google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Cara Crop di PhotoShop Ternyata Gampang Banget ! Begini Caranya

Cara Crop di PhotoShop – Aplikasi edit kini sudah banyak yang beredar. Seiring berjalannya waktu, permintaan edit foto kini semakin tinggi. Maka tak heran jika kini mulai banyak orang yang menginginkan pekerjaan menjadi editor. Pasalnya pekerjaan menjadi editor cukup menjanjikan.

Banyak orang yang kini belajar skill edit. Mulai dari pelatihan berbayar hingga belajar secara otodidak.

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto ialah dengan menggunakan aplikasi PhotoShop. Banyak orang yang sudah menggunakan aplikasi ini. Jika Anda tertarik dengan aplikasi edit yang satu ini maka ulasan ini sangat cocok untuk Anda.

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh PhotoShop ialah fasilitas crop foto. Crop foto ini nantinya dapat difungsikan untuk memotong foto dengan ukuran yang diinginkan. Selain itu dengan crop foto, Anda juga bisa menghilangkan objek foto yang tidak diinginkan.

Lalu bagaimana cara crop foto di aplikasi PhotoShop yang diproduksi oleh developer adobe ini? Jika Anda penasaran, maka wajibnya menyimak ulasan ini sampai tuntas.

Cara Crop Foto di PhotoShop Sesuai Ukuran

Cara Crop Foto di Photoshop
credit: Daridesignstudio

Crop foto merupakan salah satu fasilitas yang berada di aplikasi PhotoShop. Crop foto sendiri merupakan salah satu fasilitas yang banyak digunakan untuk mengedit foto. Salah satunya ialah memotong foto dengan berbagai macam ukuran.

Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut cara crop foto di PhotoShop sesuai ukuran yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Mempunyai Aplikasi PhotoShop

Hal pertama yang harus dilakukan ialah memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa menginstalnya terlebih dahulu.

2. Buka Aplikasi PhotoShop

Selanjutnya langkah berikutnya ialah membuka aplikasinya. Kemudian pilih file berupa foto ataupun gambar.

3. Klik Menu Crop

Setelah gambar telah terpilih, klik menu crop yang terletak di Tools Box sebelah kiri. Apabila Anda menginginkannya secara cepat tekan saja tombol C. Kemudian klik size & resolution.

4. Mengatur Ukuran

Aturlah ukuran foto yang akan di-crop. Apabila Anda menginginkan ukuran 2×3 ukur saja pada menu yang sudah disediakan. Anda bisa memformatnya ke ukuran lainnya sesuai keinginan, seperti ukuran 3×4, 4×6 atau ukuran yang lainnya. Pengaturan ukuran bisa diatur dalam satuan cm ataupun inci. Namun untuk pas foto sebaiknya menggunakan satuan cm.

5. Pastikan Posisinya Proporsional

Jika Anda sudah menentukan ukuran foto yang akan di crop langkah selanjutnya ialah mengatur posisi ataupun gambar yang Anda inginkan. Pastikan posisi untuk memotong gambar sesuai dan proporsional. Jika dirasa sudah pas tekan tanda panah pada tools box. Anda juga bisa langsung menekan tombol enter.

6. Menyimpan Gambar

Setelah crop gambar sudah selesai, jangan lupa untuk menyimpan gambarnya. Anda juga bisa menyimpannya dalam format .PSD (sebagai master) ataupun dalam bentuk format .PNG atau .JPG. Anda bisa menyimpan dalam berbagai format ukuran mulai dari 2×3, 3×4, 4×6 dan seterusnya.

Cara Crop Gambar Jadi Bulat di PhotoShop

cara crop foto di photoshop menjadi bulat
creit: Youtube

Seperti yang diketahui bahwasanya beberapa foto profil di social media kebanyakan berbentuk lingkaran atau bulat. Namun untuk kasus aplikasi social media yang terkenal seperti Facebook, Twitter, Instagram maupun WhatsApp foto profilnya berbentuk bulat.

Seperti ini videonya:

Oleh karenanya, foto yang masih berbentuk persegi Panjang bisa di crop berbentuk bulat. Oleh karena itu, pengguna sosmed tidak perlu repot-repot untuk melakukan crop secara manual.

Di aplikasi PhotoShop sendiri merupakan aplikasi editing foto yang bisa mengubah objek bidang yang awalnya berbentuk kotak menjadi bentuk lingkaran atau bulat. Lalu bagaimana caranya? Berikut cara crop foto menjadi bulat yang Anda ketahui diantaranya:

1. Membuka Aplikasi PhotoShop

Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan membuka aplikasi PhotoShop. Setelah masuk ke aplikasi, kemudian masukkan foto yang akan diedit dengan klik open file.

