google-site-verification=2lQo_MNaHSYDT-o0xTggvvUjHLfYphR3YiLy2y_BEt0

Belajar Excel Ternyata Mudah ! Begini Cara Agar Kamu Cepat Paham

Belajar Excel – Bagi pengguna Microsoft Office, belajar Excel adalah satu langkah yang bisa dilakukan, selain belajar untuk aplikasi Word. Jika Word identik dengan ketikan dan tulisan, maka Excel akan lebih banyak dimanfaatkan untuk hitungan dan laporan yang membutuhkan data yang sistematis dan akurat.

Belajar Excel Mudah

cara belajar excel mudah
credit: Youtube

Secara umum, Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang cukup efektif untuk meringankan pekerjaan yang terkait dengan aturan, urutan, sistem, dan hal teknis lainnya. Meski seorang pemula, kamu harus tahu beberapa poin penting yang ada di dalamnya. Apa saja?

1. Baris dan Kolom Excel

Garis yang tertera dari kiri ke kanan layar atau sebaliknya disebut baris. Pada baris Excel diwakili dengan angka yang berurutan dari angka satu hingga seterusnya. Sedangkan garis yang terletak dari atas ke bawah atau sebaliknya disebut dengan kolom. Kolom diwakilkan dengan huruf A sampai seterusnya.

2. Sel Excel

Ketika Anda mengklik ruang kosong yang ada dalam tab Excel, maka ruang itu dinamakan dengan Sel. Sel dalam Excel diwakili dalam bentuk baris dan kolom. Jika Anda berada pada tab B12, artinya sel tersebut berada pada kolom B, di baris 12.

Cara Belajar Excel Cepat

cara cepat belajar excel lengkap
credit: youtube

Upaya dan langkah belajar Excel dengan cepat dengan memaksimalkan beberapa rumus di atas bisa menjadi solusi untuk pekerjaan yang lebih mudah. Anda hanya harus terlatih dan terbiasa untuk menggunakannya. Jam terbang yang tinggi akan membuat Anda lebih hafal untuk menentukan jenis data yang dibutuhkan.

  1. Hafalkan rumus dasar yang paling umum digunakan
  2. Praktik dan evaluasi pada beberapa materi yang belum dipahami
  3. Membuka video Youtube dan tutorial sejenis untuk lebih memudahkan
  4. Tidak mudah menyerah jika ada hasil yang belum maksimal

Rumus Excel Lengkap

cara cepat paham excel
credit: Windowsku

Untuk lebih mudah dioperasikan, maka belajar Excel bisa dimulai dengan mengerti rumus dasarnya. Berikut ini terdapat beberapa rumus yang paling umum digunakan dalam Excel yang harus Anda kuasai.

1. Rumus Belajar Excel SUM

SUM merupakan rumus penjumlahan paling dasar dalam Microsoft Excel. Jika Anda ingin menjumlahkan angka dari B2 sampai B10, maka rumus yang bisa dipakai adalah =SUM(B2:B10) kemudian klik enter pada keyboard Anda. Maka penjumlahan akan berlaku otomatis, sekalipun Anda mengubah angka di dalamnya.

2. COUNT

Rumus pada COUNT akan berfungsi sebagai penghitung jumlah Sel yang berisi angka. Jika Anda ingin mengetahui data angka dari Sel C1 sampai H1, maka hitung dengan rumus =COUNT(C1:H1) kemudian klik enter. Ternyata hasilnya adalah angka 6, berarti jumlah Sel yang berisi angka hanya ada dalam 4 tab saja.

3. COUNTA

Belajar Excel untuk rumus COUNT tak akan lepas dengan rumus COUNTA. Perbedaannya keduanya yakni COUNTA akan menghitung jumlah sel yang berisi segala data yang memiliki tulisan atau huruf, bahkan angka. Sehingga, COUNTA akan lebih global.

Jika Anda ingin mengetahui COUNTA dari A1 sampai E1 terdapat jawaban 3, maka artinya hanya 3 tab yang berisi tulisan, angka, atau huruf. Hitunglah dengan mengetik rumus =COUNTA(A1:E1).

Baca juga: Cara Ganti Wallpaper Laptop Keren

4. Rumus Belajar Excel AVERAGE

Average berfungsi untuk melakukan perhitungan rata-rata angka pada range dalam Sel tertentu. Jika Anda ingin menghitung sebuah rata-rata nilai mata kuliah tertentu dari Sel A1 sampai A10, maka gunakanlah rumus berikut: =AVERAGE(A1:A10). Klik Enter, maka hasil akan keluar dengan sendirinya.

