google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Cara Mengetik dengan Suara Menggunakan Google Docs. Gampang !!!

Kemajuan teknologi membuat segalanya terasa begitu mudah terutama dalam segi efisiensi pekerjaan. Mungkin banyak yang belum mengetahui, bahwa untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam bentuk dokumen, Anda bisa mencoba mengetik dengan suara menggunakan Google Docs.

Google Docs sendiri merupakan aplikasi pengolah teks yang dibekali dengan banyak fitur. Salah satunya adalah voice typing. Pada fitur ini pada dasarnya berbasis pada teknik voice recognition. Teknologi ini merupakan teknologi yang memungkinkan seseorang bisa mengetik hanya dengan lisan.

Dengan demikian ketika Anda memakai fitur voice typing, pengguna Google Docs dapat mengetik hanya dengan melafalkan teks dalam ujaran lisan. Berikut cara mengetik dengan suara baik ketika menggunakan laptop maupun ponsel yang bisa Anda praktekkan.

Cara Mengetik dengan Suara di Laptop Atau PC

cara mengetik dengan suara di laptop
Credit: Shutterstock

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan hanya dengan berbicara, salah satunya yaitu di PC atau laptop. Berikut ini beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin mengetik dengan suara menggunakan laptop, diantaranya:

1. Buka Google Docs

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka situs Google Docs dan login menggunakan akun Google yang aktif. Setelah itu Anda bisa membuat dokumen baru atau membuka dokumen yang sebelumnya pernah dibuat.

Untuk dokumen yang sebelumnya sudah ada, Anda juga bisa mengunggahnya untuk dilanjutkan pengetikan. Caranya klik ikon folder, kemudian pilih upload, selanjutnya pilih Select a file from your device, dan tambahkan file word yang ingin diedit.

2. Klik Menu Tools

Apabila lembar kerja baru atau dokumen yang dimaksud sudah terbuka, silahkan klik menu Tools lalu pilih Voice Typing. Untuk mempersingkat Anda juga bisa menggunakan shortcut Ctrl+Shift+S.

tools ini berguna untuk mengaktifkan suara pada Google Docs agar ketika mengucapkan kata, bisa diubah menjadi teks. Nanti akan muncul ikon mikrofon di sebelah kiri jendela dokumen.

3. Klik Tombol Bahasa

Cara mengetik dengan suara selanjutnya adalah klik tombol bahasa di atas ikon mikrofon. Pastikan Anda telah mengubah ke bahasa yang ingin digunakan. Jika Anda ingin mengetik menggunakan bahasa Indonesia, maka Anda bisa memilih Bahasa Indonesia.

Setelah itu klik area dokumen untuk menentukan tempat pengetikan, lalu klik ikon mikrofon. Dengan begitu, maka akan mulai mengetik dokumen word menggunakan suara.

4. Klik Allow

Apabila muncul pop-up perizinan, maka Anda dapat klik Allow. Setelah itu mulailah mengetik dengan suara apabila mikrofon sudah berwarna merah. Warna merah menandakan bahwa mikrofon sudah bisa digunakan untuk mengetik.

5. Ucapkan Setiap Kata Dengan Jelas

Setiap kata yang diucapkan dan diterima oleh mikrofon kemudian akan diketikkan pada halaman dokumen tersebut. Pastikan bahwa Anda mengucapkan setiap kata dengan jelas untuk menghindari kesalahan pengetikan.

Untuk tanda baca bisa Anda ucapkan sesuai dengan namanya. Namun untuk menggunakan enter, heading, maupun yang lainnya harus dilakukan secara manual.

6. Pindahkan Dokumen

Apabila Anda ingin berhenti mengetik menggunakan suara, Anda bisa klik ikon mikrofon yang berwarna merah tersebut. Setelah pindahkan semua isi dokumen tersebut ke Microsoft Word.

Anda juga bisa mendownload file dokumen dengan format Microsoft Word. Caranya adalah klik menu File, kemudian arahkan kursor ke Download, dan pilih Microsoft Word.

Cara Mengetik di Ponsel Android

cara mengetik menggunakan suara di HP Android
credit: Youtube

Selain mengetik suara di laptop atau PC, Anda juga dapat melakukannya di android. Sebelum menggunakannya, Anda harus memastikan android Anda sudah menggunakan Google Keyboard. Berikut cara mengetik dengan suara di Android, antara lain:

1. Buka Google Docs

Langkah pertama adalah Anda harus membuka Google Docs atau aplikasi lain untuk mengetik seperti Gmail atau Keep. Anda bisa Tap pada area dimana Anda ingin menginput teks.

