Cara Mengirim Paket Lewat JNE – Mudah dan Cepat Sampai Tujuan

Cara Mengirim Paket Lewat JNE – Kegiatan jual beli online sekarang ini sangatlah populer, oleh karena itu ketahui cara mengirim paket lewat JNE yang banyak keuntungannya. Ketahuilah, pengalaman banyak orang mengirimkan paket menggunakan JNE memang aman dan mudah ke seluruh wilayah Indonesia.

Dengan ongkir yang terbilang murah. Tetapi, tak jarang pula banyak orang yang belum berpengalaman menggunakan jasa paket JNE sehingga merasa kebingungan mengirimkan paketnya harus mulai dari mana, bahkan biasanya orang tersebut juga akan merasa bingung cara packing untuk jasa JNE yang benar seperti apa.

Tenang saja, apabila Anda tidak dapat melakukan packing barang dengan baik maka bisa langsung ke outlet terdekat untuk dibantu melakukan packing. Saat Anda memilih menggunakan jasa paket JNE maka bisa sampai ke alamat tujuan dengan aman dalam waktu cepat loh.

Cara Mengirim Paket Lewat JNE

keuntungan menggunakan JNE
credit: Infoloker serang

Ketahui hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mengirimkan barang lewat JNE ke alamat tujuan dengan aman, berikut ini informasinya untuk Anda. Yuk, kita mulai bahasannya:

1. Cek Terlebih Dahulu Ongkos Kirim JNE

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengirimkan paket lewat JNE yaitu mengecek tarif kirim. Mengetahui biaya pengiriman JNE memang harus diketahui agar Anda dapat menyiapkan budgetnya terlebih dahulu sebelum pergi ke outlet untuk mengirimkan paket.

Nah, Anda tak perlu datang ke outlet terlebih dahulu untuk mengeceknya, tetapi dapat dilakukan pengecekan ongkos kirim melalui situs resmi JNE dengan cara berikut ini:

  • Buka JNE.co.id terlebih dahulu, lalu cek pada bagian Tarif Kiriman
  • Pada kolom Origin, isi dengan kota dimana Anda ingin mengirim paket
  • Pada kolom Destination, isi dengan kota tujuan paket dikirim
  • Isi juga kolom Weight, dengan perkiraan berat barang
  • Klik Check
  • Contoh Setting Untuk Kirim Barang
  • Isi kode captcha
  • Lalu klik Check lagi
  • Maka Anda akan mendapati biaya pengiriman serta jenis layanan yang bisa dipilih.

Biasanya terdapat 3 jenis layanan yang paling sering digunakan yaitu JNE OKE, JNE Reguler, dan JNE YES yang mempunyai perbedaan dari jangka waktu pengirimannya. JNE OKE 2-3 hari, JNE Reguler 1-2 hari, JNE YES (Yakin Esok Sampai), dan 1 hari (Baca Detail JNE YES). Selain itu ada juga JNE SPS, yakni layanan di mana paket akan sampai pada hari yang sama.

2. Packing Paket yang Ingin Dikirim

Lakukan packing paket JNE serapi mungkin agar dapat melindungi barang yang akan dikirimkan. Jika merasa tidak dapat melakukan packing paket yang rapi dan bagus maka sebaiknya bisa minta dibungkuskan kepada penjaga outlet JNE ya beda dengan JNT.

Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara yang tepat untuk melakukan packing seperti, melakukan packing dengan dilapisi plastik kemudian dilanjutkan dengan membungkus dengan kertas koran lalu bisa juga melapisinya lagi dengan bubble wrap yang dapat Anda beli di toko terdekat.

Tetapi, Anda memang harus memperhatikan bahwa melakukan packing memang harus disesuaikan dengan barangnya agar tidak rusak atau pecah sehingga packing harus dilakukan sedemikian rupa agar terhindar dari benturan. Kalau perlu, bisa juga dibuat packing menggunakan kayu agar tidak pecah.

2. Tulis Alamat Penerima dan Pengirim Pada Paket

Langkah yang selanjutnya Anda harus menulis alamat penerima JNE saat packing sedang dilakukan. Menulis alamat kemana barang tersebut akan dikirim tentu sangatlah penting sehingga jangan sampai  Anda salah menulis alamat.