5. MAX dan MIN

Max dan Min merupakan kependekan dari Maximum dan Minimum. Rumus satu ini digunakan untuk mencari nilai angka terendah atau angkat tertinggi dalam satu deret data yang akan diolah. Jika Anda ingin mencari nilai tertinggi siswa yang terdata dalam Sel B3 sampai B15, maka gunakan rumus berikut: =MAX(B3:B15). Jika ingin mencari nilai terendah dalam data Sel tersebut, maka gunakan rumus =MAX(B3:B15).

6. TRIM

Proses belajar Excel memang cukup mudah. Hanya saja, Anda harus menghafal beberapa rumus dasar di dalamnya, termasuk untuk Trim. Fungsi utama dari Trim yakni bisa mengatasi kesalahan kalkulasi karena ada spasi berlebih atau kesalahan teknis lainnya.

Kelemahan rumus ini, Anda hanya bisa mengaplikasikannya pada satu Sel saja. Contohnya untuk analisis kesalahan pada B3, maka rumusnya adalah =TRIM(B3). Perlu dipahami bahwa semua rumus yang tertera tidak menggunakan spasi di dalamnya.

7. AND

Kehadiran rumus AND adalah untuk membentuk fungsi logika. Anda bisa mencari tahu jawaban benar dan salah terhadap sebuah sel dengan rumus berikut: =AND(B1>50;A1<100). Angka di dalam kurung bisa disesuaikan dengan Sel yang ingin diketahui hasilnya. Jika jawabannya adalah TRUE, artinya Sel tersebut memiliki angka kriteria yang dibutuhkan. Begitu pula sebaliknya.

8. OR

Ketika belajar Excel tentang AND, maka Anda juga harus belajar tentang OR. Fungsi keduanya hampir sama, untuk menentukan TRUE atau FALSE, hanya saja OR bisa mencari data dengan salah satu kriteria saja dengan rumus =OR(A1<50;A1>100). Hasil akan FALSE jika angka tidak memenuhi kriteria, begitu pula sebaliknya.

9. NOT

Rumus satu ini adalah kebalikan dari rumus AND dan OR. Anda bisa mengaplikasikannya pada satu Sel dengan rumus =NOT(B1>100). Jika hasilnya TRUE, maka angka tersebut tidak memenuhi kriteria B1>100, jika hasilnya FALSE, maka angka tersebut memenuhi kriteria yang diharapkan.

10. AREAS

Anda dapat menghitung jumlah area yang diseleksi dengan rumus AREAS. Gunakan rumus =AREAS(A1:C6) maka akan terhitung 1 karena Anda hanya menyeleksi satu sel range saja. Angka dalam kolom tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan data yang diinginkan.

11. LEN

Rumus LEN digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang terdapat dalam satu Sel Excel. Penghitungannya tak hanya berupa kata, tetapi mencakup tanda baca, hingga titik dan koma. Rumusnya adalah =LEN(A1). Kolom dan angka bisa disesuaikan tergantung dengan kebutuhan data yang diinginkan.

13. Rumus Belajar Excel ROUND

Rumus Round difungsikan untuk membulatkan angka dalam bentuk desimal. Rumusnya adalah =ROUND((12:3456789,2)

14. Rumus CHOOSE

Rumus satu ini digunakan untuk menampilkan hasil nomor index yang berisi data, numeric, formula, dan nama range. Rumusnya adalah =CHOOSE(A1;B2:B6) maka hasil akan menunjukkan referensi teratas sesuai dengan nomor index yang diberikan.

15. Rumus LOWER dan UPPER

Fungsi rumus LOWER adalah untuk mengubah teks yang tak beraturan huruf besar dan kecilnya menjadi huruf kecil secara keseluruhan. Contoh untuk mengganti kalimat “BUaNG SAMpAH PAdA TempaTNYA” yang ingin diganti, maka rumusnya adalah =LOWER(“BUaNG SAMpAH PAdA TempaTNYA”) ketika Enter ditekan, maka hasilnya akan membuat kalimat tersebut menjadi kalimat dengan huruf kecil semuanya.

Selain rumus LOWER, dalam Microsoft Excel juga terdapat rumus UPPER yang fungsinya mengubah huruf atau kata yang memiliki huruf kecil menjadi huruf besar semuanya. Rumusnya adalah =UPPER(“ini adalah cara mudah memblokir nomor”) ketika klik Enter maka hasilnya akan membuat kalimat tersebut menjadi huruf kapital seluruhnya.