Apabila Anda belum memilikinya tentu Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Setelah itu login menggunakan akun Gmail yang sebelumnya sudah terdaftar. Jika belum punya, Anda juga bisa membuatnya terlebih dahulu.

2. Sentuh Ikon Mikrofon

Apabila Google Docs sudah terbuka, Anda bisa sentuh lama ikon mikrofon di bagian atas keyboard atau di posisi lainnya tergantung pada setelan keyboard. Setelah itu mulailah berbicara saat melihat teks “Ucapkan sekarang”.

Anda bisa mengetikkan kata apapun dan mikrofon akan merekam kemudian mengubahnya menjadi teks.

3. Mulai Mengetik Ketika Melihat Teks Ucapkan Sekarang

Apabila Anda ingin mengganti kata, Anda bisa menekan lama pada kata tersebut dan ketuk ikon mikrofon. Kemudian ucapkan kata yang benar saat melihat teks “Ucapkan sekarang”. Apabila ingin menambahkan tanda baca, tinggal sebutkan namanya saja di akhir kata atau kalimat.

Ucapkan kata dengan jelas agar mikrofon bisa merekam dengan baik. Hal ini tentu berkaitan dengan kata yang akan diubah menjadi teks. Dengan pengucapan yang jelas maka akan mengurangi kesalahan pengetikan atau typo.

Keunggulan Mengetik dengan Suara

cara membuat tulisan dengan suara di HP
credit: MSN

Setelah mengetahui cara mengetik dengan suara, Anda juga perlu tahu keunggulan yang akan Anda dapatkan. Berikut ini beberapa keunggulan apabila Anda mengetik menggunakan suara, antara lain:

1. Praktis

Salah satu keunggulan mengetik dengan suara adalah praktis. Anda tidak perlu ribet mengetik huruf demi huruf. Teknologi ini disebut praktis dan sangat membantu apalagi bagi lansia atau orang yang memiliki kemampuan yang lambat dalam mengetik.

2. Hemat Waktu

Selain praktis, mengetik dengan suara juga dianggap lebih hemat waktu. Bagaimana tidak, untuk merangkai sebuah kata dengan suara akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan mengetik menggunakan keyboard. Pekerjaan akan lebih cepat selesai dan memberikan waktu istirahat yang lebih longgar.

3. Tidak Capek

Mengetik apalagi dengan jumlah kata yang tidak sedikit tidak jarang menimbulkan rasa pegal setelahnya. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda tidak perlu capek mengetik satu per satu huruf. Anda hanya perlu menggunakan suara untuk merangkai kata di lembar kerjamu.

4. Meminimalisir Kesalahan Penulisan

Kita sering menemukan kesalahan dalam penulisan atau biasa disebut typo. Dengan menggunakan suara untuk mengetik, akan mengurangi resiko tersebut asalkan setiap kata diucapkan dengan jelas. Dengan begitu Anda tidak perlu mengulang-ulang kata yang sama karena kesalahan menulis.

Tips Mengetik Dengan Suara di Google Docs

cara mengetik dengan suara di google docs
credit: Autobild

Namanya aplikasi pasti tidak ada yang sempurna, termasuk Google Docs. Meskipun memudahkan namun fitur voice typing juga kerap kali membuat frustasi karena ketidakakuratannya.

Tips yang pertama yaitu jangan bicara terlalu cepat jika ingin kata yang Anda ucapkan terekam dengan akurat dan menjadi teks yang sesuai. Selain itu Anda juga harus melafalkan setiap kata dengan jelas. Seberapa jelas Anda bicara akan terlihat di voice typing.

Baca Juga: Cara Mengirim Apk Lewat WA

Jangan lupa juga untuk mengoreksi kembali tulisan yang sudah Anda buat. Meskipun canggih, namun Anda juga perlu mencocokkan apalagi jika tulisan yang Anda buat akan Anda publikasikan.

Nah itulah cara mengetik dengan suara menggunakan Google Docs di laptop dan Android. Seperti yang sudah disebutkan di atas, meskipun canggih dan memiliki keunggulan, namun Anda juga perlu teliti lagi tulisan yang Anda buat. Apalagi jika masih terdapat banyak kesalahan baik dari segi tulisan maupun tanda baca.

Leave a Comment