Jadwal FYP Tiktok Hari Ini & Cara agar Konten Kamu Masuk FYP

Teknik dan jadwal FYP Tiktok hari ini menjadi salah satu informasi yang penting untuk konten kreator. Bagi Anda yang sudah kerap mengunggah video di Tiktok, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah FYP.

FYP adalah singkatan dari For You Page yang menjadi istilah dalam Tiktok untuk mendeskripsikan sebuah kontan yang ditampilkan dalam beranda utama dari para pengguna media sosial satu ini.

Tayangan FYP Tiktok

jadwal fyp hari ini
credit: Netgeek

Adapun jenis tayangan yang bisa mendapatkan FYP di Tiktok adalah konten yang viral dan bisa mendongkrak algoritma yang dijalankan Tiktok. Semakin banyak penonton yang melihatnya, maka algoritma Tiktok akan mengidentifikasi kontenmu sebagai salah satu aset yang bisa dinaikkan. Sehingga hal ini membuat kontenmu akan masuk FYP untuk semakin menaikkan views dan like.

Jadwal FYP Tiktok Berdasarkan Hari

Jadwal FYP TikTok setiap harinya
credit: Bergaya ID

Jika diperhatikan, ada beberapa sistem algoritma untuk menentukan FYP di Tiktok. Algoritma tersebut bisa dipetakan dalam beberapa hari yang sesuai. Tentu saja hal ini disesuaikan dengan waktu-waktu terbaik dalam setiap hari ketika para pengguna lebih sering membuka aplikasi Tiktok. Berikut penjabaran lengkapnya.

1. Peluang FYP pada Hari Senin

Senin merupakan awal pekan yang sungguh akan berdampak pada beberapa hari setelahnya. Jadwal FYP Tiktok hari ini adalah pada pagi hari, ketika semua aktivitas baru saja dimulai, antara pukul 05.00 sampai pukul 07.00 pagi.

Pada waktu siang hari, disarankan mengunggah konten antara pukul 12.00-13.00 karena waktu ini biasanya dipakai untuk istirahat dan makan siang. Jika ingin meng-upload video pada malam hari, Anda bisa posting konten antara pukul 19.00 hingga pukul 21.00. Waktu tersebut biasanya banyak digunakan pengguna Tiktok yang akan beristirahat mencari hiburan.

2. Rekomendasi FYP Tiktok pada Hari Selasa

Pada hari Selasa, produktivitas para pengguna TikTok masih cukup padat seperti hari sebelumnya. Upload video pada siang hari masih jadi rekomendasi yang paling banyak digunakan pengguna untuk mengakses Tiktok sembari menemani makan siang. Unggah video Anda pada kisaran waktu jam 12.00 sampai 13.00 untuk bisa masuk FYP Tiktok.

Pada malam hari, gunakan waktu istirahat malam untuk mengunggah video, yakni antara pukul 19.00 sampai 21.00 malam. Manfaatkan ruang santai pengguna TikTok untuk membuat jadwal FYP Tiktok hari ini.

3. Algoritma untuk FYP Tiktok pada Hari Rabu

Hari Rabu menjadi pertengahan minggu yang padat, tetapi juga santai. Ada banyak waktu senggang yang bisa dilakukan para pekerja di hari Rabu. Tak heran jika penghiburan di Tiktok bisa menjadi alternatif. Meski demikian, Anda juga harus menyesuaikan waktu yang tepat untuk mengunggah video yang disiapkan.

Ada baiknya mengunggah konten pada jam 11 siang sampai jam 12 siang. Pada sore hari antara pukul 15.00, berpeluang untuk mendapatkan pemirsa lebih banyak. Selanjutnya pada malam hari antara pukul 19.00 sampai 20.00 juga cukup baik dijadikan waktu untuk upload video terbaru Anda.

4. Rekomendasi FYP pada Hari Kamis

Kamis adalah pertengahan minggu, sehingga banyak orang yang merasa agak santai pada hari ini. Anda bisa maksimalkan konten pada jam istirahat siang antara pukul 12.00 sampai 13.00.

Jadwal FYP Tiktok hari ini bisa Anda sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Bila tak memungkinkan untuk mengunggah di siang hari, gunakan waktu sore antara pukul 16.00 sampai 17.00 untuk memberikan konten yang baru untuk followers Anda di Tiktok.

