Apa Itu Gap Year ? Berikut Penjelasannya + Kekurangan & Kelebihannya

Masa pendidikan merupakan masa yang paling penting untuk mempersiapkan generasi muda yang cerdas dan kompeten. Setelah jenjang SMA selesai, biasanya pendidikan dilanjutkan ke jenjang yang berikutnya yaitu kuliah.

Namun, ternyata masih banyak yang menunda untuk kuliah karena  berbagai alasan. Biasanya mereka kemudian terjun ke dunia kerja terlebih dahulu. Istilah menunda kuliah ini sering kali disebut dengan gap year. Lalu apa itu gap year? Simak ulasannya berikut ini.

Fenomena Gap Year

apa itu gap year
credit: Edura ID

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa gap year adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan siswa yang mengambil waktu kosong sebelum masuk ke jenjang yang lebih tinggi. Seseorang biasanya menunda waktu untuk melanjutkan sekolah atau pendidikan di jenjang yang lebih tinggi atau kuliah.

Waktu yang diambil juga beragam. Umumnya jangka waktunya adalah setahun atau sampai mendapatkan kesempatan untuk masuk kuliah kembali di kampus impian. Seseorang mengambil waktu rehat dari sekolah untuk berbagai kebutuhan seperti bepergian, bekerja atau volunteer.

Gap year bermula dari tradisi pemuda Jerman sebelum Perang Dunia I untuk berkeliling Eropa sebagai proses pencarian jati diri dan proses pendewasaan.

Kemudian di tahun 70-an, tradisi ini berkembang menjadi tren backpacking ke benua lain. Setelah itu, konsep ini semakin merambah dan menyebar hingga ke penjuru dunia lainnya.

Mengapa Mengambil Gap Year?

cara memanfatikan gap year
credit: Kampuspedia

Dari penelitian di tahun 2013 yang dilakukan oleh Karl Haigler dan Rae Nelson, alasan utama seseorang biasanya mengambil gap year adalah untuk beristirahat sejenak.

Tidak hanya itu, anak muda juga menjadikannya kesempatan untuk menjernihkan pikiran setelah menghabiskan hidup di bangku sekolah. Selain itu juga sebagai bekal untuk mempersiapkan diri melanjutkan kuliah.

Tidak hanya itu, mereka yang mengambil gap year juga memiliki tujuan untuk lebih mengenal diri sendiri guna melangkah pada jenjang atau tahap hidup yang selanjutnya. Di beberapa negara yang sudah tidak asing dengan tren ini, menganggap bahwa mahasiswa dan karyawan yang berpengalaman gap year memiliki  bekal dan skill yang lebih.

Berapa Lama Durasi Gap Year?

berapa lama durasi gap year
credit: Research Gate

Meskipun namanya adalah gap year, namun bukan berarti harus dilewati dalam waktu setahun pas. Anda bisa mengambil beberapa bulan, tahun, atau bahkan lebih. Durasi ini kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan dari siswa yang akan mengambil gap year.

Apa Saja Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selama Gap Year?

apa saja yang harus dilakukan ketika gap year
credit: Malika Ahmad

Alasan paling umum ketika seseorang memilih gap year adalah karena akan melakukan perjalanan. Perjalanan yang ditempuh rata-rata adalah perjalanan ke luar negeri. hal ini bertujuan untuk mengenal diri lebih jauh, belajar tentang budaya masyarakat sekitar, maupun menambah wawasan yang berguna untuk kuliah.

Baca Juga: Prospek & Peluang yang bisa Kamu dapatkan Ketika Gap Year

Namun tidak hanya untuk alasan bepergian, sebagian siswa memilih gap year karena ingin mengambil kursus keterampilan. Menjadi relawan di organisasi sosial, magang, maupun bekerja paruh waktu. Selain itu juga memiliki proyek pribadi yang ingin diselesaikan seperti menulis buku, membuat film, atau yang lainnya.

Apakah Gap Year Hanya Bisa Dilakukan Sebelum Kuliah Saja?

gap years ngpain aja?
credit: Milenia News

Setelah mengetahui apa itu gap year, pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah apakah gap year hanya bisa dilakukan sebelum kuliah saja? Dan jawabannya tentu saja tidak. Meskipun fenomena ini lebih umum dilakukan oleh anak muda yang bersiap untuk kuliah.

