. Menggunakan Fitur Perawatan Perangkat

Jika ponsel Anda sudah terasa terlalu lemot maka disarankan untuk menggunakan fitur perawatan perangkat. Tetapi, memang tidak semua merk ponsel memiliki merek tersebut sehingga Anda harus memastikan ponsel Anda memiliki fiturnya atau tidak dengan cara mengeceknya melalui menu pengaturan.

Buka menu pengaturan lalu carilah opsi perawatan perangkat, lanjutkan dengan mengklik pilihan opsi optimalkan sekarang kemudian secara otomatis fitur tersebut akan menutup aplikasi yang sedang aktif atau sedang berjalan di ponsel Anda.

Nah, pada fitur perawatan perangkat tersebut juga terdapat menu memori. Anda dapat mengklik menu tersebut lalu klik “Hapus Sekarang”. Setelah itu, ponsel Anda sudah dapat dipastikan menjadi lebih optimal, tidak lelet dan lemot.

3. Manfaatkan Fitur Auto Kill

Anda juga dapat mengatasi permasalahan hp lemot dengan memanfaatkan fitur auto kill untuk memangkas aplikasi yang tidak dipakai dalam jangka lama. Terutama, saat aplikasi recent dalam ponsel sudah menumpuk.

Saat menggunakan fitur auto kill tersebut maka akan membantu stop aplikasi yang ada di layar belakang ponsel agar tidak menjadi lemot dan lelet.

4. Kurangi Widget agar HP Tidak Lemot

Saat Anda mengaktifkan widget di ponsel memang akan membuat tampilan menunya menjadi lebih menarik dilihat. Tetapi, saat widget yang ditampilkan terlalu banyak maka akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat sehingga akan berpotensi membuat ponselmu menjadi lelet.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda tidak menggunakan terlalu banyak widget agar hp tidak menjadi lemot dan lelet.

5. Kurangi atau Matikan Animasi di Android

Selain penggunaan widget yang membuat ponsel menjadi lelet, ternyata mengaktifkan animasi di ponsel android juga akan mempengaruhi kinerja hp menjadi lambat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mematikan sistem animasi di ponsel Anda.

Animasi bergerak pada fitur tema, stiker whatsapp, atau video lainnya memang cukup memakan ruang telepon sehingga performanya mengganggu kinerja ponsel. Bahkan, saat Anda mengaktifkan fitur animasi tersebut juga akan membuat baterai cepat habis.

Cara Mengatasi HP Lemot Xiaomi

cara mengatasi HP Xiaomi lemot
credit: Pinterest

Berikut ini ulasan lengkap mengenai cara mengatasi HP lemot Xiaomi yang dipengaruhi oleh beberapa penyebab internal.

1. Menghentikan Aplikasi Saat Tidak Digunakan

Setelah Anda menggunakan aplikasi media sosial, aplikasi game, atau aplikasi lainnya sebaiknya langsung tutup aplikasinya. Pastikan aplikasi tersebut memang sudah benar-benar tidak berjalan atau tidak aktif di layar ponsel Anda.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh dengan performa ponsel yang akan berjalan lebih cepat, selain itu juga akan menghindarkan ponsel menjadi tidak ngehang dan ngelag.

2. Menghentikan Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan

Setiap ponsel android biasanya mempunyai aplikasi bawaan sendiri yang tidak dapat dihapus atau uninstall. Nah, tentu saja beberapa aplikasi tersebut memberatkan ponsel sehingga kinerja dan performanya menjadi menurun.

Agar aplikasi bawaan yang tidak digunakan tersebut tidak membebani kinerja ponsel maka sebaiknya menonaktifkan atau menghentikan aplikasinya dengan membuka menu setting buka aplikasi lalu klik nonaktifkan.

Dengan demikian maka aplikasi bawaan tersebut sudah tidak berjalan sehingga ponsel Anda akan lebih ringan, bahkan kinerjanya juga akan meningkat, tidak mudah ngehang dan ngelag.

3. Rutin Membersihkan Partition

Partition merupakan sampah yang berasal dari data cache, apabila partition berjumlah banyak maka akan sangat berpengaruh dengan kinerja ponsel yang melambat sehingga hp mudah ngehang.

Ketahui bahwa partition berasal dari proses aplikasi yang sedang dijalankan oleh sistem  yang menyimpan segala proses atau perintah dari kinerja ponsel. Apabila cache partition menumpuk di ponsel Anda maka akan mudah lemot. Jadi, sampah portition ini berasal dari cache yang menumpuk di latar belakang ponsel.

