Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual adalah ? Prospek Kerja DKV

Seseorang yang menyampaikan informasi atau pesan kepada orang lain melalui media yang hanya bisa dilihat merupakan teknik dari komunikasi visual. Desain komunikasi visual adalah desain yang biasanya dilakukan dengan beberapa media seperti gambar, iklan, pamflet, maupun video tanpa suara.

Tidak jarang komunikasi visual ini menggunakan bahasa tubuh atau bahasa nonverbal. Komunikasi visual kebanyakan digunakan oleh para desainer grafis untuk menyampaikan pesan melalui gambar atau ilustrasi.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pesan kepada orang yang melihat. Dengan demikian kemudian banyak yang menyebut ini dengan istilah desain komunikasi visual.

Apa Itu Desain Komunikasi Visual ?

desain komunikasi visual adalah
credit: Binus university

Desain komunikasi visual adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan kreatif media. Cabang ilmu ini memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu.

Desain komunikasi visual adalah seni berkomunikasi untuk menyampaikan pesan atau gagasan kepada orang lain menggunakan media. Tujuannya untuk memberi informasi, mempengaruhi, dan merubah perilaku masyarakat yang menjadi sasaran sesuai dengan yang diinginkan.

Cabang ilmu desain ini dapat dikatakan sebagai bagian dari seni rupa modern dan bukan bagian seni rupa murni. Desain komunikasi visual mempelajari konsep komunikasi untuk menyampaikan pesan secara visual melalui media.

Program studi ini berlandaskan pada ilmu desain yang berbasis komunikasi secara visual dan estetika. Melalui jurusan ini, seseorang dilatih untuk memahami penerapan seni dalam rangka memecahkan permasalahan di masyarakat.

Mata Kuliah Di Jurusan Desain Komunikasi Visual

jurusan kuliah desain komunikasi visual
credit: Rencanamu

Setelah  mengetahui desain komunikasi visual adalah ilmu yang berhubungan dengan desain yang menggunakan bahasa rupa, lalu apa saja yang dipelajari di jurusan ini? Berikut penjelasan mengenai apa saja yang dipelajari di jurusan desain komunikasi visual, diantaranya :

1. Nirmana

Kebanyakan institusi memasukkan mata kuliah lanjutan selama satu tahun bernama nirmana. Tujuannya adalah agar mahasiswa mengetahui keselarasan dan keseimbangan suatu karya dari kacamata kita sendiri dulu.

Mata kuliah ini merupakan rangkuman dari pembahasan dan pembelajaran mengenai seni rupa, azas serta kaidah tata susunannya. Nirmana sendiri meliputi latihan pemanfaatan unsur seni rupa dalam hal ini berhubungan dengan penciptaan karya 2D atau 3D.

Baca Juga: Aplikasi Desain Rumah Recommended

2. Estetika

estetika adalah ilmu tentang keindahan dimana keindahan itu terbentuk dan bagaimana merasakannya. Sebuah keindahan yang sudah terbentuk kemudian harus dirasakan oleh banyak orang.

Apabila ditelaah lebih jauh ada cukup banyak pengertian dari estetika tersebut. Setiap orang tentu mempunyai pengertian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, estetika merupakan cabang ilmu yang juga membahas dan menelaah mengenai tanggapan manusia terhadap suatu keindahan.

3. Ilmu Manajemen Pemasaran Dan Branding

Anda akan mendapatkan mata kuliah Ilmu Manajemen Pemasaran dan Branding ketika mengambil jurusan ini. Ilmu Manajemen Pemasaran adalah kegiatan merencanakan, mengarahkan, dan mengawasi seluruh aktivitas pemasaran produk perusahaan.

Sedangkan branding itu sendiri adalah usaha yang dilakukan agar merknya bisa dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas. Jadi fungsi dari mata kuliah ini tentunya untuk mempelajari bagaimana memasarkan karya serta membangun sebuah perusahaan kreatif.

Prospek Karir Desain Komunikasi Visual

prospek kerja desain komunikasi visual
credit: Curatti

Desain komunikasi visual adalah jurusan yang memberikan ilmu secara luas mengenai seni. Untuk itu prospek kerja atau karir yang akan Anda dapatkan juga akan jauh lebih beragam dibandingkan dengan jurusan lain. Berikut ini beberapa prospek karir bagi yang ingin mengambil jurusan desain komunikasi visual, antara lain :

1. Periklanan

Salah satu jenis pekerjaan yang menanti setelah lulus kuliah dari jurusan ini adalah periklanan atau advertising. Dalam dunia periklanan, lulusan desain komunikasi visual bisa mengambil banyak posisi pekerjaan.