2. Melakukan Double Klik

Lakukan double klik pada layer. Setelah new layar muncul silahkan untuk menekan tombol OK.

3. Memilih Elliptical Marquee

Setelah adanya new layer langkah selanjutnya ialah memilih elliptical marquee tools yang berada di Toolbox. Fasilitas toolbox ini tersedia di samping kiri. Sembari menekan tombol shift, klik drag. Tarik pada bagian atas bidang gambar agar lingkaran memiliki bentuk yang sempurna.

4. Select Inverse

Selanjutnya klik kanan pada foto ataupun pada gambar objek dan klik select inverse. Jika dirasa cukup, tinggal pilih delete dan selanjutnya akan terbentuk potongan foto dengan bentuk bulat sesuai apa yang Anda inginkan.

5. Menggunakan Metode Tambahan

Sebagai metode tambahan, apabila sudah selesai Anda bisa crop menggunakan crop tool. Hal ini bisa agar objek membentuk square ataupun untuk membuang sisa pada objek.

6. Simpan Hasil Edit

Setelah sudah dirasa cukup, cukup save ke dalam format PNG agar bisa menampilkan foto ataupun gambar transparan. Anda juga bisa menyimpannya ke dalam format PNG dengan menggunakan background putih.

Cara Crop Foto di PhotoShop Pen Tool

cara crop foto di photoshop dengan pen tool
credit: Youtube

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwasannya di PhotoShop ada banyak tool yang bisa Anda pakai untuk mengedit foto. Salah satunya dengan fitur crop yang berada di tool.

Fitur yang satu ini banyak digunakan oleh editor. Agar proses edit fotonya cepat dan mudah dalam memotong gambar alangkah lebih baiknya dengan menggunakan pen tools. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut cara crop foto di PhotoShop dengan menggunakan pen tools yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Open File/Import

Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan mengunggah foto yang akan diedit. Cara mengunggah fotonya dengan klik file > Open > pilih lokasi gambar yang akan di edit. Selain itu, Anda juga bisa mengunggahnya dengan cara drag and drop yang berada dalam computer.

Anda cukup klik tombol kiri pada mouse dan tahan klik kiri tersebut. Setelah itu seret gambar tersebut ke aplikasi PhotoShop.

2. Mulai Menyeleksi

Langkah berikutnya ialah menekan tombol P pada keyboard. Anda juga bisa mencari tool dengan logo pulpen. Setelah itu, klik kanan dan pilih pen tool. Ketika pointer sudah berubah menjadi ujung pulpen, itu waktu yang tepat untuk memulai menyeleksi gambar.

Anda bisa memulainya dengan meletakkan titik pada sisi terluar objek yang akan diseleksi. Setelah itu, letakkan titik kedua. Apabila objek yang diseleksi terdapat lengkungan, Anda bisa dengan cara tahan klik kiri dan Tarik. Sesuaikan lengkungan dengan seberapa lengkung objek tersebut.

Cara praktis dan cepat menggunakan pen tool adalah dengan menggunakan tombol keyboard sebagai shortcut untuk melakukan zoom. Anda juga bisa menggeser view dari objek.

3. Memperhalus Objek

Apabila objek dirasa kurang terlihat sempurna dalam pemotongan, itu sangatlah wajar bagi Anda yang masih pemula. Jika dirasa masih banyak spot yang belum terseleksi, bisa mengulangi lagi tahapan penyeleksian tadi ataupun menggunakan erase tool. Agar bisa memperhalus bagian sisi objek yang telah diseleksi dengan menggunakan pen tool.

Setelah itu, tentukan sesuai kebutuhan seperti hardness, size dan strength dari blur tools yang nantinya bisa Anda gosokan pada bagian sisi objek yang terlihat tajam. Ketika sudah sampai tahap memperhalus, Anda sudah benar-benar selesai menyeleksi atau memotong gambar dengan menggunakan pen tool.

