google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Cara Mengajukan Shopee Pinjam Agar Cepat Disetujui Hingga 15 Juta

Kehadiran Shopee Pinjam bertujuan untuk memberikan pinjaman uang tunai, sekaligus menjadi layanan pinjam meminjam uang online yang mudah diakses oleh pengguna.

Fitur ini hanya dapat diaktifkan oleh pengguna tertentu, artinya tidak semua orang bisa meminjam uang di Shopee.

Untuk mengaktifkan Shopee Pinjam, Anda perlu melampirkan beberapa data. Mulai dari nomor handphone, nomor darurat, rekening bank, hingga verifikasi data menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Cara Mengajukan Shopee Pinjam

cara menggunakan shopee pinjam
credit: Cerdas Belanja

Mengajukan pinjaman uang melalui Spinjam terbilang cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Masuk ke akun Shopee.
  2. Klik tab “Saya”, lalu pilih layanan “SPLoan”.
  3. Klik “Aktifkan Sekarang”.
  4. Masukkan Kode Verifikasi (kode verifikasi OTP) lalu klik Next. Perlu diingat, untuk keamanan akun, mohon untuk tidak memberikan kode verifikasi (OTP) kepada siapapun, termasuk tim Shopee atau SPinjam.
  5. Jika Anda pengguna Shopee PayLater (SPayLater), pastikan nama yang tertera di aplikasi sesuai dengan nama KTP Anda.
  6. Jika Anda bukan pengguna SPayLater, silakan unggah foto KTP Anda menggunakan kamera belakang dan posisikan ID Anda sesuai dengan bingkai yang tersedia. Kemudian, pastikan informasi pribadi Anda sesuai dengan informasi di KTP Anda.

Cara Mempercepat Pencairan Dana Shopee Pinjam

Cara Mempercepat Pencairan Dana Shopee Pinjam
credit: Tribun Pontianak

Pencairan dana di Spinjam biasanya memakan waktu sekitar 2 hari kerja. Namun bisa lebih cepat cair jika Anda menggunakan rekening Bank Mandiri, BNI, BCA dan BRI.  BCA, BRI, dan Mandiri mengklaim pencairan SPinjam segera atau instant. 

Berikut cara mencairkan dana Shopee pinjam:

  1. Klik tab ‘Saya’ dan pilih ‘SPinjam’.
  2. Klik ‘Ajukan’.
  3. Pilih ‘Jumlah Pinjaman’ dan kemudian pilih ‘Durasi Pinjaman’.
  4. Pilih ‘Rekening Bank’ atau tambahkan rekening bank BCA, BRI, atau Mandiri yang akan Anda gunakan dan klik ‘Konfirmasi’.
  5. Klik ‘Ajukan Sekarang’.
  6. Setelah selesai, Anda tinggal menunggu uang/dana masuk ke dalam rekening.

Perhitungan Bunga Shopee Pinjam

Shopee Pinjam menetapkan suku bunga 2,45% per bulan. Mereka juga mengenakan biaya penanganan sampai dengan 3% untuk setiap transaksinya.

Sedangkan untuk keterlambatan pembayaran, akan dikenakan denda sebesar 5% dari besar cicilan tertunggak. Disarankan untuk mengecek kembali keadaan financial Anda sebelum melakukan pinjaman untuk menghindari menunggak pembayaran cicilan. 

Penyebab Shopee Pinjam Tidak Muncul Di Akun Saya

Penyebab Shopee Pinjam Tidak Muncul Di Akun Saya
credit: Bungdus Com

Seperti yang sudah dibahas di atas, tidak semua orang bisa melakukan pinjaman uang di Shopee. Berikut beberapa kriteria yang menjadi penyebab kenapa SPinjam tidak muncul di akun saya, yaitu:

1. Lokasi Pengguna Yang Tidak Terjangkau

Saat ini, Spinjam belum beroperasi di seluruh wilayah. Ini terkait adanya aturan regulasi pinjaman konvensional. Jadi, jika Shopee pinjam belum memperluas jangkauannya ke lokasi Anda, maka fitur ini belum bisa digunakan.

2. Kurangnya Riwayat Transaksi

Sampai saat ini belum ada “standar” resmi berapa minimal transaksi agar Shopee Pinjam muncul di aplikasi dan bisa diakses. Namun semakin banyak transaksi (pembelian) maka semakin besar kemungkinan fitur ini muncul di akun Anda.

3. Usia Akun Shopee Belum 3 Bulan Atau Lebih

Untuk bisa mengajukan pinjaman di Shopee pinjam, minimal usia akun Anda 3 bulan atau lebih. Jika belum, maka secara otomatis Anda tidak bisa mengaksesnya. 

4. Akun Shopee Belum Diverifikasi

Untuk mendapatkan fitur Shopee seperti ShopeePay, Shopee PayLater hingga Shopee Pinjam, pengguna harus memverifikasi data pribadi di akun Shopee.

Pengguna yang belum melakukan verifikasi akun Shopee atau belum melengkapi data pribadinya, kemungkinan besar tidak akan mendapatkan fitur SPinjam.

Berikut data-data yang harus dilengkapi:

  • Nama lengkap.
  • NIK sesuai KTP.
  • Kartu Identitas (KTP, KITAS, SIM atau KK)
  • Foto Selfie + KTP.

Selain beberapa data di atas, Anda juga harus verifikasi Email dan Nomor HP. Ini nantinya berfungsi untuk menerima kode OTP (One Time Password).

