Aplikasi Fidusia Online, Solusi Mudah Pengalihan Hak Kepemilikan

Aplikasi Fidusia Online – Masalah pengalihan hak kepemilikan atau fidusia memang menjadi salah satu hal yang krusial. Karena berkaitan dengan beberapa pihak, pengurusan masalah ini pun memerlukan waktu yang cukup lama. Terlebih, ada beberapa dokumen pelengkap yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Secara umum, fidusia berkaitan dengan investasi, baik dalam sebuah penanaman modal ataupun pinjaman modal usaha.

Biasanya, ketika seseorang meminjam sebuah dana, maka lembaga keuangan tersebut akan meminta sebuah jaminan atau sebuah agunan sebagai pengganti jika Anda sebagai peminjam tidak bisa mengembalikan dana tersebut sesuai perjanjian.

Nah, saat ini sudah tersedia aplikasi fidusia online. Aplikasi ini tentu bisa menjadi alat untuk memudahkan pengurusan fidusia dengan lebih cepat dan lebih tepat.

Apa yang Dimaksud Dengan Fidusia?

jaminan fidusia
credit: Liputan Hukum

Secara singkat, fidusia adalah suatu pengalihan hak kepemilikan suatu benda tertentu dengan menggunakan dasar kepercayaan dan ketentuan bahwa benda yang dialihkan hak kepemilikannya tersebut masih dalam penguasaan pemilik asal. Dasar hukum untuk urusan fidusia ini adalah Undang-Undang Nomor 42 tahun 1999 yang mengatur tentang jaminan fidusia.

Dalam undang-undang di atas, terdapat pihak-pihak yang disebut sebagai pemberi fidusia dan penerima fidusia dengan detail keterangan sebagai berikut:

  • Pemberi fidusia merupakan seseorang atau korporasi selaku pemilik benda yang menjadi objek dari jaminan fidusia
  • Penerima fidusia merupakan seseorang atau korporasi yang memiliki piutang yang detail pembayarannya dijamin dengan jaminan fidusia.

Dalam praktik yang dilakukan tersebut, pemilik barang nantinya hanya akan menyerahkan kepemilikan pada pihak lain. Sementara itu, penguasaan secara langsung tetap akan dimiliki oleh pemilik. Oleh karenanya, terkait hal tersebut, ada istilah yang menjelaskan jika dalam jaminan fidusia, penyerahan kepemilikan yang dilakukan disertai dengan jaminan kepada orang lain.

Sertifikat Jaminan Fidusia

contoh sertifikat fidusia
credit: BSDR law Firm

Terkait fidusia, sertifikat jaminan fidusia adalah hal yang bisa dikatakan sangat penting, terutama terkait hal jaminan. Untuk pengurusan sertifikat tersebut, maka Anda perlu datang ke kantor pendaftaran fidusia untuk mendaftarkan jaminan fidusia tersebut dan nantinya akan diresmikan oleh notaris yang profesional.

Nantinya, sertifikat inilah yang akan digunakan untuk mengatur detail pengalihan hak dari kepemilikan objek atas dasar kepercayaan antara dua belah pihak, yaitu pihak kreditur dan pihak debitur. Setelah dibuat oleh notaris, maka sertifikat jaminan fidusia ini akan didaftarkan ke perusahaan fidusia.

Proses selanjutnya adalah salinan dari sertifikat jaminan fidusia tersebut akan diberikan pada pihak debitur. Karena merupakan salinan, maka sertifikat tersebut memberikan kekuatan hak bagi kreditur untuk melakukan pencabutan pada objek fidusia tanpa melalui putusan pengadilan lanjutan jika ditemukan pelanggaran dalam perjanjian oleh kreditur.

Sekilas Tentang Fidusia Online

fidusia online
credit: Ahu Online

Perkembangan teknologi yang terus berjalan memberikan cukup banyak pembaruan, termasuk dalam layanan fidusia. Saat ini, sudah terdapat aplikasi fidusia online yang bisa digunakan dengan mudah.

Sekilas, fidusia online merupakan sebuah aplikasi atau website yang bisa digunakan untuk pengurusan hak kepemilikan benda tertentu yang dilakukan secara online. Melalui aplikasi ini, maka nantinya Anda bisa melakukan pengurusan sertifikat secara online dan bisa dicetak dengan lebih mudah.

Tersedianya layanan online ini juga akan memangkas biaya pengurusan sertifikat fidusia. Dengan demikian, tentu Anda bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Nah, untuk melakukan cek fidusia online, Anda hanya tinggal berkunjung ke website layanan fidusia yang sudah tersedia. Di laman website tersebut, tersedia beragam informasi lengkap tentang fidusia, layanan yang diberikan dan ragam informasi lainnya.

