Data Scientist Adalah | Jenjang Karir, Gaji & Tanggung Jawab

Seorang data scientist adalah orang yang berperan dibalik teknologi pengolahan data sehingga mempunyai tanggung jawab yang luas mulai dari melakukan analisis sampai mendapatkan insight untuk mengembangkan bisnis. Tugasnya menganalisis data dalam jumlah perusahaan yang sudah terakumulasi dalam perusahaan.

Nah, seorang scientist harus mampu melakukan analisis data dengan menggabungkan data dari berbagai sumber lalu memastikan konsistensi data preparation yang mempengaruhi hasil prediksi.

Tak hanya itu, data scientist juga berperan dalam membuat infografis yang digunakan oleh para pihak perusahaan untuk mengambil keputusan dalam memahami data secara visual.

Jadi, seorang data scientist memang harus memiliki keterampilan untuk mencari tahu informasi yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Peran dan Tanggung Jawab Data Scientist

Peran dan Tanggung Jawab Data Scientist
credit: Course-Net

Ketahui peran dan tanggung jawab data scientist yang harus dikerjakan setiap harinya, berikut ini penjelasannya.

1. Melakukan Penelitian

Pertama, tugas dan tanggung jawab seorang data scientist adalah bagian pekerjaan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan data bisnis atau perusahaan Anda. Hasil penelitiannya akan digunakan sebagai metode untuk mengambil keputusan oleh pihak perusahaan.

2. Membuat tabel pivot

Berikutnya, tugas seorang scientist yaitu membuat tabel pivot yang biasanya menggunakan software statistik.

3. Memvisualisasikan data

Selain membuat tabel pivot, seorang scientist juga memvisualkan data dalam bentuk grafik sehingga akan mudah dipahami oleh pihak atasan.

4. Menganalisis Data dengan Bahasa Pemrograman

Data scientist juga berperan untuk menganalisis data dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga hasil analisisnya cepat selesai karena data yang dianalisis berjumlah sangat banyak atau big data.

5. Meningkatkan Kepuasan Layanan

Tugas seorang scientist juga berperan untuk meningkatkan kepuasan layanan kepada customer. Nah, Anda disarankan untuk memberikan solusi atau saran berdasarkan hasil temuan yang sudah pernah dianalisis atau diuji.

6. Bekerja Berkolaborasi dengan Tim

Peran dan tanggung jawab seorang data scientist yaitu dapat bekerja sama atau berkolaborasi dengan tim untuk mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan penindaklanjutan mengenai data analisis yang sudah ada.

Dengan demikian scientist dapat menyajikan data secara jelas kepada stakeholdernya untuk mempermudah proses bisnisnya menjadi lebih terstruktur.

Baca Juga: Jurusan Sistem Informasi

Pengetahuan dan Keahlian Seorang Data Scientist

Jenjang Karir Data Scientist
credit: Telkom University

Setelah mengetahui tugas dan peran seorang scientist, tentu saja Anda ingin mengetahui apa saja keahlian dan pengetahuan yang dimiliki olehnya. Nah, Data scientist diharapkan sudah mempunyai beberapa kemampuan berikut ini.

  • Kemampuan riset
  • Penguasaan bahasa asing
  • Pengetahuan bisnis
  • Pengetahuan statistika
  • Kemampuan pemrograman
  • Kemampuan berpikir sistematis
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan manajerial

Jenjang Karir Data Scientist

Jenjang Karir Data Scientist
credit: Bussola Pro

Sebagian besar orang berpikir bahwa data scientist adalah salah satu pekerjaan yang prospek kerjanya pada perusahaan yang bekerja dalam bidang teknologi.

Ketahuilah, ternyata profesi scientist juga dibutuhkan dalam beberapa sektor perusahaan seperti sektor pendidikan, sektor perbankan, transportasi dan logistik, kesehatan, media, olahraga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jurusan yang Berkaitan dengan Data Scientist

Gaji Seorang Data Scientist
credit: Medium

Apabila Anda tertarik ingin bekerja menjadi data scientist maka harus menguasai beberapa ilmu yang berkaitan seperti ilmu statistika, matematika, sistem informasi, dan teknik informatika. Apabila Anda mengambil jurusan tersebut maka dapat diterima kerja menjadi seorang scientist di berbagai perusahaan.

Gaji Seorang Data Scientist

gaji data scientist
credit: Serambinews

Ketahui gaji seorang data scientist yang sekarang ini mempunyai peluang kerja cukup luas, ketahui kira-kira gaji rata-rata yang diperoleh Junior Data seorang yaitu 5 sampai 7 juta rupiah.  Sedangkan, gaji untuk Senior Data Scientist yaitu 10 – 20 juta rupiah.

