google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Mau Kirim Paket? Perhatikan Penulisan Alamat yang Benar Berikut Ini!

Penulisan Alamat yang Benar – Zaman yang semakin maju dengan teknologi online, membuat para pelaku bisnis kini beralih pada model penjualan daring. Baik melalui media sosial atau marketplace, ranah online ini mencipta satu kesempatan yang luas untuk memasarkan produk.

One click solution menjadi salah satu cara belanja digital yang kini banyak digandrungi. Anda hanya tinggal memilih beberapa produk, menuliskan alamat, kemudian paket barang pesanan akan diantarkan ke rumah. Tak perlu repot mengantri, memilih, berdesakan, karena cukup duduk manis di rumah saja.

Agar paket bisa sampai dengan aman, maka Anda harus memperhatikan penulisan alamat paket yang benar dan tepat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kurir dalam menyampaikan pesanan ke alamat penerima.

Cara Menulis Alamat yang Benar Sesuai KBBI

contoh penulisan alamat paket
credit: Fastpay

Agar memudahkan kurir untuk menemukan lokasi Anda, maka penulisan alamat yang benar sesuai tujuan harus dibuat dengan jelas, rapi dan mudah dibaca. Label bisa ditulis tangan dengan huruf balok atau dicetak dengan printer. Usahakan agar label alamat juga cukup besar dan jelas ketika dibaca.

Penulisan Nama diisi dengan penerima yang dituju. Dapat berupa nama pribadi atau lembaga tertentu. Alamat Tujuan bisa dituliskan lengkap mulai dari jalan, nomor rumah, penanda yang jelas (rumah warna biru, pagar kuning, dekat Mushalla A, dan sejenisnya), hingga RT/RW yang jelas, hingga kota, kabupaten hingga kode pos area.

Selanjutnya, Anda juga wajib menuliskan nomor telepon. Pencantuman nomor telepon yang aktif bertujuan untuk memudahkan kurir ketika kesulitan menemukan lokasi rumah yang dituju. Hal ini juga bisa menjadi perantara yang tepat jika terjadi keterlambatan pengiriman karena sebab teknis atau nonteknis.

Baca Juga: Cara Kirim Paket Paling Mudah & Cepat

Selain menuliskan alamat penerima dengan jelas, Anda juga harus menuliskan alamat pengirim dan penerima. Tujuannya adalah penerima tahu pengirim yang memberikan paket, terutama jika paket tersebut berupa hadiah, sehingga akan minim penolakan.

Selain itu, alamat pengirim juga penting dicantumkan agar kurir bisa melakukan pengembalian ketika penerima dinyatakan pindah alamat atau terkendala hal teknis selama perjalanan.

Cara Menulis Alamat pada Paket Berupa Surat

cara penulisan alamat lengkap di paket
credit: Contoh surat lengkap

Jika hendak mengirimkan dokumen, perhatikan penulisan alamat yang benar. Jika menggunakan amplop coklat besar berukuran 25 cm x 19 cm, tuliskan alamat dengan huruf besar yang jelas. Jika gunakan amplop putih 23 cm x 11 cm pastikan tinta yang digunakan juga cukup jelas dibaca.

Anda dapat mencetak alamat terlebih dahulu kemudian menempelkannya sesuai dengan ukuran amplop yang digunakan. Dengan demikian tingkat besarnya huruf juga bisa menyesuaikan dengan amplop yang digunakan.

Cara Menulis Alamat dengan Benar di Kardus atau Kotak

penulisan alamat di paket
credit: Today show

Umumnya, penulisan alamat yang benar ketika menggunakan paket kardus atau kotak tertentu, yakni membungkusnya terlebih dahulu kemudian menempelkan alamatnya pada bagian atas. Perhatikan ukuran kotak atau kardus pembungkusnya sebelum meletakkan alamat.

Kardus yang terlalu besar, biasanya akan terhitung biaya volume saat masuk ekspedisi. Pastikan paket sudah terbungkus rapi, agar lebih mudah dibawa kurir. Pengemasan yang rapi dan aman juga akan memudahkan penataan di dalam mobil kurir. Tambahkan selotip being pada alamat agar tidak luntur jika terkena air hujan selama perjalanan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengirim Paket

cara menulis alamat pengiriman paket
credit: diet make easy

Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan paket pengiriman tetap terjaga sampai tujuan.