Selain jam siang dan jam sore, Anda juga bisa mengunggah pada malam hari pada ka, prime time, antara pukul 19.00 sampai 22.00. Umumnya banyak pengguna Tiktok yang menghabiskan waktu online pada jam tersebut pada hari Kamis.

5. Algoritma Jadwal FYP Tiktok pada Hari Jumat

Umumnya, Jumat menjadi salah satu hari menjelang akhir pekan yang paling disukai para pekerja kantoran. Bagi mereka yang bekerja lima hari, Jumat adalah ujung minggu yang sangat dinantikan. Di antara waktu terbaik untuk mengunggah konten Tiktok pada hari Jumat yakni antara pukul 11.00 dan pukul 13.00.

Pada pukul 12.00 justru tak banyak yang melakukan aktivitas online, sehingga hindari mengunggah konten pada waktu tersebut. Selanjutnya, jadwal FYP Tiktok hari ini juga bisa dilakukan pada sore hari berkisar pukul 15.00 sampai pukul 16.00, dilanjutkan pada malam hari antara jam 19.00 sampai jam 22.00.

6. Jam Rekomendasi Posting di Hari Sabtu

Sabtu menjadi weekend hari pertama yang akan banyak digunakan para pekerja untuk beristirahat. Anda bisa memulai mengisi konten sejak pukul 09.00 pagi. Jika tak sempat, Anda tunggu sampai jam 12.00 di siang hari, karena waktu ini banyak digunakan untuk berselancar di media sosial.

Jam 16.00 juga menjadi waktu yang tepat untuk mengisi konten Tiktok sebelum Anda bepergian untuk malam mingguan. Sebaiknya, tak mengunggah konten pada malam hari, karena sebagian orang berencana menghabiskan waktu untuk keluar rumah.

Di masa pandemi, rupanya algoritma ini berubah. Jadwal FYP Tiktok hari ini bisa berpeluang jika Anda mengunggah konten kapan saja, termasuk pada malam hari.

7. Jadwal FYP Tiktok Hari Ini – Peluang FYP pada Hari Minggu

Minggu adalah akhir pekan yang sesungguhnya. Tak mengherankan bila kebanyakan orang akan mendedikasikan hari ini untuk lebih banyak di rumah, bermedia sosial. Tiktok menjadi salah satu alternatif bagi mata untuk mengurangi penat. Anda bisa memulai untuk unggah konten sejak pukul 07.00 hingga 20.00 malam.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil uang Terbaik

Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk meng-upload beberapa video dalam jeda beberapa jam. Setelah jam 20.00 tidak terlalu disarankan karena banyak orang akan memilih beristirahat cepat untuk memulai hari pada awal minggu di hari Senin.

Peluang FYP Berdasarkan Algoritma dan Hobi

algoritma tiktok
credit: Markey

Selain mengetahui jadwal FYP Tiktok hari ini dengan sistem mingguan dan harian, Anda juga bisa meningkatkan peluang FYP menggunakan algoritma dan selera penonton. Bagaimana caranya?

1. Mengetahui usia dan lokasi penonton

Konten Anda harus menyasar pada orang-orang yang tepat agar performanya semakin baik. Misalkan konten digital, maka sasaran yang akan menerimanya adalah para generasi milenial yang membutuhkan akses digital lebih mendalam.

2. Fokus pada Konten yang Ciamik

Ketika pasar sudah mengetahui target tontonan yang diinginkan, maka Anda hanya perlu memoles konten dengan fokus menyajikan isi yang menarik. Gunakan pembahasan viral yang akan mempermudah konten Anda lebih cepat masuk di FYP pengguna.

Hal-Hal yang Mempengaruhi FYP

cara mengetahui FYP  Tiktok
crdit: Fixing Port

Selain paham tentang konten, jadwal FYP Tiktok hari ini, dan pasar penontonnya, Anda juga harus mengerti tentang hal-hal yang mempengaruhi video FYP. Apa saja ya?

1. Tren atau Konten Viral

Tiktok adalah media sosial yang menerapkan “musim” dalam setiap periode tertentu. Hal ini akan membuat konten Tiktok bisa mendapatkan kemudahan FYP ketika Anda juga mengikuti tren yang sedang berkembang. Misalkan sedang ada challenge dance dengan menggunakan musik tertentu, maka manfaatkanlah hal ini sebagai bagian dari usaha mendapatkan FYP pada konten Anda.

