google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Cara Restart HP Xiaomi – Pakai Cara Ini Agar Mudah, Cepat & Aman

Cara Restart HP Xiaomi – Pengguna ponsel android terkadang mengalami permasalahan HP ngehang, susah sinyal, dan permasalahan lainnya yang biasanya dapat terselesaikan dengan cara melakukan restart. Nah, ketahui cara restart HP Xiaomi yang dapat dilakukan dengan mudah.

Tetapi, sebaiknya Anda jangan terlalu sering melakukan restart ponsel karena memiliki efek yang negatif pula untuk ponsel Anda.

Lakukan restart ponsel saat Anda memang sedang mengalami permasalahan, seperti masalah ponsel yang ngehang biasanya akan teratasi saat Anda melakukan restart. Selain itu, saat sinyal sedang susah biasanya juga akan teratasi dengan melakukan restart.

Perlu diingat untuk restart HP Xiaomi maka Anda harus pastikan semua data penting yang tersimpan sudah di backup terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar data-data Anda tidak terhapus saat melakukan restart.

Cara Restart HP Xiaomi dengan Berbagai Cara

cara restrart HP Xiaomi mudah
credit: youtube

Ketahuilah terdapat beberapa cara restart HP Xiaomi yang mudah loh, Yuk ketahui dalam penjelasan di bawah ini.

1. Tekan Tombol Power + Volume up

Cara yang pertama, Anda dapat melakukan restart HP Xiaomi dengan menekan tombol power+volume up secara bersamaan. Setelah Anda melakukannya maka dalam beberapa waktu sudah muncul logo MI. Nah, setelah memakainya maka secara otomatis ponselmu akan memunculkan logo MI atau lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Matikan terlebih dahulu perangkat Xiaomi Anda
  • Selanjutnya, masuk ke menu recovery Xiaomi. Caranya, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai muncul logo Xiaomi. Setelah itu silahkan Anda masuk ke Mi recovery
  • Selanjutnya akan muncul opsi bahasa, pilih “Bahasa Inggris
  • Kemudian lakukan Hard Reset (Wipe data), caranya silahkan pilih Wipe data/Factory Reset, kemudian pilih All Wipe Data lalu konfirmasi pilihan dengan tekan tombol Yes
  • Kemudian tunggu proses Hard Reset (Wipe Data) selesai. Jika proses telah selesai, silahkan lakukan Reboot pada perangkat Xiaomi Anda
  • Setelah itu proses Hard Reset pada perangkat Xiaomi Anda telah selesai
  • Melakukan hard reset berguna jika sewaktu-waktu Anda lupa pada pola smartphone Anda, maupun masalah kecil lainya.

Apabila smartphone Anda mengalami bootloop saat melakukan hard reset maka menunjukkan langkah-langkah yang dilakukan tidak berhasil sehingga perhatikan dengan benar agar tidak membuat HP Xiaomi Anda rusak. Ikutilah petunjuk login email dan kata sandi sampai Anda dapat  menggunakan HP dengan performa seperti baru lagi.

2. Melalui Menu Settings

Setelah melakukan restart dengan tombol, ketahui juga Anda dapat melakukan restart ponsel dengan menggunakan menu setting yang caranya sangat mudah yaitu melalui menu setelan. Nah, Anda bisa langsung masuk saja ke menu Settings dan mencari pilihan Factory Reset. Jika belum mengetahui caranya maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke menu Settings atau Setelan
  • Pilih Additional Settings atau Setelah Tambahan
  • Klik Backup & Reset atau Buat Cadangan & Setel Ulang
  • Setelah itu, klik lagi Factory Data Reset atau Kembalikan ke Setelan Pabrik
  • Selanjutnya, klik Reset Phone atau Setel Ulang Telepon yang ada di bagian bawah
  • Lanjutkan proses untuk memformat handphone Xiaomi Anda.

Setelah proses restart HP Xiaomi dilakukan maka ponsel akan kembali ke mode pengaturan awal sehingga Anda akan melihat adanya tampilan awal ponsel dengan bertuliskan welcome di  bagian layar.