1. Membungkus Paket Dengan Rapi dan Terlindung

Apapun jenis isi dalam paket, pastikan Anda membungkus barang tersebut dengan rapi. Anda dapat gunakan kardus, kotak, atau plastik yang dilapisi bubble wrap sebagai pelindung. Apalagi jika produk yang Anda kirimkan cukup rawan rusak seperti barang pecah belah, parfum, atau sejenisnya.

Gunakan perlindungan ekstra agar penerima tak mendapati barang yang dipesan justru rusak selama perjalanan. Cara lainnya bisa dengan membubuhkan lakban yang bertuliskan “fragile” dan “jangan dibanting” di atas pembungkusnya.

Upaya ini bisa menjadi salah satu alternatif preventif untuk tetap menjaga produk dalam paket tetap aman hingga ke tangan penerima. Biasanya, kurir juga akan membedakan untuk paket pecah belah agar tetap utuh dan tidak rusak.

2. Menuliskan Alamat Paket dengan Jelas

Pastikan penulisan alamat yang benar pada paket saat hendak dikirim. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kurir untuk menyampaikan paket Anda sesuai dengan estimasi sampainya barang. Perhatikan beberapa hal dasar dalam penulisan paket seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

3. Mengecek Ongkos Kirim dan Memilih Ekspedisi

Selain kedua hal di atas, hal penting yang harus diketahui penerima dan barang dan pengirimnya adalah nominal ongkos kirim. Berbeda ekspedisi akan berbeda tarif yang dicanangkan. Berbeda layanan paket, maka berbeda pula harganya.

Terdapat beberapa jenis barang yang bisa mempengaruhi ongkos kirim perjalanan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

4. Dimensi Barang

Jika dimensi paket cukup besar, maka biasanya akan terhitung volume sebagai hitungan ongkos kirimnya. Hal ini menjadi catatan penting bagi pengirim agar bisa mencari tahu tarif pengiriman sebelum paket dimasukkan ke ekspedisi.

5. Berat Paket

Sebelum dikirim, paket akan ditimbang. Hitungan tarif akan mengikuti satu kilo pengiriman barang. Semakin berat barang yang dikirim, maka semakin besar pula ongkos pengirimannya.

6. Durasi Pengiriman

Umumnya layanan paket tersedia dalam beberapa jenis tergantung estimasi. Untuk pelayanan satu hari sampai akan lebih mahal dibandingkan layanan reguler yang bisa sampai dalam beberapa hari. Layanan dalam satu hari atau ekspres juga akan memiliki tarif yang lebih tinggi ketimbang pengiriman dalam waktu reguler.

Tips Mencari Ekspedisi yang Kredibel

cara menulis alamat pada paket pengiriman
credit: The Independent

Dalam proses pengiriman paket, tentu Anda juga harus mempertimbangkan beragam jenis ekspedisi untuk dapatkan penawaran terbaik. Masing-masing ekspedisi memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Nah, bagaimana cara memilih ekspedisi yang cocok dan terpercaya?

Memiliki Alamat Kantor yang Jelas

Sekalipun bukan kantor utama, sebaiknya ekspedisi memiliki lokasi yang jelas. Hal ini difungsikan sebagai langkah untuk menghindari penipuan. Alamat yang detail juga akan memudahkan para pengirim paket langsung ke lokasi. Sebaiknya hindari menggunakan ekspedisi abal-abal yang tidak memiliki SOP jelas pada pelayanannya.

Jujur dan Bisa Diandalkan

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika pelanggan membutuhkan kejujuran dalam bertransaksi. Hal ini menjadi salah satu attitude dasar bagi seorang penjual yang ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya. Termasuk dalam urusan pengiriman barang. Tentu saja pelanggan akan memilih ekspedisi yang bisa diandalkan dan jujur dalam pelayanan.

Mencari Referensi dan Melihat Ulasan Google

Ulasan di Google Bisnis juga bisa menjadi salah satu referensi yang bisa Anda jadikan patokan dalam mencari ekspedisi yang berkualitas. Ada beberapa ekspedisi yang sudah malang melintang puluhan tahun, ada pula ekspedisi yang baru beroperasi beberapa tahun belakangan.

