google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Cara Pengajuan Pengembalian Dana Shopee Mudah & Anti Ribet 

Pengembalian Dana Shopee – Ketika bertransaksi menggunakan Shopee, pernahkah Anda mengalami masalah seperti kiriman yang tidak sesuai dengan iklan yang ditampilkan lantas ingin melakukan klaim untuk pengembalian dana?

Nah, sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee tidak hanya memberikan beragam layanan menarik terkait transaksi, melainkan juga layanan pengembalian dana.

Bisa dikatakan jika layanan pengembalian dana Shopee merupakan bentuk garansi yang diberikan Shopee pada para pengguna. Dengan adanya layanan ini, Shopee senantiasa berusaha memberikan kepuasan bagi para pengguna.

Tentu, jika memang barang yang sampai tidak sama seperti iklan, pengguna bisa memanfaatkan layanan ini untuk klaim hak mereka dan menghindari kerugian.

Lantas, bagaimana cara untuk pengajuan pengembalian dana dari Shopee tersebut?

Sebenarnya, Shopee sudah memberikan kemudahan terkait masalah pengembalian dana tersebut.

Namun, untuk Anda yang belum mengetahui detail cara yang diperlukan, pada kesempatan ini akan dibahas langkah yang tepat untuk mengajukan pengembalian dana Shopee sesuai dengan kasus yang terjadi.

Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Shopee dengan Mudah

cara mengembalikan dana shopee
credit: Shopee Seller

Berbincang tentang pengembalian dana Shopee, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan tergantung kasus yang Anda alami. Nah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

1. Mengajukan pengembalian dana ketika produk belum dikirim

Barangkali, Anda pernah berubah pikiran setelah melakukan order di toko Shopee untuk barang tertentu dan ingin mengajukan pembatalan serta pengembalian dana.

Nah, apabila posisi pesanan sudah diterima oleh seller sedangkan barang pesanan belum dikirim, maka cara pengajuan pengembalian dana yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Shopee dan login menggunakan akun yang Anda miliki
  • Jika sudah masuk ke dalam aplikasi, pilih opsi “saya” yang ada di bagian samping kanan bawah
  • Lalu, masuk ke opsi “pesanan saya” dan Anda akan menemukan keterangan “dikemas”. Tanda keterangan tersebut adalah seller sudah menerima pesanan dan sedang memproses pesanan
  • Nah, dari keterangan produk tersebut, gulir ke bawah dan temukan opsi “batalkan sekarang”. Klik opsi tersebut jika Anda memang sudah yakin untuk membatalkan pesanan
  • Kemudian, pilih alasan yang tepat terkait pembatalan tadi
  • Selanjutnya, pilih opsi “ajukan pembatalan”
  • Setelah itu, tunggu tanggapan dari seller. Apabila seller tidak memberikan tanggapan, maka transaksi tersebut akan batal secara otomatis setelah beberapa waktu 

Nah, jika pembatalan tersebut sudah berhasil, maka dana yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi akan masuk ke Shopeepay. Anda bisa membiarkannya mengendap atau melakukan pencairan ke rekening.

2. Mengajukan pengembalian dana ketika produk sudah sampai tujuan

Mengajukan pengembalian dana ketika produk sudah sampai tujuan
credit: Shopee Seller

Seperti yang dibahas sebelumnya, terkadang, ada pembeli yang merasa bahwa barang yang dipesan dan sampai di lokasi tidak sama dengan barang dalam iklan sehingga ingin melakukan pengembalian barang dan dana.

Nah, jika hal tersebut terjadi pada Anda, adapun beberapa langkah pengajuan pengembalian dana Shopee ketika pesanan sudah sampai tujuan adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Shopee yang Anda gunakan
  • Buka rincian pesanan yang Anda pesan sebelumnya di tab “saya” dan pilih opsi “belanjaku”
  • Di dalam opsi tersebut Anda akan mendapatkan informasi tentang pesanan produk yang Anda lakukan dengan keterangan barang sudah sampai tujuan
  • Selanjutnya, scroll ke bawah dan kemudian pilih opsi “ajukan pengembalian dana”
  • Kemudian, pilih barang yang akan dikembalikan tersebut
  • Pilih alasan yang logis untuk pengembalian dan sertakan detail seperti foto barang ataupun video 
  • Masukkan alamat email yang digunakan
  • Klik opsi kirim pengajuan tersebut
  • Tunggu tanggapan dari seller terkait pengajuan pengembalian dana tersebut
  • Jika pengajuan pengembalian dana disetujui, maka kirimkan ulang barang pesanan Anda ke alamat seller yang tertera
  • Upload resi pengiriman ke sistem Shopee untuk kemudahan pelacakan
  • Apabila barang nantinya sudah diterima dan dicek ulang, maka proses pengembalian dana akan diproses 
  • Dana yang diajukan akan dikembalikan ke rekening Shopeepay yang ada pada akun Shopee Anda
  • Selesai 