Apabila Anda menggunakan kardus maka gunakan media tulis alamat dengan kertas putih yang ditempelkan menggunakan selotip.  Hanya saja Anda harus memperhatikan beberapa hal yang penting memenuhi syarat berikut:

  • Kertas tidak rusak
  • Tulisan bisa terlihat dengan jelas
  • Alamat lengkap, benar, dan jelas
  • Selain alamat penerima, tulis juga alamat pengirim paket. Tujuannya, agar kalau ada kesalahan dalam pengiriman, maka paket bisa dikirimkan kembali ke pihak pengirim.

3. Datang ke Kantor JNE Terdekat

Datang ke kantor JNE terdekat setelah Anda selesai melakukan packing dengan baik, disertai dengan menulis alamat penerima dengan tepat. Nah, sekarang ini kantor JNE ini sudah ada dimana-mana dari yang berada di kota besar maupun kecil.

Tetapi, biasanya yang tersebar di berbagai daerah tersebut merupakan agen agen yang juga bisa Anda gunakan untuk mengirimkan paket barang dengan cepat. Nah, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk mencari outlet JNE terdekat dengan cara berikut ini:

  • Buka browser terlebih dahulu
  • Buka situs pencarian Google
  • Kemudian cari “JNE Terdekat“
  • Di sana akan tersedia petunjuk arah ke kantor atau agen JNE terdekat
  • Contoh Kantor JNE Paling Dekat
  • Setelah itu, Anda tinggal datang saja ke lokasinya.

Nah, saat berkunjung ke outlet JNE sebaiknya Anda juga memperhatikan jam kerja sehingga sampai di kantor sudah buka.

4. Katakan Bahwa Anda Ingin Mengirim Paket

Setelah selesai melakukan packing dengan cara yang tepat maka Anda juga bisa melakukan kirim barang jne langsung di outletnya. Anda bisa langsung menyampaikan kepada petugas di outlet akan mengirimkan barang. Di outlet terdapat paket yang sudah di-packing tadi akan dicek terlebih dahulu beratnya atau ukurannya besar.

Selanjutnya, Anda juga akan ditanya jenis barang apa yang ingin dikirim, serta layanan yang akan digunakan seperti jasa layanan (JNE OKE, Reguler, atau YES).

Setelah memilihnya maka barang akan diproses kemudian Anda akan mendapatkan sebuah nomor resi. Nah, nomor resi tersebut sebaiknya jangan dibuang karena nantinya akan dipakai untuk melacak kiriman.

5. Cek Status Pengiriman

Selanjutnya, Anda juga harus melakukan cek status pengiriman sudah sampai ke outlet daerah mana. Nah, di bagian ini dapat dilakukan apabila sudah selesai mengirimkan paket atau penerima bisa tinggal menunggu saja kiriman tersebut diproses dan dikirim oleh pihak JNE sampai ke tempat tujuan.

Anda juga sebaiknya mengecek statusnya secara berkala menggunakan nomor resi yang didapatkan dengan cara sebagai berikut:

  • Buka situs Jne.co.id
  • Pada kolom lacak, silakan masukkan nomor resi
  • Kalau sudah, klik Tracking
  • Masukkan Resi JNE
  • Nanti akan muncul informasi resi.

Nah, ketahuilah bahwa status pengiriman dari nomor resi JNE dapat berubah-ubah dalam waktu beberapa jam sekali atau satu hari yang biasanya ditunjukkan dengan menggunakan istilah tertentu, seperti: Received At Warehouse, At Origin Gateway, On Process, Received On Destination, dan lain-lain.

Tetapi setiap istilah seperti bisa bermunculan berbeda-beda di setiap marketplace.

Baca juga: Cara Kirim Paketan JNE + Cek Ongkir

5. Barang Sampai di Tujuan

Setelah mengetahui beberapa tahapan mengirimkan paket lewat JNE seperti paragraf sebelumnya maka di tahap terakhir sekarang paket sudah sampai di tujuan. Nah, apabila dilacat maka paket Anda menunjukkan status Delivered yang artinya paket sudah sampai di tangan penerima.

Tetapi, saat Anda masih merasa ragu maka coba untuk menghubungi pihak penerima paket untuk mendapatkan konfirmasi.

Cara Komplain JNE, Jika Paket Tak Kunjung Sampai

cara komplain JNE
credit: Dreamstime

Ekspedisi JNE ini bisa dibilang sudah berpengalaman, karena sudah lama ada. Tetapi, memang bukan berarti menutup kemungkinan paket yang dikirim dijamin lancar. Ada kalanya paket kita terhambat, atau mungkin mengalami suatu masalah.