Beberapa diantaranya yaitu Graphic Designer untuk pembuatan desain. Illustrator & Photographer untuk pembuatan isi ilustrasi konter.

Selain juga ada Videographer & Animator untuk membuat video iklan. Anda tinggal memilih sesuai dengan minat dan cita-cita karir yang Anda impikan.

2. Media Massa, Televisi, Dan Perfilman

Tidak hanya di bidang Advertising, lulusan jurusan desain komunikasi visual juga bisa merambah ke media massa, televisi, hingga perfilman. Media massa tentu sangat membutuhkan ilustrasi foto dalam beritanya sehingga peran photographer sangat diperlukan.

Dalam dunia televisi dan film, alumni desain komunikasi visual akan diperlukan. Beberapa contoh pekerjaannya yaitu sebagai pembuat gambar storyboard, kamera, art director, creative director, dan graphic designer. Tidak hanya itu ada juga animator, penata artistik, dan hingga penata grafis video.

3. Penerbitan Dan Percetakan

Karena cakupan pekerjaannya sangat luas, lulusan desain komunikasi visual akan memiliki peluang karir yang lebih cemerlang. Dalam posisi ini, lulusan desain komunikasi visual bisa menjadi graphic designer, layouter komikus, dan ilustrator. Hasilnya bisa berupa buku, komik, cerpen, majalah, dan masih banyak lagi.

4. Rumah Produksi

Anda bisa menjadi sumber daya yang dibutuhkan, tergantung pada produk yang ditawarkan oleh rumah produksi tersebut. Apakah menjual jasa desain, foto, video, maupun ilustrasi tinggal disesuaikan dengan kemampuan Anda.

5. Game & Animasi

Dalam dunia gaming tentu membutuhkan seorang animator, graphic designer, 2D atau 3D modelling untuk bisa membuatnya. Begitu juga untuk dunia animasi tentu membutuhkan seorang yang bisa membuat motion graphic dan animasi 2D atau 3D. Lulusan desain komunikasi visual dapat mencakup kedua lingkup kerja ini.

6. Dokumentasi

Di dunia dokumentasi peluang lulusan desain komunikasi visual cukup luas. Anda bisa memilih untuk menjadi photographer, photo editor, videographer, dan video editor yang dibutuhkan untuk dokumentasi acara, event tertentu hingga wedding.

7. Wirausaha Mandiri

Apabila Anda sudah memiliki bekal yang cukup, Anda juga bisa memutuskan untuk menjadi wirausaha mandiri. Tentunya dengan tetap menggunakan keahlian Anda sesuai dengan jurusan yang Anda ambil semasa kuliah yaitu desain komunikasi visual. Anda bisa menjadi creativepreneur apabila Anda memiliki usaha dan keyakinan serta pengalaman yang bagus.

8. Seniman, Youtuber & Selebgram

Seni adalah dasar dari desain komunikasi visual. Anda bisa menjadi pelukis yang kemudian menjual hasil karya dengan nilai yang tinggi karena nilai estetikanya juga tinggi. selain itu lulusan desain komunikasi visual tentu memiliki keahlian di bidang videografi, foto dan desain. Dengan begitu Anda akan mampu menyajikan konten yang lebih menarik dan mampu bersaing.

Alasan Memilih Kuliah Jurusan Desain Komunikasi Visual

kuliah desain komunikasi visual dkv
credit: Bisnika

Bagi yang belum paham mungkin akan bertanya-tanya mengapa harus mengambil jurusan ini. Nah ada beberapa alasan memilih kuliah jurusan desain komunikasi visual yang bisa menjadikan referensi bagi Anda, diantaranya :

1. Mendapatkan Bayaran Dengan Menjadi Kreatif

Design grafis mengekspresikan kreativitas mereka setiap hari. Banyak tantangan yang harus mereka hadapi seperti memilih palet warna, memilih citra dan jenis, juga mereka harus berpikir Out Of The Box untuk bisa menyelesaikan pekerjaan mereka. Jika Anda tipe kreatif, memiliki perhatian yang baik terhadap detail, anda bisa mencobanya.