Sekilas, proses pengajuan pengembalian dana ketika barang sudah sampai di tujuan mirip dengan poin sebelumnya. Hanya saja, dalam kondisi ini, Anda wajib melakukan pengiriman ulang barang tersebut ke pihak seller.

Juga, sebagai tambahan, opsi pengajuan pengembalian dana atau komplain setelah barang sampai ini hanya bisa dilakukan jika Anda belum melakukan konfirmasi penerimaan.

Apabila Anda sudah melakukan konfirmasi, maka klaim tidak bisa dilakukan. Oleh karenanya, cek terlebih dahulu kondisi barang sebelum melakukan konfirmasi penerimaan.

Nah, kedua poin di atas adalah cara pengajuan pengembalian dana Shopee untuk pesanan yang Anda lakukan. Dari proses pengajuan pengembalian tersebut, dana yang dikembalikan akan masuk terlebih dahulu di Shopeepay.

Tentu, dana tersebut bisa langsung digunakan untuk melakukan transaksi ulang. Namun, jika Anda ingin melakukan pencairan, Anda bisa mencairkan Shopeepay tersebut ke nomor rekening bank yang Anda gunakan.

Tips Pengajuan Pengembalian Dana Shopee

Tips Pengajuan Pengembalian Dana Shopee
credit: Istock

Meskipun secara sistem pengajuan pengembalian dana Shopee bisa dilakukan dengan mudah, namun terkadang kenyataan di lapangan tidak selalu demikian. Pasalnya, dalam proses ini, Anda tidak hanya terhubung pada sistem Shopee saja, melainkan juga pihak seller.

Oleh karenanya, ada beberapa tips terkait proses pengajuan pengembalian dana, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan informasi produk yang diberikan seller

Terkait pengajuan pengembalian dana dan pembatalan pesanan, cek terlebih dahulu informasi produk yang diberikan oleh seller. Dalam hal ini, ada seller yang memberikan tambahan informasi bahwa mereka tidak menerima pembatalan pesanan ataupun pengembalian dana.

Nah, dengan adanya keterangan tersebut, maka proses pengajuan pengembalian dana atau pembatalan pesanan biasanya akan ditolak. Oleh karenanya, Anda perlu cermat.

2. Memberikan alasan yang rasional dan objektif

Saat ingin melakukan proses pengembalian dana Shopee, Anda akan diminta memberikan alasan pengembalian. Dalam hal ini, berikan alasan yang rasional dan juga objektif.

Hindari memberikan alasan yang terkesan mengada-ada karena nantinya pihak seller kemungkinan akan menolak pembatalan tersebut.

3. Berkomunikasi dengan seller dengan baik

Terutama perihal komplain setelah barang sampai, Anda akan dihubungkan sistem Shopee ke seller untuk melakukan perundingan. Dalam hal ini, lakukan komunikasi yang baik dengan seller dan hindari saling menghujat atau merendahkan.

Dengan komunikasi yang baik, tentu proses pengembalian dana nantinya bisa disetujui dan diproses dengan lebih cepat.

4. Perhatikan perasaan seller

agar dana pembelian di shopee bisa kembali
credit: The Job Network

Meskipun subjektif, alasan ini benar adanya. Ada kalanya Anda harus memperhatikan perasaan seller ketika Anda melakukan pembatalan pesanan, terutama ketika barang sudah sampai. Jangan sampai kesalahan yang Anda lakukan memberikan kerugian pada seller.

Demikian beberapa ulasan penting terkait cara pengajuan dana Shopee dan tips penting yang perlu Anda ketahui.

Pada dasarnya, pengembalian dana dalam layanan Shopee bisa dilakukan dengan mudah. Namun, tentu, Anda juga harus bijak ketika hendak menggunakannya. Semoga membantu. 

Leave a Comment