google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Penyebab dan Cara Mengatasi WiFi tidak Muncul di Laptop

WiFi tidak Muncul – Sebenarnya, cara menyambungkan laptop ke jaringan Wi-Fi sangat mudah. Ya, hanya dengan menghidupkan fitur Wi-Fi di laptop dan mencari sinyal yang tersedia, maka device Anda sudah terhubung dengan jaringan dan bisa menggunakannya dengan leluasa.

Sayangnya, terkadang, sinyal Wi-Fi tersebut tidak muncul atau tidak terdeteksi, meskipun Anda sudah menyalakan power Wi-Fi pada laptop. Apakah Anda pernah mengalami masalah tersebut? Tentu saja, Anda yang mengalami masalah tadi akan merasa repot, terlebih jika pada waktu itu Anda memang memerlukan sambungan Wi-Fi.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang penyebab serta cara mengatasi Wi-Fi yang tidak muncul di laptop. Dengan mengetahui penyebab serta solusi, tentu masalah yang sama tidak akan terulang di lain waktu.

Penyebab Umum Wi-Fi Hilang di Laptop

cara memperbaiki wifi hilang di laptop
credit: Youtube

Sebelum membahas tentang solusi untuk mengatasi sinyal Wi-Fi yang hilang di laptop, ada beberapa masalah ini yang perlu diketahui dengan baik. Nah, menurut kebanyakan kasus yang terjadi, ada beberapa penyebab umum kenapa masalah ini muncul.

Beberapa sebab sinyal Wi-Fi yang hilang di laptop adalah sebagai berikut:

  • Driver Wi-Fi pada laptop yang rusak atau ada file yang hilang
  • Kerusakan yang terjadi pada sistem Windows
  • Masalah pada router Wi-Fi
  • Kerusakan pada perangkat receiver yang ada pada laptop.

Nah, dari beberapa sebab hilangnya sinyal Wi-Fi tersebut, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan agar device Anda nantinya bisa terhubung dengan jaringan Wi-Fi seperti sedia kala,

Solusi Wi-Fi Hilang di Laptop

Wi-Fi Hilang di Laptop
credit: Youtube

Sebagaimana disinggung sebelumnya, ada beberapa solusi dari masalah Wi-Fi yang hilang di laptop. Beberapa solusi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Instal ulang driver Wi-Fi laptop

Salah satu masalah yang menyebabkan WiFi tidak Muncul adalah driver yang bermasalah. Oleh karenanya, instal ulang driver Wi-Fi yang ada di laptop menjadi solusi awal yang bisa Anda lakukan.

Perlu diketahui bahwa untuk beberapa device laptop, driver Wi-Fi perlu diinstal terlebih dahulu baru Wi-Fi bisa digunakan. Tentu, driver ini sangat menentukan apakah sambungan Wi-Fi bisa digunakan atau tidak.

Untuk melakukan instal ulang driver Wi-Fi laptop, Anda perlu menghapus driver lama yang sudah ada melalui menu Control Panel seperti biasa. Setelah itu, instal ulang driver Wi-Fi menggunakan CD bawaan yang didapatkan saat pembelian laptop.

Namun, jika Anda tidak memiliki CD bawaan tersebut, cobalah cari file driver laptop sesuai seri melalui situs resmi dari brand laptop yang Anda gunakan. Selain sesuai dengan tipe dan detail sistem, pastikan jika Anda menggunakan versi driver Wi-Fi terbaru.

  • Uninstall Driver Wi-Fi di Device Manager

Jika Anda memiliki laptop yang sudah lengkap dengan driver Wi-Fi bawaan, maka langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah Wi-Fi tersebut adalah dengan uninstall driver Wi-Fi langsung dari device manager. Selain lebih mudah, cara ini pun bisa dikatakan juga lebih cepat.

Nah, untuk melakukan cara ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelumnya. Beberapa langkah yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke bagian device manager. Anda bisa menggunakan CTRL + R dan mencari device manager untuk kemudahan
  • Setelah itu, cara adapter Wi-Fi yang terpasang
  • Jika sudah ditemukan, maka klik kanan dan pilih opsi uninstall
  • Tunggu proses selesai
  • Setelah itu, restart laptop yang Anda gunakan dan lakukan pengecekan kembali pada Wi-Fi laptop
  • Selesai.