Seiring perkembangannya, istilah ini juga kemudian dipakai oleh orang yang memutuskan untuk tidak langsung bekerja setelah lulus sekolah maupun setelah resign dari kantor sebelumnya. Meskipun masih tergolong baru, namun di Inggris, beberapa perusahaan sudah menerapkan kebijakan gap year atau career break lebih tepatnya.

Career break adalah suatu kondisi dimana seseorang memutuskan untuk tidak langsung bekerja setelah resign dari kantor sebelumnya. Tidak hanya itu, istilah ini juga diartikan sebagai cuti dalam waktu yang lagi dengan status masih sebagai karyawan perusahaan tersebut.

Biasanya karyawan yang mengambil career break dimanfaatkan untuk mengembangkan skill dan mendapatkan pengalaman baru di luar kantor. Meskipun masih jarang, namun di Indonesia sendiri ada beberapa kantor yang memperbolehkan karyawannya cuti dalam waktu lama tanpa dibayar.

Keuntungan Gap Year

keuntungan gap year
credit: Ruang mahasiswa

Nah bagi Anda yang memiliki rencana untuk gap year, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan saat melewati masa ini. Berikut 5 keuntungan gap year, antara lain:

1. Terhindar Dari Pilihan yang Salah

Salah satu keuntungan bagi Anda yang akan mengambil gap year adalah terhindar dari pilihan yang salah. Anda akan memiliki banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Anda bisa gunakan untuk mengkaji ulang pilihan yang sebelumnya sudah Anda tentukan. Bisa jadi apa yang Anda inginkan selama ini tidak cocok dengan Anda.

Gap year membantumu mempertimbangkan pilihan yang terbaik sebelum Anda benar-benar memutuskan sesuatu hal. Dan tentu saja ini akan membuatmu terhindar dari pilihan yang salah dan resiko kegagalan yang mungkin akan Anda hadapi di kemudian hari.

2. Potensi Lulus Tepat Waktu Lebih Tinggi

Orang-orang yang menjalani gap year cenderung lulus dalam waktu 4 tahun atau bahkan kurang. Hal ini disebabkan oleh kejelasan keyakinan yang lebih kuat terkait studi yang diambil sehingga lebih siap untuk sukses di perguruan tinggi yang dipilih tersebut.

Orang-orang yang sudah melewati gap year, dinilai lebih fokus pada tujuan hidup dan tidak ingin menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak berguna. Jadi bukan tidak mungkin seseorang akan berusaha dengan sangat keras agar bisa menggapai impiannya setelah masa gap year yang sudah dilewatinya.

3. Ajang Pengembangan Skill

Ketika menjalani gap year, waktu luang yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk mencari skill baru. Seiring perkembangan teknologi, segala hal bisa didapatkan dan dipelajari dengan lebih mudah.

Skill baru yang didapatkan tersebut bukan tidak mungkin akan berguna di dunia perkuliahan nanti. Jadi jangan ragu untuk belajar dan mengembangkannya dengan baik.

Anda mungkin bisa mengikuti kursus atau pelatihan yang memang sesuai dengan minatmu. Dari sana, minat tersebut akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar.

4. Waktu yang Tepat Untuk Menemukan Passion

Selain ketiga keuntungan di atas, Anda juga bisa mengembangkan passion yang baru Anda temukan dan mengasahnya dengan kegiatan yang mendukung di bidangnya. Passion yang sudah Anda kembangkan bisa menjadi ciri khas dan kelebihan Anda sehingga mempermudah Anda dalam menjalani hari-hari di bangku kuliah.

5. Punya Banyak Waktu Untuk Belajar Ujian Masuk Kuliah

Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk mempersiapkan perkuliahan dengan belajar dari jauh-jauh hari. Semakin jauh Anda membangun diri untuk menaklukkan ujian, maka semakin matang pula ketika kita menghadapinya. Dengan begitu kesempatan Anda untuk masuk ke kampus impian juga semakin terbuka lebar.