Beragam Fitur Fidusia Online

fitur-fitur di fidusia online
credit: Hukum online

Aplikasi fidusia online hadir dengan beberapa fitur yang cukup lengkap. Fitur tersebut tentu nantinya akan memberikan kemudahan pada pengguna.

Nah, adapun beberapa fitur yang tersedia di aplikasi fidusia online tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengecekan

Ketika membuka aplikasi fidusia online, menu awal yang tertera di layar adalah menu pengecekan. Menu ini cukup penting terutama untuk memastikan tentang status sertifikat fidusia, terutama berkaitan dengan penjaminan barang guna menjawab apakah barang tertentu tersebut sudah didaftarkan sebagai jaminan atau tidak.

Sebagai contoh, ketika seseorang melakukan pengurusan tentang fidusia mobil, maka ia bisa melakukan pengecekan status di laman pengecekan tersebut. Ada beberapa detail yang bisa diketahui dari fitur pengecekan tersebut, seperti nomor pendaftaran, alamat dari penerima fidusia, nama dan jenis fidusia, waktu pendaftaran fidusia dan lainnya.

Tentu, dengan pengecekan yang lengkap, nantinya tidak ada kekhawatiran tentang status fidusia. Sebaliknya, jika dari pengecekan tersebut terdapat ketidakjelasan status, maka pengurusan lebih lanjut bisa dilakukan.

  • Tanggal Terdaftar Objek Jaminan

Fitur lain yang terdapat pada aplikasi fidusia online adalah tanggal terdaftar objek jaminan. Terkait tanggal terdaftar objek jaminan tersebut, detail tanggal tersebut dihitung sejak tanggal terbitnya sertifikat jaminan fidusia.

  • Fitur Transaksi Fidusia Online

Aplikasi fidusia hadir sebagai upaya untuk memudahkan detail pengurusan fidusia dari awal hingga akhir. Oleh karenanya, aplikasi ini menyediakan fitur transaksi yang cukup lengkap dan bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Adapun beberapa jenis transaksi yang tersedia di aplikasi fidusia online diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran sertifikat jaminan fidusia yang baru
  • Perubahan data terkait pengajuan sertifikat jaminan fidusia
  • Daftar transaksi fidusia
  • Pencarian suatu objek yang menjadi jaminan sertifikat fidusia.

Secara umum, fitur transaksi yang tersedia di fidusia online bisa dikatakan cukup lengkap. Oleh karenanya, aplikasi ini bisa diandalkan guna membantu pengguna menyelesaikan urusan sertifikat jaminan tanpa harus mengeluarkan biaya operasional yang lebih.

Pendaftaran Jaminan Fidusia Online

cara mendaftar di fidusia online
credit: Ahu Online

Sebagaimana disinggung di awal, kemunculan fidusia online akan memberikan beragam kemudahan baru bagi Anda untuk mendapatkan sertifikat jaminan. Hanya saja, untuk menggunakan layanan tersebut, Anda harus melakukan beberapa proses terkait pendaftaran jaminan fidusia online.

Adapun langkah pendaftaran yang perlu dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Login

Terkait pendaftaran jaminan fidusia online, notaris nantinya hanya dapat melakukan proses pendaftaran tersebut jika Anda melakukan login dan memilih ikon notaris. Untuk melakukan login tersebut, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Masukkan username
  • Masukkan password
  • Klik pada opsi saya bukan robot
  • Klik tombol masuk.

Jika username dan password tersebut sudah sesuai, maka sistem nantinya akan mengarahkan Anda ke laman home guna mengisi form pendaftaran.

  • Mengisi Form Pendaftaran

Setelah Anda berada di laman home, maka akan ada beberapa informasi yang tampil. Dalam hal ini, isi form pendaftaran terlebih dahulu. Terkait pengisian form pendaftaran tersebut, ikuti detail di bawah ini:

  • Pilih salah satu pemberi yang berisi badan usaha atau perseorangan
  • Pilih jenis penggunaan, apakah untuk kebutuhan produktif atau konsumtif
  • Masukkan nama pemberi
  • Masukkan NIK dan NPWP
  • Masukkan nomor telepon yang digunakan
  • Masukkan alamat lengkap berikut kode POS
  • Pilih provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, kelurahan, RT dan RW
  • Isi jika nama debitur bukan merupakan pemberi fidusia.