Sekilas, cara di atas sangat mudah untuk dilakukan. Namun, salah satu catatan penting yang perlu diperhatikan dalam poin ini adalah restart.

Pastikan jika device laptop yang Anda gunakan di-restart setelah proses uninstall. Hal ini sangat penting karena restart nantinya akan mengubah pengaturan baru yang diterapkan, termasuk menghapus file-file sisa dari proses uninstall yang dilakukan.

  • Memastikan Wi-Fi Laptop Aktif

Meskipun terdengar sangat sepele dan cenderung konyol, Wi-Fi yang berada dalam keadaan disabled atau mati juga menjadi sumber masalah Wi-Fi laptop yang hilang. Nah, perlu diketahui bahwa Wi-Fi disabled ini bisa saja muncul karena kesalahan pada sistem atau adanya faktor ketidaksengajaan yang terjadi.

Tentu saja, jika Wi-Fi dalam keadaan disabled, maka laptop tidak bisa menangkap sinyal Wi-Fi apapun meskipun sinyal tersebut dalam keadaan bagus dan kuat. Nah, umumnya, Wi-Fi yang disabled ditandai dengan adanya tanda silang pada sinyal Wi-Fi yang ada di bagian bawah laptop Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Klik menu dan pilih control panel
  • Di halaman control panel. Pilih opsi menu network and internet
  • Selanjutnya, masuk ke laman network and sharing center
  • Lalu, klik change adapter setting di bagian kiri
  • Lakukan pengecekan pada driver Wi-Fi laptop Anda dan kemudian klik enable this network device.

Dengan cara di atas, tentu Wi-Fi yang disabled bisa diatasi dengan mudah. Cara yang lebih gampang bisa ditemukan untuk pengguna Windows 10. Untuk memastikan Wi-Fi nyala atau tidak, Anda hanya tinggal mengklik ikon sinyal Wi-Fi di bagian kanan bawah laptop dan melakukan pengecekan pada power Wi-Fi Anda.

  • Mengganti Channel Router

Solusi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah Wi-Fi laptop yang hilang adalah dengan mengganti router. Cara ini juga cukup efektif dilakukan karena memang pada dasarnya router juga bisa menjadi sebab kenapa masalah Wi-Fi tersebut muncul.

Nah, pada menu pengaturan router, tepatnya berada di halaman admin, Anda bisa melakukan beberapa pengaturan dengan opsi yang lumayan banyak. Salah satu pengaturan yang dimaksud adalah channel.

Secara default, pengaturan dari channel tersebut adalah auto. Nah, untuk mengatasi masalah Wi-Fi yang hilang tersebut, Anda bisa mengganti peraturannya.

Anda akan melihat beberapa pilihan channel. Coba saja ubah setting router dari auto ke channel 1 kemudian simpan. Setelah itu, cek bagaimana sambungan Wi-Fi pada laptop Anda. Jika diperlukan, lakukan restart pada laptop terlebih dahulu sebelum disambungkan ulang.

Cara ini bisa dikatakan cukup efektif, meskipun nanti bisa saja Anda mengembalikan pengaturan router ke auto lagi. Nah, tidak salahnya jika cara ini Anda coba.

  • Instal Ulang Windows

Sebagaimana dibahas di awal, salah satu penyebab dari masalah Wi-Fi laptop yang hilang adalah sistem. Nah, jika Anda sudah melakukan beberapa hal namun masalah tersebut tetap tidak berhasil diatasi, maka menginstal ulang Windows mungkin bisa menjadi solusi yang tepat.

Bisa dikatakan bahwa cara ini adalah cara pamungkas setelah mencoba beberapa cara lain mengatasi WiFi tidak Muncul yang lebih simple. Namun, tingkat keberhasilan mengatasi masalah Wi-Fi dengan cara ini bisa dikatakan paling tinggi.