16. Rumus PROPER

Selain rumus Lower dan Upper, Anda juga bisa membuat data dengan rumus Proper. Rumus ini akan membantu Anda mengubah kata menjadi huruf kapital pada tiap awalnya. Misalkan untuk kalimat “sedia air bersih di sini” maka dengan rumus =PROPER(“sedia air bersih di sini”) akan terdapat hasil berikut ini: Sedia Air Bersih Di Sini.

Belajar Excel Untuk Administrasi Perkantoran

belajar excel untuk kantor
credit: Zhuanlah

Berikut ini terdapat beberapa rumus dasar untuk admin perkantoran yang bisa Anda manfaatkan.

  1. Rumus SUMIF dan SUMIFS

Rumus satu ini berbeda dengan rumus SUM pada umumnya. Rumus ini digunakan untuk menjumlahkan deret angka dengan Sel-Sel lainnya yang merujuk pada beda kolom dan angka, sehingga bisa digabungkan menjadi satu. Terdapat tiga argumen berupa range, criteria, dan syarat untuk melakukan penjumlahan, maka rumus SUMIF bisa digunakan untuk menjumlahkan mutasi barang dalam data Sel yang akan dicari jumlahnya.

SUMIFS juga berfungsi sama, hanya rumus ini lebih efektif digunakan untuk menjumlahkan data lebih dari satu tanggal mutasi. Misalkan Anda ingin mengecek data pemasukan pada tanggal 1-3 di bulan Maret, maka rumus SUMIFS bisa difungsikan.

  1. Rumus IFERROR dan INDEX

Untuk admin keuangan, Anda akan lebih banyak berurusan dengan angka. Untuk memudahkannya, gunakanlah rumus IFERROR dan INDEX. Rumus dalam Index digunakan untuk mencari hasil suatu data dalam range, tabel atau sel tertentu di dalam Excel. Misalkan untuk mencari laporan keuangan yang memiliki cabang di beberapa kota, maka Anda bisa menggunakan rumus index agar lebih cepat.

Jika belajar Excel untuk index, maka lebih baik lagi bila dibarengi dengan rumus IFERROR. Rumus satu ini digunakan untuk menghasilkan nilai error. Penggunaan hampir sama dengan rumus IF, sehingga bisa dimaksimalkan untuk nota penjualan barang, kredit, debet barang, hingga gaji karyawan.

  1. Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP

Rumus Excel VLOOKUP dan HLOOKUP  menjadi salah satu rumus yang paling sering digunakan. Biasanya berfungsi untuk melihat data secara horizontal dan vertikal. LookUp untuk mencocokkan data teks dan numerik, sedangkan HlookUp untuk mencocokkan data numerik saja.

  1.  Rumus Dasar IF

Rumus IF menjadi salah satu rumus yang paling sering digunakan dan cukup familiar untuk digunakan. Biasanya, rumus ini bisa difungsikan untuk melakukan uji logika sederhana dalam sebuah data. Tujuannya untuk melakukan validasi pada logika fungsi dalam menghasilkan TRUE atau FALSE. Rumusnya adalah =IF(A1> 70,”Lulus”,”Gagal”) jika Anda ingin tahu logika untuk mendapatkan hasil lulus di atas angka 70.

Selanjutnya, belajar Excel untuk rumus IF ini bisa memiliki reaksi yang berbeda tergantung pada hasil TRUE atau FALSE. Dengan contoh sebelumnya Anda bisa mendapatkan hasil LULUS dan GAGAL berdasarkan validasi yang diberikan.

Video Belajar Excel

Untuk menunjang pembelajaran, Anda pun bisa mengakses beragam video pembelajaran Excel. Hal ini bisa dilakukan untuk mempermudah pemahaman Anda untuk mengoperasikan Excel dengan lebih baik. Ada banyak tutorial di kanal Youtube yang bisa dilihat dan dipelajari. Dengan demikian, Anda juga akan semakin mengerti dengan rumus dasar yang harus dikuasai.

Upaya belajar Excel akan semakin lengkap dan mudah saat kamu menguasai teknik dasarnya. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan panduan di atas untuk lebih mudah memahaminya. Sama seperti mengayuh sepeda, kamu akan semakin terampil saat terbiasa melakukannya, termasuk dalam mengaplikasikan excel.

Leave a Comment