Cara Beli Pulsa di Shopee Lengkap Tutorial & Caranya Lengkap

Cara beli pulsa di Shopee – Komunikasi adalah hal penting dalam kehidupan, sehingga banyak aktivitas komunikasi yang dilakukan melalui handphone atau gadget lainnya. Komunikasi melalui alat elektronik tentunya akan membutuhkan pulsa sebagai biayanya. 

Di era digital ini, sudah banyak sekali aplikasi yang membantu Anda membeli pulsa, bahkan bisa dilakukan dirumah saja. Salah satunya yaitu Shopee. 

Shopee selalu dapat menyediakan semua yang Anda pesan dengan harga terjangkau, termasuk pulsa. Dengan berbagai promo menarik yang tersedia setiap hari, Anda bisa membeli pulsa murah tanpa repot ke agen atau konter pulsa. 

Langkah-langkah Beli Pulsa Provider di Shopee 

cara beli pulsa online lewat shopee
credit: Rini Isparwati
  1. Buka halaman depan Shopee.
  2. Pilih menu Pulsa, Tagihan dan Tiket > lalu klik Pulsa.
  3. Masukkan nomor telepon pada kolom yang tersediakan atau memilihnya dari daftar kontak telepon Anda. Dengan cara ini, Anda dapat membeli kredit untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
  4. Setelah itu, Shopee akan mendeteksi operator yang Anda gunakan, baik itu Telkomsel, Smartfren, XL atau operator lain yang tersedia.
  5. Shopee kemudian akan menampilkan pilihan jumlah atau nominal pulsa yang diberikan oleh operator yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
  6. Pilih jumlah kredit yang diinginkan lalu klik Continue.
  7. Setelah itu, Anda dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan lalu klik Bayar Sekarang.
  8. Konfirmasi pembelian Anda dengan mengklik Pesanan di sudut kanan atas halaman utama Pulsa, Tagihan dan Tiket.
  9. Tunggu sampai pulsa terkirim ke ponsel Anda.

Provider Internet yang di Support Shopee

daftar provider yang di support shopee
credit: Serbaserbi
  • Pulsa telkomsel
  • Pulsa Smartfren
  • Pulsa Indosat
  • Prabayar XL
  • Prabayar IM3 Indosat Ooredoo
  • Prabayar Simpati
  • Prabayar Tri

Ada berbagai promo spesial yang ditawarkan oleh Shopee untuk membuat belanja Anda semakin hemat. Misalnya saja transfer pulsa XL dengan harga terjangkau, promo spesial pulsa IM3 Ooredoo, pulsa Telkomsel murah, promo spesial pulsa Smartfren dan masih banyak lagi.

Shopee juga memberikan nominal pulsa sesuai operator pulsa yang Anda butuhkan, sehingga pembelian pulsa akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Beli Pulsa Listrik di Shopee

cara isi ulang token pulsa di shopee
credit: Portal Pekalongan

Selain beli pulsa provider tertentu, Shopee juga menyediakan layanan beli pulsa listrik. Ada dua cara membeli pulsa listrik melalui Shopee. Yaitu:

1. Melalui menu “Pulsa, Tagihan dan Hiburan”

Caranya:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Pilih menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan.
  • Pilih Listrik PLN. Akan ada dua menu yaitu Token Listrik dan Tagihan Listrik.
  • Pilih menu Token Listrik.
  • Masukkan No. Meter atau ID Pelanggan.
  • Pilih nominal token atau pulsa listrik.
  • Pilih metode pembayaran.
  • Klik Bayar Sekarang.

Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa melakukan cek konfirmasi pembelian dengan membuka menu “Order” menu “Pulsa, Tagihan & Hiburan”.

Jika pembayaran terkonfirmasi, Anda akan langsung mendapatkan konfirmasi bahwa pemesanan berhasil disertai dengan nomor token listrik sesuai dengan nominal pembelian.

2. Melalui Seller Shopee 

Transaksi pembelian pulsa listrik di Shopee juga bisa dilakukan melalui Seller. Caranya:

  • Buka aplikasi Shopee
  • Ketikan kata kunci “pulsa listrik” di kolom pencarian yang tersedia
  • Setelah itu akan muncul beberapa rekomendasi seller atau toko yang menjualn pulsa listrik
  • Pilih toko yang Anda inginkan
  • Kemudian lakukan transaksi pembelian seperti biasa.

Ketika melakukan pembelian melalui Seller, Anda tidak akan langsung mendapat nomor token listrik karena proses dilakukan secara manual oleh toko penjual Shopee setelah pembayaran berhasil dilakukan.

