google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Mengenal Sistem Komputer, Fungsi, Komponen hingga Strukturnya

Kumpulan perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi untuk melakukan proses pengolahan data disebut dengan sistem komputer yang dapat menghasilkan informasi sesuai dengan yang ingin diharapkan oleh penggunanya.

Nah, perangkat yang terdapat dalam sistem sebuah komputer yaitu software, brainware, dan hardware.

Ketahuilah, ketiga perangkat tersebut memiliki peran dan fungsinya masing-masing yang dapat digunakan secara bersamaan karena sistem operasinya juga saling bergantungan.

Ketahuilah, komputer dibuat untuk mengelola berbagai tugas yang tidak dapat dikerjakan oleh otak manusia seperti mengatur data dengan baik yang diatur dalam satu sistem perangkat komputer yang menguntungkan para penggunanya.

Pengertian Sistem Komputer

bagian-bagian pada sistem komputer
credit: New Tech Society

Sistem pada komputer merupakan penghubung antar komponen yang ada di dalam komputer yang setiap komponennya dapat terhubung untuk melakukan tugas sesuai instruksi pengguna komputer. Secara umum komponen yang ada dalam sistem yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu hardware, brainware dan software.

Ketahuilah bahwa setiap komponennya dapat bekerja dengan baik agar salah satu komponen tidak hilang. Setiap komponen tersebut tidak dapat dipisahkan karena akan mengganggu kinerja dan fungsional komputer.

Fungsi Sistem Komputer

struktur sistem komputer
credit: Mathbits

Setelah Anda mengetahui pengertiannya tersebut, maka perlu diketahui bahwa fungsi tersebut yang memiliki empat fungsi utama.

1. Menginput Data

Fungsi dari sistem komputer yang pertama yaitu dapat  menginput semua jenis data yang sudah dimasukkan pengguna menggunakan perangkat hardware. Contoh hardwarenya yaitu keyboard, microphone, mouse dan sebagainya.

2. Memproses Data yang Telah Masuk

Fungsi sistem pada komputer yang selanjutnya yaitu memproses semua data yang telah masuk ke dalam sistem data yang sudah diinputkan user berbentuk bahan mentah.

Sehingga sesudah sistem menginputnya maka sistem tersebut akan melakukan proses dengan mentransfer data mentah menjadi informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer.

Baca Juga: Toko Komputer Jogja

Nah, proses datanya dilakukan central processing unit yang perannya dapat digunakan sebagai otak komputer.

3. Menghasilkan Data Dari Input yang Telah Dimasukkan

Berikutnya, fungsinya dapat menghasilkan output dari input yang sudah dimasukkan dan diproses sedemikian rupa. Tentu saja, hasil output yang dimaksud dapat berupa video, gambar, dan suara sehingga output tersebut tergantung perintah user sebelumnya.

4. Menyimpan Data yang Diperlukan

Terdapat fungsi untuk menyimpan data yang diperlukan oleh sistem yang berupa hasil output dan hasil olahan memori komputer.

Komponen Utama Sistem Komputer

komponen-komponen komputer
credit: quicklearncomputer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat tiga komponen utama sistem di dalam komputer yang menghubungkan sistem pada komputer yaitu sebagai berikut.

1. Hardware

Hardware dikenal sebagai perangkat keras yang komponennya berbentuk fisik sehingga dapat disentuh dengan tangan. Hardware memiliki beberapa bagian dalam sebuah komputer. Yuk, ketahui hardware dalam komputer yang harus Anda tahu:

2. Input unit

Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat input dapat digolongkan menjadi dua:

  • Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh:
  • Papan ketik (keyboard)
  • Pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet)
  • Keyboard & mouse
  • Scanner (misalnya optical data reader atau optical character recognition reader, magnetic ink character recognition)
  • Alat input tidak langsung, melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contoh:
  • Keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong)
  • Key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses
  • Key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk).

3. Output unit

Output yang dihasilkan dari pemroses ini dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).

Tulisan, image dan suara dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa:

  • Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.

Contoh : printer, plotter, dan alat microfilm

  • Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

Contoh : video display(misal : monitor), flat panel, dan speaker

  • Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.

4. Storage unit

Seperti yang diketahui instruksi yang diinput sistem pada komputer melalui input disimpan di unit storage sebelum diproses menjadi data. Sesudah hasil data diproses maka data berikutnya disimpan di unit ini terlebih dahulu sementara.

Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:

  • Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input
  • Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses
  • Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan
  • Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

5. Software

Software adalah komponen sistem ini tidak mempunyai bentuk fisik sehingga tidak berwujud. Nah, ketahuilah bahwa software memiliki wujud digital yang tersimpan didalam memori komputer. Terdapat jenis kategori software di sistem komputer, berikut ini jenisnya:

  • System Software

Sistem software merupakan salah satu jenis perangkat yang digunakan untuk mengatur sekaligus mengontrol komponen perangkat keras komputer, agar dapat berinteraksi dengan hardware atau software yang lainnya. Contoh sistem software yaitu sistem operasi komputer.

  • Utility Software

Terdapat Utility Software yang dapat Anda gunakan untuk menjaga dan melindungi sistem ini, namun tidak memiliki kontak langsung dengan hardware.

Contohnya yaitu antivirus, disk defragmenter dan lainnya.

  • Application Software

Terdapat jenis aplikasi software yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk menyelesaikan tugas dari user. Ketahui contoh aplikasi software yaitu web browser, game, software office dan lainnya.

6. Brainware

Komponen yang ketiga dalam sistem di komputer yaitu Brainware yang disebut sebagai orang yang menggunakan komputer atau perangkat intelektual yang mengoperasikan perangkat komputer. Ini dia brainware yang terhubung menjadi sistem komputer.

  • Programmer

Programmer dikenal sebagai orang yang mempunyai kemampuan dalam bahasa pemrograman. Programmer mempunyai peran sebagai pembuat perangkat lunak yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi.

  • Administrator

Administrator dikenal sebagai orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi disertai dengan program yang digunakan pada jaringan komputer.

  • Operator

Operator dikenal sebagai orang yang menjalankan sistem operasi disertai dengan program dalam perangkat komputer.

Struktur dan Fungsi Komputer

struktur komputer
credit: GeeksforGeeks

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar struktur dasar komputer. Sedangkan, fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari strukturnya.

1. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan otak sistem pada komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

Beberapa CPU Terbaik bisa cek di sini

2. Memori

Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

3. Address Bus

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

4. Control Bus

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Penerapan Sistem Komputer di Kehidupan Sehari-hari

Ketahui penerapannya yang sekarang ini sudah banyak ditemui di sekitar. Tak heran, hal tersebut dikarenakan dengan adanya komputer yang sangat membantu pekerjaan manusia di era teknologi seperti sekarang. Yuk ketahui, apa saja penerapan sistem komputer dalam ulasan di bawah ini.

1. Bidang Militer

Ketahuilah bahwa peran komputer beserta sistemnya ini juga sudah merambah ke dalam bidang militer. Sistem komputer digunakan untuk mengontrol pesawat angkasa dan pesawat terbang.

Hal tersebut tentunya dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan kontrol yang kebanyakan pesawat sudah mengadopsi tenaga komputer.

2. Bidang Industri

Pada bidang industri, komputer diperlukan untuk mengontrol mesin yang digunakan dalam kegiatan produksi perusahaan dengan kecepatan tertinggi. Contohnya yaitu penggunaan  CNC hingga mesin serba guna.

Dengan penggunaan sistem pada komputer membuat pekerjaan di industri tidak terasa sesulit yang dibayangkan.

3. Bidang Niaga

Terdapat bidang niaga atau bisnis yang mempunyai penerapan sistem ini dengan sangat jelas. Contoh penerapannya digunakannya dalam penggunaan mesin kasir dengan tenaga sistem komputer.

Dengan demikian, maka mesin dapat dikontrol dengan baik oleh manajer hanya dari ruang kerjanya.

4. Bidang Pendidikan

Sistem berikut di dalam komputer di era sekarang digunakan untuk media bantu ajar. Selain itu, digunakan pula dalam pembelajaran alat laboratorium yang dilengkapi dengan sistem pada komputer agar pekerjaan lebih teliti, sehingga Anda dapat terhindar dari hambatan indra manusia.

Alat riset dalam kegiatan pembelajaran saat ini kebanyakan menggunakan sistem komputer.

5. Bidang Bioteknologi

Terdapat penggunaan sistem di dalam komputer pada bidang bioteknologi dengan penggunaan alat kultur yang terdapat di dalam bidangnya yang menggunakan adanya sistem di dalam sebuah komputer dengan tujuan supaya ketelitian pekerjaan lebih bagus, sehingga menjadikan ruangan lebih steril.

Bahkan, sebagian besar perusahaan negara maju sudah mengembangkan robot komputer untuk keperluan tersebut.

Nah, itulah seputar ulasan mengenai pengertian sistem komputer dengan penerapannya didalam kehidupan sehari-hari. Komputer memang sangat dibutuhkan era digital di era digital saat ini karena membuat semua kegiatan menjadi lebih mudah dilakukan.

Leave a Comment