Melihat Portofolio Ekspedisi

Anda juga bisa melihat kredibilitas ekspedisi dari portofolio yang ada di dalam perusahaan tersebut. Bagaimana kinerja tim pengiriman? Apakah setiap pengiriman sukses? Jika pernah gagal, apa solusi yang ditawarkan? Bagaimana hubungannya dengan perusahaan kompetitor?

Pertanyaan-pertanyaan sejenis itu akan membantu Anda untuk memilih dan menilai kinerja yang diberikan oleh seluruh jajaran tim yang terlibat. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menjatuhkan pilihan pada beberapa ekspedisi yang lebih trusted.

Melihat dari Layanan yang Disediakan

Salah satu faktor yang bisa dijadikan ukuran penilaian kredibilitas yakni dari jenis layanannya. Bagaimana transportasinya? Berapa lama estimasinya? Apa saja jenis packing yang disediakan? Bisa mengangkut barang apa saja? Jika mengalami keterlambatan, bagaimana bentuk tanggung jawab dari ekspedisi?

Pertanyaan di atas bisa juga menjadi rujukan untuk mengetahui standar SOP pelayanan sebuah ekspedisi. Dengan melihat layanan teknis dan nonteknis dalam sebuah ekspedisi, Anda akan lebih mudah melihat kualitas dan kapasitasnya sebagai jasa pengiriman.

Jangan Tergiur Harga Miring

Sebagai konsumen, perbandingan harga akan jadi salah satu materi bahasan yang akan jadi topik utama. Jangan terlalu tergiur pada harga murah jika pelayanannya tidak berbanding lurus dengan harga yang diberikan.

Meski tak semua ekspedisi murah memiliki pelayanan yang tak bagus, sebaiknya Anda tetap waspada untuk memilih ekspedisi yang terbaik. Hal ini berkaitan dengan nasib paket yang akan diberikan kepada penerima.

Jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka pelanggan Anda akan merasa kecewa. Dampaknya, kepercayaan akan menurun, sehingga permintaan pada produk juga akan jadi sasarannya. Oleh karena itu, pilihlah ekspedisi yang tepat untuk meminimalisasi kesalahan.

Punya Banyak Referensi Ekspedisi

Jika ingin menggunakan layanan pada perusahaan pengiriman, ada baiknya Anda mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Anda dapat membandingkan beberapa ekspedisi yang paling terjangkau, bisa memberikan layanan terbaik, mampu disasar hingga ke pelosok, dan beberapa faktor pendukung lainnya.

Saat memilih perusahaan pengiriman, Anda harus bisa mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Semakin banyak referensi, maka Anda akan semakin banyak masukan data yang bisa dijadikan rujukan untuk memilih jasa pengiriman yang sesuai. Apalagi jika Anda memiliki sebuah toko yang mendapatkan pesanan membludak setiap hari. Pemilihan ekspedisi tentu akan berpengaruh pada performa toko online Anda.

Melakukan Uji Coba Kerja Sama

Untuk melakukan pengetesan, Anda bisa mencoba mendatangi beberapa ekspedisi dan merasakan layanan yang ditawarkan. Dari sini, Anda dapat mencermati dan membandingkan tipe jasa pengiriman yang punya layanan paling oke untuk dijadikan partner dalam mengirimkan paket atau barang.

Memiliki Layanan CS yang Mudah Dihubungi

Layanan CS yang baik juga akan menjadi salah satu alasan seseorang memilih jasa pengiriman. Terlebih bila memiliki layanan barang atau jasa yang cukup penting dan dibutuhkan segera sampai di tempat tujuan. Menghubungi CS atau call center pusat akan memudahkan pemantauan barang.

Memiliki Layanan Tracking yang Akurat

Selain beberapa faktor di atas, pilihan pelanggan pada layanan jasa kirim juga bisa dipengaruhi oleh fasilitas tracking yang tepat dan akurat. Baik pengirim barang atau penerima barang bisa mengecek dari layanan online yang disediakan. Dengan demikian, penerima bisa memastikan bahwa dirinya akan berada di rumah saat barang sudah siap didistribusikan ke lokasi pengiriman.

Menyampaikan kiriman dengan membungkusnya dengan rapi, penulisan alamat yang benar, serta memilih ekspedisi yang tepat adalah sebuah kesatuan saat pengiriman paket. Baik sebagai pengirim maupun penerima, diharapkan bisa memberikan data yang valid agar paket pengiriman bisa sampai tanpa lecet dan rusak.

Leave a Comment