Baca Juga: Kenapa Shopee Paylater tidak Bisa Dicicil

Namun dari segi harga, toko atau seller Shopee akan menjual pulsa listrik dengan harga lebih murah.

Meskipun kedua cara di atas terbilang mudah dan cepat, namun terkadang ada kendala yaitu sudah muncul notifikasi pembayaran berhasil tapi nomor token listrik tidak kunjung masuk, dan statusnya hanya processing.

Kendala ketika Isi Pulsa di Shopee

cara mengatasi pulsa tidak masuk di shopee
credit: Jakarta Studio

Ada beberapa alasan jika status di Shopee terproses terus menerus saat membeli pulsa listrik, yaitu:

1. Nomor Salah

Alasan pertama yang mungkin terjadi jika pulsa yang Anda beli belum masuk adalah kesalahan saat input nomor. Jadi sebelum menyelesaikan proses pembelian, pastikan nomor yang Anda input  sudah benar. 

2. Pembayaran Tidak Berhasil

Umumnya pembayaran di Shopee diproses cukup cepat, kurang dari lima detik, pembayaran akan terverifikasi. Meski begitu, tak jarang proses verifikasi pembayaran memakan waktu lebih lama.

Jika pulsa tidak juga masuk, bisa cek kembali riwayat pembayaran Anda. Apakah sudah berhasil atau belum. Jika belum, Anda bisa mengulangi lagi proses pembayarannya. Pastikan saldo Anda cukup untuk melakukan pembayaran, sehingga proses pembayaran segera berhasil.

3. Gangguan Operator

Biasanya gangguan ini terjadi karena server bermasalah, jadi pulsa yang Anda beli akan tertunda. Anda bisa menunggu beberapa saat hingga operator stabil dan ulangi lagi proses pembelian pulsanya.

Pengembalian Dana

cara isi pulsa menggunakan shopeepay
credit: Youtube

Jika Anda mengalami kendala di atas saat melakukan pembelian pulsa provider maupun pulsa listrik melalui Shopee, maka dapat mengajukan pengembalian dana.

Sebagai contoh: Anda salah memasukkan nomor pelanggan atau nomor telepon, jika nomor tersebut belum terdaftar maka dana Anda akan aman dan dapat dikembalikan ke ShopeePay. 

Namun jika pada saat penginputan terjadi kesalahan nomor dan proses pengisian pulsa berhasil, itu tandanya Anda sudah mengisi pulsa ke nomor orang lain.

Sehingga proses pengembalian dana Anda tidak mungkin bisa dilakukan, karena mustahil jika kesalahan terjadi karena kelalaian pengisian nomor yang dilakukan pihak Shopee.

Biaya Admin 

biaya admin shopee
credit: Bisnis Tempo

Dalam melakukan pengisian pulsa listrik melalui Shopee, Anda akan dikenakan biaya admin. Biaya yang harus dibayar sebesar Rp.2.750 pada satu kali transaksi pembelian.

Jika Anda membayar menggunakan ShopeePay, maka total pembayaran adalah akumulasi dari nominal pembelian pulsa listrik dan biaya admin. Misalnya, Anda membeli pulsa listrik sebesar Rp. 20.000 dengan biaya admin Rp.2.750, maka total yang harus dibayarkan yaitu sebesar Rp. 22.750.

Jika Anda memilih pembayaran melalui transfer bank menggunakan virtual account, maka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.2.750 dan biaya admin bank sebesar Rp.1.000 pada setiap transaksi.

Sebagai contoh, Anda mengisi pulsa listrik dengan nominal Rp. 20.000, maka biaya admin Shopee sebesar Rp. 2.750, dan biaya admin bank Rp. 1.000. Jadi pembayaran yang harus ditransfer pada virtual account adalah sebanyak Rp.23.750 untuk menyelesaikan pesanan anda.

Meskipun dikenakan biaya admin, tidak sedikit orang tetap menggunakan layanan pembelian pulsa listrik di Shopee karena dinilai praktis dan dapat dilakukan dalam waktu 24 jam. Berbeda dengan pembelian offline yang terbatas waktu pelayanannya.

Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan segala sesuatu terkait pembelian pulsa menjadi sangat mudah dan praktis untuk dilakukan.

Sebagai pengguna yang cerdas, alangkah baiknya jika Anda memahami cara beli pulsa di Shopee lengkap dengan cara penanganan ketika ada kendala yang ditemui saat melakukan pengisian pulsa tersebut. 

Pertimbangkan besaran biaya admin yang harus Anda tanggung dan pastikan saldo ShopeePay ataupun saldo rekening anda mencakup semua biaya transaksi. Semoga Cara Beli Pulsa di Shopee menjadi solusi untuk Anda dan semoga bermanfaat. 

Leave a Comment