Nah, terkait proses install ulang Windows tersebut Anda bisa melakukannya seperti biasa. Ada cukup banyak informasi yang bisa Anda dapatkan terkait hal tersebut. Hanya saja, ada beberapa catatan penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Pastikan jika versi Windows yang digunakan sesuai dengan versi driver Wi-Fi yang ada pada device Anda
  • Coba cek software browser yang digunakan dan pastikan Anda menggunakan versi terbaru karena bisa jadi masalah software membuat koneksi tidak lancar.

Cara di atas bisa menjadi solusi lain untuk mengatasi Wi-Fi yang bermasalah dan hilang. Hanya saja, tentu pastikan jika Anda menginstal ulang Windows juga dengan tepat.

  • Mengganti Wireless Card Internal Laptop

Jika proses instal ulang Windows yang dilakukan ternyata belum juga mampu mengatasi masalah Wi-Fi hilang pada laptop, maka bisa jadi masalah tersebut ada pada wireless card yang ada di dalam laptop. Mungkin, ada kerusakan pada wireless card tersebut sehingga komponen tersebut tidak mampu menangkap sinyal Wi-Fi yang tersedia.

Nah, apabila masalah tersebut cukup serius, Anda perlu mengganti wireless card tersebut. Tentu saja, untuk melakukan penggantian, Anda harus membongkar casing laptop. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa service daripada kerusakan yang ditimbulkan lebih parah.

Lantas, berapa harga wireless card tersebut?

Harga komponen ini sebenarnya cukup beragam. Namun, jika di rata-rata, harga komponen ini ada di range sekitar 70 hingga 150 ribuan. Tentu, harga tersebut belum ditambah biaya bongkar pasang jika Anda menggunakan jasa service.

Nah, beberapa hal di atas adalah solusi dari masalah Wi-Fi laptop yang hilang. Anda bisa mencoba beberapa cara tersebut untuk mengatasi masalah yang cukup serius ini. Dengan Wi-Fi yang tidak bermasalah, tentu saja semua keperluan Anda bisa terbantu.

Menguatkan Sinyal Wi-Fi di Laptop

sinyal kuat di laptop
credit: Youtube

Sebagai informasi tambahan, ada baiknya jika Anda juga mengetahui cara untuk menguatkan sinyal Wi-Fi di laptop. Tentu, cara ini juga bisa dijadikan solusi alternatif jika Anda menemukan sinyal Wi-Fi yang begitu lambat dan sangat mengganggu.

Nah, untuk memperkuat sinyal Wi-Fi, ketika wifi tidak muncul beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Melakukan Flush DNS

Flush DNS adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi di laptop. Nah, dengan cara ini, Anda bisa menghapus cache DNS client agar kecepatan Wi-Fi bertambah.

Untuk melakukan cara ini, ikuti langkah berikut:

  • Buka command prompt dan klik kanan lalu pilih run as administrator
  • Ketik ipconfig /flushdnsdan klik enter pada keyboard
  • Setelah selesai, ketik ipconfig /renew dan klik enter
  • Tutup command prompt dan coba browsing dengan laptop Anda.

Sekilas, cara ini cukup mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan cara ini berulang kali jika dirasa kecepatan Wi-Fi yang digunakan sudah lambat.

  • Menggunakan Software Analisis Wi-Fi

Saat ini ada cukup banyak software yang bisa digunakan untuk melakukan analisis Wi-Fi. Nah, Anda bisa menggunakan software yang beberapa diantaranya gratis.

Dengan menggunakan software tersebut, Anda nantinya akan menemukan detail informasi tentang koneksi Wi-Fi yang Anda gunakan. Tidak hanya itu, Anda pun juga akan mendapatkan opsi kanal yang bisa digunakan dengan kecepatan yang lebih baik. Cukup mudah, bukan?

Kedua cara di atas bisa menjadi ide yang digunakan untuk mempercepat sinyal Wi-Fi yang Anda gunakan. Tentu, dengan kecepatan Wi-Fi yang lebih cepat serta stabil, browsing internet untuk mencari beragam informasi pun akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Nah, coba saja cara di atas untuk mendapatkan kesan nyaman saat mengakses internet. Dan mengatasi cara mengatasi wifi tidak muncul. Semoga membantu!

Leave a Comment