5. Level Loyalty Shopee Belum Tercapai

Semua pengguna Shopee bisa mendapatkan status/lever loyalty yang terdiri dari 4 tahapan. Semakin tinggi status/levelnya, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Salah satunya yaitu Shopee pinjam. Jadi tingkatkan terus transaksi Anda.

6. Akun Shopee Sedang Dimoderasi atau Dibatasi

Ada banyak faktor yang menyebabkan akun Shopee dimoderasi atau dibatasi, diantaranya:

  • Melakukan FO (Fake Order).
  • Sering membatalkan pesanan tanpa konfirmasi ke penjual.
  • Login akun Shopee di beberapa perangkat.

Sebelum mengajukan pinjaman di Shopee pinjam, pastikan dulu apakah akun Shopee Anda sedang dalam pembatasan atau tidak. Anda bisa mengeceknya email atau notifikasi di aplikasi Shopee.

Biasanya akan ada notifikasi jika akun Anda sedang dibatasi. Jika akun Shopee sedang dibatasi karena melanggar kebijakan, anda dapat memulihkannya terlebih dahulu.

7. Belum Update Akun Shopee

Ini menjadi salah satu penyebab fitur Shopee pinjam tidak muncul yang jarang disadari. Jadi cek ulang lagi aplikasi Shopee yang Anda gunakan, dan pastikan sudah terupdate ke versi terbaru. Anda juga bisa mengupdatenya secara otomatis dengan menyeting di pengaturan ponsel.

Cara Cepat Menaikkan Limit Shopee Pinjam Hingga 15 Juta

Cara Cepat Menaikkan Limit Shopee Pinjam Hingga 15 Juta
credit: Duwitmu

Perlu diketahui, SPinjam ini sedikit berbeda dengan Shopee PayLater. Jika Shopee PayLater hanya bisa digunakan untuk pembeli, maka Shopee Pinjam bisa digunakan oleh pembeli ataupun penjual.

Akan ada sedikit perbedaan hasil antara penjual dan pembeli, terutama dari segi jumlah limit maksimal. Berikut cara menambah limit Pinjaman di Spinjam:

  1. Bayar Tagihan Tepat Waktu
  2. Sering Mengajukan Pinjaman
  3. Tingkatkan Performa Penjualan & Pembelian
  4. Tingkatkan Performa Akun

Semakin baik performa penjualan dan pembelian, maka semakin ‘trusted’ pula akun Shopee Anda. Dalam proses peninjauan apakah Pinjaman disetujui atau tidak oleh tim Shopee, kelayakan akun juga dinilai dari tingkat performa penjualan dan pembelian pengguna.

1. Akun Shopee Selalu Aktif

Performa penjualan dan pembelian yang meningkat tentu harus dibarengi dengan akun Shopee yang aktif. Faktanya, tidak semua akun Shopee mendapatkan fitur Shopee Pinjam.

Menurut pengalaman beberapa seller, akun Shopee harus aktif minimal enam bulan sebelum mendapatkan fitur SPinjam di akun mereka. Tentu hal ini juga dapat dijadikan acuan untuk menaikan limit Shopee Pinjam. 

2. Hindari Pelanggaran Akun

Poin yang tidak kalah penting untuk menaikan limit Pinjaman di SPinjam adalah menghindari akun dari tindakan pelanggaran.

Jika akun Shopee dibatasi, tentu saat peninjauan kelayakan akun Shopee tidak akan lolos. Tapi tenang, Anda dapat memulihkan akun Shopee yang dibatasi terlebih dahulu lalu memperbaiki Track Record untuk mendapatkan kenaikan limit Shopee Pinjam.

3. Pembayaran Cicilan Kredit Shopee

Saat belanja di Shopee, tentu Anda pernah menggunakan metode cicilan atau kredit seperti penggunaan kartu kredit, Kredivo atau Akulaku. Dengan beberapa metode cicilan yang tersedia di Shopee ini.

Tentu Anda harus membayar cicilan tepat waktu sesuai dengan nominal belanja yang digunakan. Sama halnya dengan tagihan, pastikan juga membayar cicilan kredit di Shopee ini tepat waktu untuk menghindari denda dan penilaian buruk dari tim Shopee.

4. Patuhi Kebijakan Tim Shopee

Terakhir, silahkan baca dan pahami syarat dan ketentuan layanan Shopee Pinjam. Anda juga dapat mengulas lebih dalam seputar fitur Pinjaman Shopee yang satu ini lewat website resmi Shopee.

Setelah memahami syarat dan ketentuan fitur SPinjam, maka anda akan mengetahui hal-hal penting apa saja yang seharusnya dilakukan oleh pengguna agar mendapatkan limit Pinjaman Shopee Pinjam hingga Rp.15 Juta.

Baca Juga

Yang perlu diingat adalah sesuaikan besar pinjaman yang akan Anda ajukan dengan kebutuhan. Pilih dan pertimbangkan kebutuhan mendesak apa yang mengharuskan Anda mengambil SPinjam.

Besar maupun kecil pinjaman yang akan diajukan, akan berpengaruh pada nominal cicilan angsuran yang menjadi tanggung jawab Anda. Jangan sampai nominal cicilan ini memberatkan kondisi finansial anda di kemudian hari.

Demikian ulasan mengenai Shopee Pinjam lengkap beserta cara dan syarat pengajuan, bunga pinjaman, serta cara mengajukan limit paling maksimal dalam pengajuan. Semoga bermanfaat. 

Leave a Comment