3. Menggunakan Menu Factory Reset

Anda juga dapat melakukan restart ponsel dengan menu factory reset yang akan menghapus semua data yang ada di dalam smartphone sehingga Anda harus pastikan bahwa Anda telah mencadangkan data penting agar dapat dipulihkan kembali. Ketahui cara melakukan factory reset di bawah ini:

  • Membuka menu atau aplikasi Setting pada HP tersebut
  • Setelah itu pilihlah Additional Setting
  • Selanjutnya Anda pilih sub menu Backup dan Reset
  • Lalu pilih Factory Reset (Kembalikan Ke Setelan Pabrik)
  • Langkah selanjutnya Anda pilih, Reset Phone. Konfirmasi dengan memilih hapus
  • Selanjutnya Anda tinggal tunggu sampai proses factory reset selesai. Setelah selesai maka perangkat Xiaomi Anda akan melakukan reboot dengan otomatis
  • Setelah itu maka factory reset Anda telah selesai
  • Setelah itu smartphone Xiaomi Anda secara otomatis akan melakukan restart dan proses reset pun akan dimulai.

Apabila smartphone Anda sudah masuk ke menu home screen untuk pengaturan pengguna maka hal tersebut menunjukkan proses restart sudah selesai.

4. Melalui Mi Cloud

Gunakan Mi Cloud untuk membantumu melakukan restart ponsel dengan mudah yang dapat dijadikan sebagai salah satu cara alternatif apabila dari ketiga cara sebelumnya belum juga berhasil. Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu mengakses situs Mi Cloud melalui komputer atau laptop.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan sign in menggunakan akun Mi yang Anda gunakan di perangkat Xiaomi yang akan di-reset melalui langkah-langkah yang mudah di bawah ini:

  • Pertama-tama buka browser di komputer atau laptop, lalu ketik us.i.mi.com
  • Setelah itu klik pada opsi Sign in with Mi Account
  • Selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan email serta nomor HP yang digunakan pada akun Mi Anda
  • Jika sudah, ketikkan password Anda lalu pilih Sign in
  • Langkah selanjutnya klik Find Device pada pilihan menu yang tersedia
  • Lalu tunggu beberapa saat hingga nantinya tertera tipe Xiaomi apa saja yang terdeteksi oleh Mi Cloud
  • Setelah itu klik Wipe Device untuk memulai proses hard reset
  • Jika sudah, nantinya akan muncul halaman yang menampilkan data apa saja yang akan terhapus
  • Klik Wipe untuk mengkonfirmasi penghapusan
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai dilakukan
  • Setelah itu perangkat Xiaomi Anda akan melakukan reboot dengan sendirinya.

Apabila proses reboot yang dilakukan berhasil maka sudah dapat dipastikan akan muncul tampilan layar untuk sign in menggunakan alamat email.

Persiapan Sebelum Melakukan Restart HP Xiaomi

cara merestart ulang HP Xiaomi
credit: Solusi Android

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa melakukan restart ponsel memang berkaitan dengan factory reset yang banyak dampaknya untuk ponsel.

Factory reset adalah proses merestart ponsel yang berarti mengembalikan smartphone ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik sehingga smartphone akan kembali seperti baru lagi. Menu factory reset tersebut mempunyai beragam fungsi mulai dari menghapus data-data privat, membersihkan file cache atau sampah yang menumpuk di HP, menghapus virus serta malware, dan mengatasi smartphone error.

Tetapi,  sebelum melakukan reset pabrik maka Anda perlu melakukan beberapa persiapan penting karena factory reset dapat menghilangkan seluruh file dan data di ponsel Anda sehingga sebelum melakukan proses ini, pastikan beberapa hal di bawah ini:

  • Melakukan pencadangan file penting seperti foto, kontak, video, dokumen, dan file penting lainnya. Anda dapat memindah seluruh file di perangkat lain atau Anda juga dapat menyimpannya di cloud storage online seperti Google Drive, Dropbox, dan lain-lain
  • Mem-backup riwayat chat dari aplikasi perpesanan yang ada di ponsel Xiaomi Anda
  • Melakukan pencadangan aplikasi yang ada di ponsel Anda, sehingga nantinya Anda tak perlu mengunduh kembali aplikasi-aplikasi tersebut.

