Apa Itu Grammar ? Belajar Memahami Bahasa Inggris Paling Mudah

Apa Itu Grammar – Anda tentu sudah pernah mendengar istilah grammar ketika belajar bahasa Inggris, bukan? Nah, selain vocabulary, grammar adalah salah satu bagian paling penting yang harus dipelajari ketika Anda hendak belajar bahasa Inggris.

Secara singkat, grammar adalah tata cara penulisan kalimat bahasa Inggris yang benar. Dengan memahami grammar dengan baik, tentu saja Anda nantinya bisa membuat kalimat berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Tentu, dengan demikian, permasalahan seperti grammatical error pun tidak akan terjadi dan kalimat yang Anda buat pun akan semakin mudah dipahami.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang seluk beluk mengenai grammar untuk belajar memahami bahasa Inggris dari dasar. Penasaran dengan pembahasan grammar yang lebih lengkap? Simak ulasan selengkapnya!

Pengertian Grammar

grammar adalah
credit: Tips Ponjong

Sebagaimana disinggung di awal, secara singkat, grammar bisa dikatakan sebagai aturan atau tata bahasa. Untuk membuat sebuah kalimat, minimal, seseorang harus menambahkan subjek, predikat dan objek.

Aturan dasar ini nantinya akan memberikan keutuhan pesan yang lebih mudah dipahami dan membuat kalimat yang lebih sempurna.

Tentu, dengan kalimat yang lebih jelas, maka makan dari kalimat dan tujuan penyampaian kalimat tersebut bisa dilakukan dengan lebih baik. Serta, penguasaan grammar menjadi salah satu tanda dari penguasaan sebuah bahasa.

Apakah Grammar Penting Untuk Dipelajari?

grammar adalah
credit: Novakid

Tidak dimungkiri memang bahwa perdebatan mengenai apakah penting untuk mempelajari grammar masih terjadi di luaran sana.

Pasalnya, dalam berbahasa Inggris, orang-orang native yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi harian mulai abai terkait grammar dan secara tidak langsung menganggap grammar tidak terlalu penting.

Contoh dari aplikasi grammar yang tidak terlalu penting tersebut ada pada lirik lagu barat yang saat ini ditulis serta cara mereka melakukan interaksi di kehidupan sehari-hari. Salah satu prinsip yang digunakan adalah grammar tidak terlalu penting asal pesan bisa dipahami.

Bahkan, ada anggapan jika seseorang yang berbicara dengan menjaga grammar cenderung dianggap kaku.

Lantas, apakah dengan demikian maka belajar grammar bukan merupakan hal yang penting untuk dilakukan? Tentu saja jawabannya adalah tidak.

Sebagai seorang non-native, belajar grammar bahasa Inggris adalah hal yang penting. Meskipun dalam konteks berbicara santai menggunakan bahasa Inggris grammar tersebut tidak terlalu diperhatikan, namun dalam acara formal, grammar adalah hal yang sangat penting.

Baca Juga: Situs Download Drama Korea Subtitle Indonesia

Pun demikian dengan penerapan bahasa Inggris dalam bentuk tulisan.

Selain itu, seperti hal yang sudah dibahas sebelumnya, pengetahuan pada grammar adalah salah satu bukti dari penguasaan bahasa. Oleh karenanya, dengan pemahaman yang baik pada grammar, Anda pun secara tidak langsung akan memiliki penguasaan yang lebih baik dari bahasa yang dipelajari.

Komponen Dasar Grammar yang Harus Dipahami

komponen grammar
credit: Research Gate

Grammar memiliki beberapa komponen dasar yang digunakan untuk membuat struktur kalimat yang baik dan lengkap. Oleh karenanya, untuk membuat susunan kalimat yang baik, maka Anda harus memahami beberapa komponen dasar grammar tersebut.

Ada beberapa komponen dasar grammar yang perlu dipahami dengan baik. Komponen dasar tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Etimologi

Etimologi merupakan ilmu yang digunakan untuk mempelajari cara guna menyusun beragam huruf bahasa Inggris yang tepat. Dalam poin ini, kata bahasa Inggris memiliki 8 kategori yang berbeda. Kedelapan kategori tersebut disebut dengan istilah the eight parts of speech.