Kelebihan & Kekurangan Gap Year

kwkurangan gap year
credit: Rencanamu

Kelebihan dari gap year adalah Anda bisa memiliki waktu luang yang tidak terbatas dan melakukan kegiatan yang Anda suka. Anda juga bisa berlatih untuk bertanggung jawab, mandiri, dan kemampuan mengambil keputusan.

Gap year tidak hanya memberikan pengalaman dan pembelajaran di luar kantor atau sekolah, namun juga memberi waktu untuk memikirkan langkah hidup selanjutnya.

Namun dari segudang kelebihan dari gap year, tentu ada nilai minusnya. Anda akan mengalami masalah biaya khususnya jika menghabiskan gap year untuk travelling. Begitu pula ketika Anda memutuskan untuk magang atau menjadi relawan yang mungkin tidak dibayar atau hanya dibayar dalam jumlah yang tidak seberapa.

Baca Juga: Daftar Universitas Menarik yang Bisa Kamu Coba

Tidak hanya itu, konsep gap year di Indonesia yang belum umum bisa membuat Anda dicap sebagai seorang yang pemalas. Anda harus siap dengan pertanyaan dari keluarga maupun orang sekitar dan tahan mental ketika banyak perkataan yang menyakitkan mengenai Anda yang mengambil gap year.

Sebagian orang tentu menganggap bahwa gap year adalah pengalaman yang berharga yang mampu mengubah cara pandang dan hidup seseorang. Namun, sekaligus hal yang membuang-buang waktu bagi orang yang ingin segera mengejar cita-citanya.

Apa Saja yang Harus Disiapkan Untuk Gap Year?

persiapan sebelum gap year
credit: Milkman

Setelah rangkaian penjelasan mengenai apa itu gap year, Anda juga perlu mengetahui apa saja yang perlu disiapkan ketika Anda memutuskan untuk gap year. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan diantaranya:

1. Melakukan Riset

Sebelum Anda memutuskan untuk gap year, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa membaca blog atau bertanya pada orang yang sebelumnya sudah pernah melakukan gap year. Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya khususnya terkait situs yang menawarkan program gap year ini.

2. Tentukan Tujuan

Ketika Anda memutuskan gap year, tentunya Anda memiliki tujuan yang ingin Anda capai. Anda ingin mengambil gap year untuk rekreasi, refleksi diri, menambah skill baru, maupun hal lain yang bermanfaat. Tentukan dengan jelas dari awal agar waktu rehat bisa tetap produksi dan bukannya hanya untuk bermalas-malasan tanpa tujuan.

3. Rencanakan Dari Jauh Hari

Selain melakukan riset dan menentukan tujuan, Anda juga harus merencanakan dari jauh hari. Dari segi finansial, tentu saja Anda harus menyisihkan uang dari setahun sebelumnya sebagai persiapan untuk melewati gap year.

Hal ini penting, apalagi jika tujuanmu gap year adalah melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan uang atau bekerja.

4. Open Minded

Anda harus mampu bersikap open minded karena gap year sendiri adalah waktu untuk bereksplorasi dan keluar dari zona nyaman.

Anda bisa mencoba hal-hal yang baru dan melakukan travelling untuk belajar budaya dan gaya hidup dari setiap daerah yang Anda kunjungi. Anda bisa ambil dari setiap nilai positif yang Anda temui untuk menjadikan pribadi yang jauh lebih baik.

5. Membangun Koneksi

Travelling menjadi kesempatan yang sangat bagus. Anda bisa bertemu dan membangun koneksi dengan orang yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Inti dari gap year adalah mengenal diri sendiri dan menikmati setiap hal yang bisa dilakukan tanpa memikirkan waktu yang terbatas.

Itulah ulasan mengenai apa itu gap year secara menyeluruh. Pada akhirnya gap year merupakan sebuah pilihan dan nilai positif maupun negatifnya tergantung dari sudut pandang setiap orang.

Sebagian orang berpendapat bahwa gap year adalah pengalaman yang mengubah hidup sedangkan bagi sebagian lagi hanya membuang-buang waktu. Semua kembali kepada diri Anda sendiri!

Leave a Comment