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melengkapi identitas penerima fidusia. Untuk bagian ini, isi form yang tersedia sesuai dengan perintah yang sebenarnya mirip dengan poin sebelumnya.

Setelah identitas lengkap tersebut selesai diisi, maka masukkan informasi tentang akta notaris jaminan fidusia. Dalam hal ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Masukkan nomor akta notaris jaminan fidusia
  • Masukkan tanggal akta notaris.

Setelah langkah tersebut, kolom selanjutnya akan secara otomatis terisi oleh informasi yang berkaitan dengan nama notaris dan juga kedudukannya.

  • Mengisi Perjanjian Pokok

Untuk mengisi perihal perjanjian pokok, ikuti langkah di bawah ini:

  • Pilih opsi hal hutang dalam isi perjanjian yang nantinya akan dijadikan sebagai detail perjanjian pokok
  • Pilih mata yang sesuai yang digunakan
  • Masukkan nominal dari perjanjian pokok
  • Masukkan nama perjanjian
  • Masukkan detail jangka waktu perjanjian.

Detail di atas harus diisi dengan hati-hati agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam pengisian.

  • Uraian Objek Jaminan Fidusia

Poin selanjutnya yang harus diisi dalam proses pendaftaran sertifikat jaminan fidusia adalah mengisi tentang uraian objek jaminan fidusia. Hal ini tentu saja sangat penting karena nantinya informasi tentang objek jaminan fidusia berpengaruh pada proses perjanjian yang dilakukan.

Untuk pengisian uraian tersebut, Anda tinggal mengikuti form yang tersedia. Usahakan mengisi uraian dengan lengkap agar tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan objek lain yang dijadikan jaminan fidusia dengan cara menekan tombol plus (+) yang tersedia.

  • Nilai Penjaminan

Terakhir, Anda perlu memasukkan nilai penjaminan untuk mendapatkan sertifikat jaminan fidusia. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memilih nominal dari nilai penjaminan yang tersedia dan klik tombol plus (+) untuk menambahkan nilai dari penjaminan tersebut. Juga, masukkan kategori nilai penjaminan sesuai dengan kolom yang tersedia.

Jika beberapa proses di atas sudah selesai, maka Anda bisa melakukan pengajuan. Dalam hal ini, Anda perlu memberikan tanda checklist pada opsi disclaimer sebagai tanda persetujuan pada peraturan yang digunakan.

Besaran Biaya Fidusia

biaya fidusia
credit: Cermati

Selain beberapa hal terkait syarat dan cara pendaftaran jaminan fidusia, hal lain yang penting untuk diketahui adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk pendaftaran fidusia tersebut. Tentu, memperhatikan biaya pendaftaran ini menjadi penting agar nantinya Anda bisa mempersiapkan segala hal dengan lebih matang.

Adapun besaran biaya fidusia berdasarkan nilai penjaminan adalah sebagai berikut:

  • Maksimal Rp 50.000.000 : Rp 50.000 per sertifikat
  • Mulai Rp 50.000.000 sampai Rp 100.000.000 : Rp 100.000 per sertifikat
  • Mulai Rp 100.000.000 sampai Rp 250.000.000 : Rp 200.000 per sertifikat
  • Mulai Rp 250.000.000 sampai Rp 500.000.000 : Rp 450.000 per sertifikat
  • Mulai Rp 500.000.000 sampai Rp 1.000.000.000 : Rp 850.000 per sertifikat
  • Mulai Rp 1.000.000.000 sampai Rp 100.000.000.000 : Rp 1.800.000 per sertifikat
  • Mulai Rp 100.000.000.000 sampai Rp 500.000.000.000 : Rp 3.500.000 per sertifikat
  • Mulai Rp 500.000.000.000 sampai Rp 1.000.000.000.000 : Rp 6.800.000 per sertifikat
  • Mulai Rp 1.000.000.000.000 : Rp 13.300.000 per sertifikat

Selain biaya per sertifikat sebagaimana di atas, ada pula beberapa biaya lain yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Perubahan data : Rp 250.000
  • Penghapusan data : Bebas biaya
  • Pencarian online : Rp 50.000
  • Perbaikan data fidusia : Rp 50.000

Detail biaya tersebut bisa saja berubah sesuai peraturan baru yang disahkan. Oleh karenanya, Anda bisa mencari tahu terkait UU fidusia PDF untuk besaran biaya yang diperlukan.

Demikian beberapa ulasan terkait aplikasi fidusia online untuk memudahkan proses pengalihan hak milik. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa berkunjung ke ahu online selaku penyedia layanan.

Leave a Comment