Tak heran, kinerja seorang data scientist yang cukup berpengaruh dalam perkembangan bisnis perusahaan juga memiliki gaji yang besar.

Skill yang Dibutuhkan Data Scientist

Skill yang Dibutuhkan Data Scientist
credit: Ekrut

Ketahui beberapa skill yang dibutuhkan data scientist profesional sehingga memiliki kinerja yang bagus, berikut ini ulasannya.

1. Problem Solver

Skill atau kemampuan pertama yang harus dimiliki oleh seorang data scientist yaitu memiliki kemampuan atau intuisi dalam memecahkan berbagai masalah dengan cepat dan bertanggung jawab. Nah, intuisi dibutuhkan dalam mendapatkan gambaran umum dengan cepat sehingga hasilnya dapat diproses sesuai hasil analisis.

2. Software Engineering

Berikutnya, seorang data scientist juga harus mempunyai skill software engineering yaitu memahami dan belajar pengembangan perangkat lunak dengan benar. Nah, secara umum seorang scientist akan bekerja pada tim produksi untuk mengembangkan software dengan berbasis aplikasi di sebuah industri IT.

3. Language Programming

Saat Anda ingin menjadi seorang scientist maka harus memiliki kemampuan language programming khusus agar dapat digunakan untuk menunjang karis seperti R, python, dan SQL. Selain itu, Anda juga harus mempelajari ilmu logaritma dan struktur data dengan baik.

4. Statistika

Data Scientist juga harus memahami ilmu statistik sebagai dasar dalam memulai karier karena ilmu tersebut memang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembuatan machine learning.

5. Machine Learning

Machine Learning juga harus dimiliki oleh seorang scientist karena ilmu tersebut sangat penting yang berguna untuk mengembangkan sistem yang sudah terotomasi dengan akurat sehingga konsepnya terintegrasi dengan penerapan Artificial Intelligence.

6. Visualisasi Data dan Komunikasi

Kemampuan visualisasi data dan komunikasi juga harus dimiliki oleh scientist untuk menentukan kebijakan perusahaan yang diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik untuk bekerja sama melakukan stakeholders yang benar sehingga mudah untuk dimengerti.

7. Kalkulus dan Aljabar

Seorang data scientist juga harus dipastikan memiliki kemampuan aljabar dan kalkulus yang berkaitan dengan dunia matematika. Nah, penerapannya fungsi kalkulus ini digunakan sebagai dasar untuk memulai karier dalam melakukan pengolahan data.

8. Pemetaan Data

Terakhir, keterampilan yang harus dimiliki oleh data scientist yaitu memahami pemetaan data yang menjadi prioritas utama untuk melakukan berbagai kerjaan sehingga dapat menganalisa dan menjawab kebutuhan informasi yang tidak terstruktur.

Perbedaan Data Analyst vs Data Scientist

Perbedaan Data Analytics dan Data Science
credit: Phintraco Group

Jika Anda sudah mengetahui informasi mengenai data scientist maka akan berkesan mirip dengan pekerjaan seorang data scientist. Nah, ketahui bahwa keduanya mempunyai hubungan yang erat, tetapi tetap memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Tugas utama dari Data Analyst yaitu mengelola data hasil temuan dari Data Engineer untuk dianalisa lebih dalam kemudian menghilangkan informasi yang tidak dibutuhkan. Jika datanya sudah bersih maka akan diserahkan kepada tim Data Scientist untuk diolah dan diverifikasi sehingga hasil penelitiannya akan lebih efektif.

Tokoh Inspiratif  Seorang Data Scientist

tokoh data scientist
credit: Big Data Path

Terdapat tokoh inspiratif seorang data scientist yang sudah sukses dalam bisnis startup “Moka”. Perempuan ini mempunyai visi untuk membantu UMKM dalam mengelola bisnisnya.

Pekerjaan pertamanya yang dilakukan yaitu di bidang penelitian pertahanan untuk mengidentifikasi masalah lalu memberikan penjelasan kepada orang lain agar dapat dipahami.

Pekerjaan tersebut ternyata membuatnya jatuh cinta dengan pekerjaan data scientist. Nah, data merupakan suatu aset penting yang mengharuskan dikelola secara hati-hati. Jika ada kesalahan sedikit saja maka akan mempengaruhi informasi secara keseluruhannya.

Demikianlah ulasan mengenai penjelasan data scientist adalah pekerjaan yang sangat berperan dalam mengembangkan bisnisnya.

Leave a Comment