Keuntungan Melakukan Restart HP

cara memulai ulang HP Xiaomi
credit: Pandaily

Ternyata saat Anda melakukan restart HP juga memberikan banyak keuntungan kepada para penggunanya loh. Yuk ketahui beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan dalam uraian list di bawah ini:

1. Membuat Ruang Penyimpanan Ponsel Lebih Lega

Pertama, keuntungan melakukan restart ponsel yaitu dapat membuat ruang penyimpanan menjadi lebih luas dan lega. Tak hanya itu, file data yang terhapus di ponsel Anda akan membuat ponsel lebih ringan dan cepat seperti baru lagi.

Jadi, saat memori ponsel Anda penuh maka kinerja dari ponsel itu sendiri juga akan melemah sehingga HP akan menjadi lemot dan mudah ngehang.

2. Membuat Kinerja Ponsel Lebih Optimal

Berikutnya, manfaat atau keuntungan dari melakukan restart HP yaitu akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih optimal. Selain itu, Anda juga akan memiliki ponsel dengan sistem yang bekerja dengan cepat tanpa error.

Bahkan, ponsel Anda tidak akan terasa berat sehingga akan membantu mengoptimalkan kembali perangkat Anda.

3. Membersihkan Ponsel dari Virus

Anda juga dapat membersihkan ponsel dari virus saat melakukan restart ponsel. Nah, biasanya ponsel yang mudah ngehang ini mempunyai virus malware berbahaya yang akan merusak sistem HP. Nah, untuk dapat menghilangkannya maka lakukan restart pabrik dengan berbagai langkah yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya.

4. Membuang File Sampah

Melakukan restart ponsel berarti membantumu membuang file sampah yang sudah lama di HP, sehingga akan mempengaruhi kinerja ponsel apabila sampahnya memang menumpuk sangat banyak.

Oleh karena itu, melakukan restart HP Xiaomi dengan factory reset akan membuat sistem ponsel menjadi lebih ringan dan cepat karena file sampah terhapus sampai ke akarnya.

Efek Melakukan Restart HP terlalu Sering

manfaat merestart HP Xiaomi
credit: TechRadar

Melakukan restart atau reboot ponsel merupakan hal yang wajar dilakukan, setiap ponsel android mempunya tombol restart atau reboot tersendiri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya reboot atau restart banyak sekali. Lalu apakah terdapat efek yang berbahaya saat melakukan reboot terlalu sering? jawabannya jelas tidak.

Di HP fitur restart memang tidak terlalu berpengaruh seperti pada komputer dan router. Tetapi, sisi baik melakukan reboot pada HP dapat membuat memori internal menjadi lebih luas dan lega.

Hal tersebut dikarenakan saat Anda melakukan proses restart maka cache sementara akan ikut terhapus sehingga sampah-sampah di data dalam cache akan terhapus semua.

Baca Juga: Xiaomi Fastboot

Saat ponsel direboot maka up time HP kita akan di reset mulai dari 00:00 sehingga melakukan restart ponsel sangatlah penting. Selain itu, saat Anda  melakukan reboot maka aplikasi akan berjalan dari awal dan RAM pun tidak akan terbebani terlalu berat, sehingga ponsel kalian lambat, akan menjadi lebih kencang dari sebelumnya.

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Restart HP?

cara merestart ulang HP Xiaomi
credit: Sample Post

Jika melakukan restart HP itu baik, tentu saja Anda bertanya-tanya kapan si waktu terbaik untuk melakukan restart. Apakah setiap hari boleh merestart ponsel? jawabannya tentu saja boleh karena memang tidak ada efek buruk jika kita sering restart.

Disarankan, Anda minimal melakukan reboot HP selama 1 bulan sekali, lebih sering lebih bagus. Tetapi, lakukan paling sering yaitu 1 minggu sekali atau idealnya 1 bulan 2 kali karena reboot itu sangat bagus.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai cara restart HP Xiaomi dengan mudah dan cepat yang memiliki manfaat bagus untuk ponsel Anda.

Leave a Comment