Adapun delapan kategori tersebut adalah sebagai berikut:

  • noun
  • adjective
  • verb
  • pronoun
  • adverb
  • preposition
  • conjunction
  • interjection

Tentu, masing-masing kategori tersebut memiliki pembahasan yang berbeda dan lebih lengkap. Oleh karenanya, Anda perlu mempelajari secara lebih detail mengenai the eight parts of speech tersebut secara lebih dalam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

2. Sintaks

Sintaks adalah suatu ilmu yang diperlukan untuk mempelajari lebih lanjut terkait cara menyusun kata-kata dalam bahasa Inggris. Dengan mempelajari sintaks, maka Anda nantinya akan memiliki kemampuan untuk membuat kalimat yang lebih sesuai dan tepat.

Dalam pengertian yang lain, sintak merupakan bagian dari tata bahasa yang digunakan untuk mengenal proses pembentukan suatu kalimat. Dari pemahaman tersebut, sintaks adalah bagian dari grammar yang cukup esensial dan penting guna dipelajari.

3. Orthography

Orthography merupakan sebuah sistem ejaan dalam bahasa yang memiliki wujud tulisan ataupun lambang. Di dalam poin ini, terdapat kapitalisasi, tanda baca, beragam masalah ejaan, pemenggalan kata dan lainnya.

Dalam hal ini, orthography memiliki beberapa bahasan yang berbeda. Beberapa bahasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Word atau kata, yaitu rangkaian dari beberapa huruf yang membentuk sebuah arti. Misalnya, table atau meja, chair atau kursi dan lainnya
  • Letter atau huruf, yaitu lambang atau gambaran dari tanda goresan atau bunyi yang dilafalkan
  • Syllable atau suku kata, yaitu bagian dari suatu kata yang bisa secara langsung diucapkan. Contoh dari syllable atau suku kata ini diantaranya adalah clever, glass, book dan lainnya.

Beberapa hal di atas merupakan bagian mendasar dari grammar yang perlu dipahami dengan baik. Tentu, dengan pemahaman yang baik pada dasar grammar tersebut, nantinya mempelajari konsep grammar yang lebih luas akan cenderung lebih mudah.

Kamu Juga bisa belajar Grammar di Grammarly

Komponen Grammar

memahami komponen grammar
credit: Research Gate

Selain beberapa hal mendasar yang perlu diketahui dan dikenal dalam grammar, ada beberapa komponen grammar yang juga penting untuk dipahami dengan baik. Tentu, dengan pemahaman mendalam pada beberapa komponen grammar tersebut nantinya Anda bisa menerapkan aturan grammar dengan lebih baik dan lebih mudah.

Secara mendasar, beberapa komponen grammar yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Noun

Noun merupakan kata benda. Dalam hal ini, noun akan mewakili suatu benda baik benda hidup ataupun benda mati. Contoh dari noun diantaranya adalah girl, boy, television, ball, dan masih banyak lainnya. Nama orang, seperti Michael ataupun nama hewan dan tempat juga termasuk dalam kategori noun.

2. Pronoun

Pronoun dalam bahasa Indonesia disebut dengan kata ganti benda ataupun orang. Kata ganti ini meliputi kata ganti tunggal ataupun jamak. Ada beberapa jenis pronoun yang perlu diketahui di mana nantinya disesuaikan dengan detail kalimat yang akan dibuat.

Beberapa jenis pronoun yang dimaksud adalah subject pronoun, object pronoun, possessive adjective pronoun, possessive pronoun dan reflexive pronoun. Coba cari tabel yang membahas perbedaan masing-masing jenis pronoun tersebut.

3. Sentence

Sentence atau kalimat nantinya akan dianggap lengkap apabila sudah memiliki subject dan object atau S+V secara sederhana. Contoh dari kalimat ini adalah you smile; I sleep dan lainnya. Namun, sentence juga bisa dilengkapi dengan object, terutama untuk kata kerja yang memerlukan object, seperti I read a book, atau lainnya.

Dalam kalimat bahasa Inggris, sentence harus dilengkapi dengan be yang terletak diantara subjek dan predikat. Hal inilah yang menjadi pembeda antara kalimat bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia.

4. Be

Be atau kerap disebut dengan istilah to be merupakan kata hubung yang berfungsi untuk menyambung noun atau pronoun dengan verb, adjective, noun atau pronoun lainnya. Be tersebut tidak memiliki arti tetapi fungsinya dalam tata bahasa sangat penting. tanpa adanya to be ini, maka kalimat tidak bisa terbentuk.