Cara Menyeleksi Gambar di PhotoShop

cara selection foto di photoshop
credit: Adobe Help center

PhotoShop memanglah salah satu aplikasi edit foto yang sangat populer dikalangan editor PC ataupun laptop. Selain popular, PhotoShop juga dikenal sebagai aplikasi editing foto dengan fitur komplit. Ada tiga cara menyeleksi gambar di PhotoShop yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Menggunakan Magic Wand Tool

Cara yang pertama ialah dengan menggunakan magic wand tool. Cara ini sangat cocok digunakan untuk menyeleksi gambar yang memiliki background flat satu, seperti foto dengan background merah, biru, putih ataupun warna yang lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video Terbaik di HP

Lalu bagaimanakah caranya? Berikut cara menyeleksi gambar di PhotoShop dengan menggunakan magic wand tool, ialah:

  • Bukalah aplikasi PhotoShop
  • Masukan gambar dengan mengklik tab file dan klik open
  • Pilih gambar ataupun foto yang akan diedit
  • Setelah foto sudah termuat di PhotoShop, klik menu dan pilihlah magic wand tool
  • Kemudian klik pada bagian luar area gambar. Lebih tepatnya klik bagian background
  • Selanjutnya pada bagian background akan terdeteksi
  • Pada tahap ini, Anda harus membalik pada bagian yang terseleksi dengan cara klik move tool terlebih dahulu
  • Klik tab select
  • Setelah itu klik inverse agar bisa membalik bagian yang terdeteksi
  • Jadi pada bagian yang terdeteksi akan beralih pada bagian objek gambar saja
  • Tekan tombol ctrl + C agar bisa meng-copy gambar yang terseleksi
  • Supaya tidak hilang, jangan lupa untuk menyimpan file tersebut ke dalam format yang Anda butuhkan.

2. Menggunakan Quick Selection Tool

Apabila Anda menginginkan gambar dengan background yang cukup rumit seperti tembok ataupun objek lain yang memiliki banyak tekstur dan warna. Sebaiknya gunakanlah cara quick selection tool agar hasilnya terlihat lebih rapi dan cara ini seleksi akan jauh lebih mudah.

Berikut cara menyeleksi gambar dengan cara quick selection tool, diantaranya:

  • Membuka PhotoShop yang berada di laptop ataupun PC
  • Masukkan gambar ke dalam PhotoShop dengan cara klik file, kemudian klik open
  • Pilih foto ataupun gambar yang akan diedit
  • Kemudian klik menu quick selection tool
  • Agar pekerjaan menjadi lebih mudah, Anda bisa memperbesar foto dengan menekan tombol ctrl dan +
  • Arahkan kursor ke bagina background kemudian drag dengan mengarahkan kursor pada bagian background sampai terseleksi semua
  • Agar bisa menyeleksi pada objek gambar yang diinginkan, silahkan balik pada bagian yang diseleksi dengan cara klik move tool
  • Klik tab select, kemudian klik inverse
  • Copy pada bagian objek yang terseleksi dengan cara tekan tombol ctrl + J
  • Kemudian objek gambar tersebuut akan muncul pada layer 1.

3. Menggunakan Pen Tool

Cara yang ketiga agar bisa menyeleksi gambar ialah dengan menggunakan pen tool. Cara ini memanglah cukup rumit. Hal ini disebabkan karena lebih bersifat manual dan sangat membutuhkan ketelitian saat melakukan seleksi. Cara menyeleksi gambar dengan pen tools ialah:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi PhotoShop
  • Klik file kemudian pilih open
  • Pilih gambar apapun itu
  • Kemudian klik pen tool
  • Pastikan opsi yang digunakan ialah dengan path
  • Klik pada bagian ujung objek
  • Tarik garis mengikuti bagian objek ataupun sudut lain yang diakhiri dengan klik agar hasil lebih rapi
  • Lakukan cara seperti imi sampai bagian yang diinginkan terseleksi semua
  • Agar node yang berlebih dapat dihilangkan teka tombol alt laluu klik pada node yang benar
  • Setelah semua bagian terdeteksi sekarang beralih menggunakan quick selection tool
  • Pilihlah opsi refine edge
  • Pastikan output yang terdapat pada halaman refine edge ialah selection
  • Klik OK dan tunggu beberapa saat
  • Klik move tool
  • Copy objek dengan menekan tombol ctrl + J
  • Objek terseleksi akan berada di layer 1.

PhotoShop merupakan salah satu aplikasi edit foto yang cukup dipakai oleh banyak orang. Hal ini disebabkan aplikasi yang ini memiliki banyak fitur. Bagi Anda yang ingin belajar menggunakan PhotoShop ulasan ini sangat cocokĀ  untuk Anda. semoga ulasan ini dapat membantu Anda untuk belajar menggunakan PhotoShop.

Leave a Comment