Dengan adanya cache tersebut maka akan membuat hp menjadi cepat panas. Anda dapat membersihkannya dengan cara membuka menu recovery mode lalu klik opsi wipe cache partition.

4. Matikan Auto-Sync

Untuk mengatasi HP lemot maka sebaiknya Anda mematikan auto sync yang sedang berjalan. Sebenarnya fungsi dari fitur auto-sync ini digunakan untuk menghubungkan semua akun yang terpasang, tetapi dengan menjalankannya akan membuat ponsel menjadi lambat.

Ternyata saat Anda mematikan auto-sync maka menjadi salah satu langkah cepat untuk menstabilkan kinerja ponsel menjadi lebih cepat. Jangan khawatir, fitur auto-sync juga dapat Anda aktifkan lagi saat dibutuhkan.

Caranya yaitu Anda masuk ke aplikasi setting lalu pilih My Apps, kemudian klik turn off auto-sync. Dengan demikian maka Anda akan menerima update dari setiap pemberitahuan aplikasi yang diinginkan.

5. Gunakan Aplikasi Launcher

Ternyata saat Anda menggunakan aplikasi launcher di ponsel android Anda maka akan meringankan kinerja dan performa ponsel karena launcher yang berasal dari luar tidak memakan banyak memori saat diaktifkan.

Saat Anda mengaktifkan launcher bawaan maka akan menonaktifkan launcher bawaan secara otomatis. Tetapi, sebaiknya Anda tidak memilih launcher dengan banyak animasi karena hal tersebut tetap akan memberatkan kinerja dan performa ponsel.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa animasi memang sangat memberatkan ponsel, bahkan dapat meninggalkan cache yang banyak.

Cara Mengatasi Hp Lemot Oppo

cara mengatasi HP Oppo Lemot
credit: kompas tekno

Anda dapat mengatasi HP Oppo lemot dengan beberapa cara yang mudah, tanpa harus ke tukang service ponsel, berikut ini penjelasannya.

1. Gunakan Aplikasi Pembersih Sampah

Anda juga disarankan untuk menggunakan aplikasi pembersih sampah yang kompatibel di ponsel Android, seperti Clean Master, Ccleaner, dan masih banyak aplikasi lainnya yang dapat Anda download gratis di Play Store.

Ketahuilah, saat Anda menggunakan aplikasi pembersih cache atau sampah tersebut maka akan selalu mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan untuk membersihkan sampah yang Anda di ponsel.

Hal tersebut tentu saja akan sangat membantu untuk meringankan ponsel sehingga kinerjanya juga akan lebih cepat tanpa adanya cache yang menumpuk setiap jam atau setiap harinya. Biasanya, terdapat pula aplikasi pembersih bawaan dari ponsel android.

2. Gunakan Custom ROM

Agar ponsel tidak lemot maka disarankan untuk melakukan rooting di ponsel dengan menggunakan custom ROM sehingga dapat menghilangkan bloatware bawaan HP. Sebelum melakukannya maka Anda dapat mereset terlebih dahulu untuk menentukan ROM dengan spesifikasi seperti apa yang dapat digunakan untuk tipe ponsel Anda.

Apabila ROM yang digunakan tidak sesuai maka ditakutkan hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Cara Mengatasi HP Realme Lemot

cara mengatasi HP Realme Lemot
credit: Media Pakuan

Nah, Anda juga dapat mengatasi HP Realme yang lemot dalam hitungan menit dengan beberapa cara mudah di bawah ini.

1. Menggunakan MicroSD Class 10

Ketahuilah bahwa menggunakan microSD Class 10 juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi hp lemot. Caranya Anda dapat memasangkan microSD Class 10 tersebut ke slot memori eksternal di ponsel android Anda.

MicroSD Class 10 mempunyai kecepatan baca rata-rata mencapai 80 mbps sampai 100mbps sehingga kualitasnya bagus.

Setelah memasang memori internal tersebut, silahkan Anda pindahkan data berupa file, audio, video, maupun foto ke memori eksternal agar tidak memenuhi ruang penyimpanan di ponsel android sehingga akan membuat performa smartphone menjadi lebih cepat, tidak lelet.

2. Menggunakan RAM Booster (Memory Cleaner)

Anda juga disarankan untuk menggunakan RAM Booster yang berguna untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan secara otomatis sehingga akan membuat kinerja RAM menjadi lebih optimal, tetapi tidak membuat HP menjadi lelet.

Saat menggunakan aplikasi tersebut, Anda cukup klik satu tap untuk membersihkan RAM sehingga kinerja ponsel yang lelet dapat teratasi dengan cepat.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi hp lemot untuk semua tipe HP dengan mudah dan cepat. Selamat Mencoba.

Leave a Comment