2. Caption

Meski jadwal FYP Tiktok hari ini sudah memiliki pakemnya, keberadaan caption pada konten juga akan semakin menaikkan peluang konten semakin banyak dilihat. Berikan caption yang relevan dengan konten Anda, sehingga penonton akan langsung tertuju pada inti video yang disajikan.

3. Konten yang Spesial

Meski Anda terinspirasi dari beberapa konten, tetapi pastikan konten Anda memiliki sisi spesial yang berbeda. Menyajikan dengan sudut pandang baru yang tak sama akan membuat penonton lebih terhibur dan bisa mengambil intisari tema konten yang diunggah. Anda bisa memanfaatkan beragam fitur unggulan yang sudah disediakan Tiktok.

4. Hastag

Sebagaimana fungsinya untuk beberapa media sosial lainnya, hastag ini akan membuat para penonton lebih mudah mencari konten Anda pada laman pencarian. Oleh karena itu, gunakan hastag yang relevan, agar peluang video Anda untuk mendapatkan FYP semakin besar. Masukkan pula hastag #fyp untuk meningkatkan peluangnya.

5. Memanfaatkan waktu santai penonton

Sebagai konten kreator, Anda harus mengetahui jadwal FYP Tiktok hari ini dan memanfaatkan waktu luang penggunanya. Hal ini akan menjadi duo kombo yang memperbesar peluang lebih banyak view.

Strategi Masuk sebagai Konten FYP di TikTok

cara agar konten tiktok menarik & masuk fyp
credit: Aku tahu com

Lakukan beberapa langkah di bawah ini agar konten Anda semakin berpeluang untuk menjadi video FYP di Tiktok.

1. Unggah video dengan kualitas yang baik

Video yang berkualitas baik akan memancing penonton untuk tetap stay menyaksikan konten yang dipersembahkan. Jika kualitas video tidak menyesuaikan standar yang baik, maka penonton pun akan malas memperhatikan hingga video selesai

2. Memanfaatkan Fitur Terbaik dalam Tiktok.

Dalam aplikasi ini, terdapat beberapa fitur unggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik video.

  1. Tambahkan musik yang sedang tren di TikTok
  2. Gunakan filter sticker dan efek video

Di dalamnya ada beberapa kategori efek yang bisa Anda coba, seperti efek sticker, efek transition, efek split, hingga timer.

3. Auto caption

Fitur ini merupakan pembaruan yang diberikan Tiktok untuk para konten kreator. Dengan auto caption, memungkinkan Anda untuk menyertakan terjemahan yang dibuat secara otomatis.

4. Fitur menghapus komen dan memblokir pengguna secara massal

Keberadaan fitur satu ini memiliki peran penting untuk menghapus komentar jahat yang mungkin masuk dalam konten video Anda.

5. Berinteraksi dengan pengguna lain

Interaksi dengan sesama konten kreator akan membuat performa akun Anda semakin meningkat. Tak hanya muluk-muluk menginginkan like, share, dan komentar, Anda harus melakukan hal yang sama kepada pengguna Tiktok lainnya. Hal ini akan memberikan keuntungan pada akun Anda yang dinilai sebagai akun asli, bukan robot.

6. Melakukan Kolaborasi

Kolaborasi bisa dilakukan dengan menggandeng kawan Tiktokers lainnya untuk bisa mengisi konten video Anda. Jika teman Anda lebih banyak masuk FYP, maka cara ini akan memperbesar peluang video Anda juga turut kena imbas menjadi FYP.

7. Lakukan Live Tiktok lebih sering

Salah satu fitur dalam Tiktok yang bisa dimanfaatkan untuk memancing FYP yakni dengan melakukan Live lebih intens. Hal ini guna memancing engagement dengan followers Anda.  Semakin sering Anda muncul di FYP, maka popularitas juga akan semakin baik, branding pun akan semakin mudah dilakukan.

Ketika Anda mencermati pola dan jadwal FYP Tiktok hari ini, kemudian meramunya untuk dapatkan tombol viral, maka konten Anda akan banyak dilihat viewers. Hal ini tentu akan berdampak baik untuk engagement konten Anda, bahkan berpotensi untuk viral.

Leave a Comment