Jenis to be dalam bahasa Inggris secara umum adalah is, am dan are. Namun, ketika to be ini digunakan untuk pronoun yang berbeda, jenis kalimat yang berbeda baik positif dan negatif, ataupun kalimat dengan waktu kejadian yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya, simak penggunaan to be dalam beberapa jenis kalimat berikut:

5. Kalimat Positif

Pronoun Present Past
We, They, You Are Were
I Am Was
He, She, It Is Was
Noun Is Was

6. Kalimat Negatif

Pronoun Present Past
We, They, You Aren’t Weren’t
I Am not Wasn’t
He, She, It Isn’t Wasn’t
Noun Isn’t Wasn’t

7. Kalimat Tanya

Be Pronoun
Are/were We, They, You
Am/was I
Is/was He, She, It
Is/was Noun

 

Dilihat dari beberapa tabel di atas, tampak perbedaan penggunaan to be dalam beberapa jenis kalimat. Anda tentu harus mengetahui detail penggunaan to be tersebut agar bisa membuat kalimat yang tepat dan benar.

8. Adjective

Adjective merupakan kata sifat yang bisa dipahami sebagai sebuah kata yang digunakan untuk mengungkapkan ciri atau sifat dari sesuatu. Secara umum, kata sifat ini digunakan untuk mendeskripsikan apa yang ditangkap seseorang dengan menggunakan alat indera yang dimiliki, baik suara, penampilan, rasa, bau dan lainnya.

Dalam tata bahasa Inggris, kata sifat tersebut diletakkan di depan noun atau kata benda. Misalnya, untuk mengatakan buku biru, maka yang digunakan adalah blue book, dan bukan book blue.

9. Verb

Verb atau kata kerja dalam bahasa Indonesia. Seperti namanya, verb ini digunakan untuk mengetahui sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang atau subjek dalam kalimat. Di lihat dari waktu penggunaannya, verb dibagi menjadi beberapa bentuk yang berbeda.

Jenis verb tersebut adalah sebagai berikut:

  • V1: yaitu bentuk dari kata kerja dasar., contoh: sleep, work, drink, eat, sing
  • V2: yaitu bentuk dari kata kerja untuk simple past, contoh: slept, sang, drank, etc
  • V3: yaitu bentuk kata kerja guna past participle serta past perfect. Bentuknya dapat serupa V2, atau juga sangat berbeda, contoh: slept, worked, drunk, eaten, sung, etc
  • Ving: bentuk kata kerja guna simple present, verbal adjective atau noun, contoh sleeping, working, drinking, eating, singing, etc.

Penggunaan verb sangat bergantung pada waktu atau tenses yang digunakan. Selain itu, ada perbedaan pula pada penggunaan verb untuk subjek tunggal ataupun jamak.

10. Tenses

Bisa dikatakan jika tenses adalah salah satu bab yang paling krusial dalam pembahasan mengenai grammar. Hak ini dikarenakan tenses merupakan roh dari grammar dan memiliki aturan yang sangat banyak.

Untuk mengenal tenses, ada beberapa jenis tenses dengan detail fungsi yang perlu diketahui, yaitu:

  • Simple Present : Menerangkan sesuatu yang dikerjakan tanpa menggunakan keterangan waktu.
  • Simple Past : Menerangkan sesuatu yang dikerjakan di masa lalu
  • Simple Future : Menerangkan sesuatu yang dikerjakan di masa depan
  • Present Continuous : Menerangkan sesuatu yang tengah dilakukan sekarang
  • Past Continuous : Menerangkan sesuatu yang tengah dilakukan di masa lalu
  • Future Continuous : Menerangkan sesuatu yang tengah dilakukan di masa depan
  • Present Perfect : Menerangkan sesuatu yang telah dilakukan (tanpa menerangkan waktu)
  • Past Perfect : Menerangkan sesuatu yang telah dilakukan di masa lalu
  • Future Perfect : Menerangkan sesuatu yang telah dilakukan di masa depan.

Demikian beberapa ulasan tentang grammar dalam bahasa Inggris. Pelajari lebih lanjut terutama terkait tenses untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Leave a Comment