Tapi jangan khawatir karena bagi siapapun yang sedang mengalami permasalahannya, kalian tak perlu khawatir karena Anda dapat mengajukan komplain dengan mudah dengan cara berikut ini;

1. Coba cek kembali resinya memakai situs-situs cek resi. Caranya adalah:

  • Buka situs resi.id
  • Ketik resi paket Anda > Kemudian tekan Enter
  • Kalau sudah, coba lihat status paket.

Atau Anda juga dapat mengeceknya di situs lain menggunakan link Selain resi.id, cekresi.com, berdu.id, dan cekresipaket.com.

2. Kirim Email ke Customer Care JNE

Kebanyakan permasalahan yang dimiliki oleh  pelanggan JNE dapat diselesaikan melalui email Customer Care. Anda bisa mengirimkannya dengan format berikut:

Subject paket bermasalah, bagian deskripsi, isi email + penjelasan paket bermasalah, tambahan wajib, lampikan nama penerima, nama pengirim, nomor hp aktif, dan foto.

3. Kirim Pesan ke Sosial Media JNE

Ketahuilah bahwa agen jasa paket JNE punya beberapa akun resmi sosial media yang bisa Anda hubungi untuk mengadukan komplain. Terdapat 3 akun sosmed yang dapat Anda hubungi:

JNE Facebook

JNE Twitter

JNE Instagram

Nah, caranya Anda cukup kirim pesan saja ke salah satu sosial medianya dengan format yang sama seperti komplain lewat email. Jangan lupa untuk melampirkan nama pengirim, nama penerima, nomor resi, nomor HP, dan penjelasan paket yang bermasalah.

4. Kirim Komplain Melalui Halaman Ask Joni

Anda juga dapat melakukan komplain di menu Ask Joni yang merupakan halaman khusus yang disediakan oleh pihak JNE agar pelanggan dapat menghubungi saat dibutuhkan dalam waktu cepat dengan mudah. Nah, halaman ini juga dapat digunakan untuk komplain dengan cara berikut ini:

  • Buka halaman Ask Joni terlebih dahulu
  • Isi data yang diperlukan (nama, alamat, nomor HP)
  • Pada kolom Subject, pilih Customer Service
  • Isi pesan komplain sesuai kebutuhan.

5. Hubungi JNE Melalui Telepon

Anda juga disarankan untuk melakukan komplain lewat telepon yang caranya cukup mudah dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Langsung saja hubungi nomor (021) 2927 8888
  • Tunggu hingga penjawab operator terdengar
  • Tekan tombol ekstensi untuk menghubungi bagian penanganan
  • Tunggu lagi beberapa saat hingga tersambung
  • Kemudian jelaskan detail permasalah paket yang dialami.

6. Datang Langsung ke Kantor JNE

Jika sudah melakukan beberapa cara di atas tetapi permasalahan Anda belum juga terselesaikan maka Anda bisa datang langsung ke kantor JNE untuk mendapatkan solusi yang paling efektif. Anda bisa langsung menjelaskan kepada customer service di outlet JNE yang terdekat mengenai permasalahan paketnya.

Dengan demikian maka pihak JNE setempat bisa melakukan follow-up langsung ke kantor pusat tentang permasalahan tersebut. Selain itu, biasanya pihak JNE juga akan menawarkan solusi lainnya juga, seperti refund barang atau produk misalnya.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Pada Pihak JNE

komplain layanan jne
credit: paketmu

Ada beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan. Atau permasalahan yang terkadang dijumpai karena kurang paham atau ketika ada kesalahan teknis, berikut ini beberapa pertanyaan tersebut:

Bagaimana Kalau Barang Rusak/Hilang?

Biasanya pihak JNE sudah menyediakan opsi refund. Oleh karena itu, akan lebih baik Anda langsung saja datang ke kantor JNE terdekat dari tempat tinggal Anda.

Kenapa Paket Belum Sampai?

Paket yang belum sampai biasanya disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, saat terjadi overload yang biasa terjadi di waktu-waktu liburan sehingga pengiriman paket terlambat dari pengirim. Misalnya saat Anda menggunakan JNE YES, tetapi dikirim malam-malam, atau penyebab permasalahan lainnya.

Nah itulah dia beberapa hal yang perlu Kamu tahu, ketika Kamu ingin tahu cara mengirim paket lewat jne. Semoga dapat bermanfaat & selamat kirim-kirim.

Leave a Comment