2. Menghasilkan Karya Yang Bermanfaat

Setiap proyek desain baik yang sifatnya kecil hingga kampanye periklanan besar berpotensi memberikan manfaat bagi orang lain. Contohnya kampanye poster donor darah dapat mendorong seseorang untuk melakukan donor darah. Selain itu, logo yang tepat juga dapat membantu bisnis lokal menarik lebih banyak pelanggan.

3. Bisa Bekerja Dari Mana Saja

Saat ini banyak perusahaan dan klien tidak keberatan dimana Anda bekerja selama ada karya yang bisa Anda pertanggung jawabkan. Anda hanya perlu bekal pensil, laptop, dan perangkat lunak yang tepat kemudian Anda bisa bekerja di mana saja. Anda bahkan bisa bergabung dengan pasukan Digital Nomads yang terus berkembang.

4. Melatih Mandiri

Ada banyak sekali peluang bagi lulusan desain komunikasi visual untuk bekerja secara mandiri. Mulai dari menjadi freelancer sampai dengan mendirikan agensi sendiri. Beberapa desainer bahkan meluncurkan merk komersial mereka sendiri dengan menggunakan keterampilan pemasaran dan artistik untuk mempromosikan produk.

5. Kesempatan Kerja Yang Menyenangkan

Kualifikasi desain komunikasi visual membuka pintu ke berbagai macam karir yang sangat luas dan kesempatan kerja yang menyenangkan. Mungkin Anda akan bosan ketika bekerja kantoran dengan suasana yang itu-itu saja. Jurusan ini memberikan Anda pengalaman kerja yang fleksibel dan Anda akan terus diajak mengasah kemampuan dan keterampilan digital Anda.

6. Bisa Berkarir Di Industri Digital

Meningkatnya platform web dan seluler, turut serta memunculkan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk peran desainer digital. Gaji rata-rata untuk perancang antarmuka pengguna dengan pengalaman cukup besar. Nilainya dirasa lebih tinggi dibandingkan dengan seorang perancang grafis cetak dengan tingkat pengalaman yang sama.

7. Bisa Menunjukkan Eksistensi

Alasan lain mengapa Anda harus memilih jurusan ini adalah Anda akan menciptakan karya unik. Anda juga dapat membagikan kepada orang lain. Belum lagi apabila melihat sesuatu yang kamu rancang selalu menarik dan berpotensi dilihat oleh generasi yang akan datang.

8. Bekerja Di Berbagai Industri

Banyaknya jenis lapangan pekerjaan memberikan peluang yang besar pula bagi Anda karena setiap industri membutuhkan desain komunikasi visual yang efektif.

Anda bisa bekerja di bidang seperti desain grafis, periklanan, desain web, desain pengalaman pengguna, bahkan membuat film. Tidak hanya itu Anda juga bisa menjadi fotografer, animator, dan masih banyak lagi.

9. Pekerjaan Tidak Membosankan

Bekerja di bidang kreatif membuat Anda setiap hari merasa tertantang untuk membuat karya yang selalu lebih baik dari sebelumnya. Fakta inilah yang membuat pekerjaan sebagai seorang kreatif tidak pernah terasa membosankan. Dengan begitu Anda akan selalu dipaksa hal-hal baru untuk memunculkan ide cemerlang agar karya semakin menarik dan diminati banyak orang.

10. Memiliki Berbagai Keterampilan

Anda akan memiliki pengetahuan yang luas dengan kedalaman prinsip dan konsep yang mendasari satu atau lebih disiplin ilmu. Selain itu, anda akan memiliki keterampilan kognitif dan teknis untuk menunjukkan pemahaman pengetahuan yang luas dan mendalam.

Salah satu kampus yang terdapat Jurusan Desain Komunikasi Visual adalah ITB. Kamu bisa mencari info lebih detailnya di sini ITB Web

Anda dapat menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk menghasilkan karya.

Mempelajari desain komunikasi visual adalah salah satu hal yang menyenangkan karena disamping memberikan pengalaman dan pengetahuan yang luas, juga membuat kita menjadi kreatif. Jenis pekerjaan yang sangat luas dan fleksibel juga sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang mungkin tidak terlalu menyukai pekerjaan kantoran.

Leave a Comment